Transportasi Umum di Jakarta Sudah Semakin Nyaman

via: Trans Jakarta 


Saya sering jalan-jalan ke Sudirman-Thamrin karena dulu saya berkantor di area sana. Banyak perbedaan yang saya rasakan sejak Jakarta di pegang oleh Gubernur Anies Baswedan dan sebelumnya Ahok dalam beberapa tahun terakhir. 

Mulai dari trotoar dan noda transportasi yang semakin mudah. Kalau dulu mungkin banyak metromini kejar-kejaran yaitu S640 (dulunya 604) Pasar Minggu Tanah Abang. Kalau sekarang saya lihatnya Jakarta sudah hampir rapih karena Kopaja Metromini sudah tidak ada dan PPD, Mayasari Bakti sudah gabung ke TransJakarta.

Fenomena pengamen di bus kota juga sudah sangat minim saat ini karena di dalam busway tidak boleh ada yang jualan atau ngamen. Jadi sudah semakin nyaman menggunakan transportasi umum apalagi sudah ada MRT.

Entah kenapa di Jakarta, sejak dulu saya lebih merasa praktis menggunakan kendaraan umum seperti Busway, KRL, dan Ojek Online. Rasanya lebih mudah dan praktis aja gitu, apalagi Jakarta yang semakin hari semakin macet.

Kedua noda transportasi Jakarta juga terbilang terjangkau dari saya naik busway 2007 sampai 2022 juga masih Rp 3500, kecuali bus yang ke area Serpong - BSD-Karawaci bisa Rp 25.000 - 40.000 sekali jalan dan bus yang menuju Bandara Soekarno Hatta.

Yang Relatif Mahal Transportasi Menuju Bandara

Kereta Bandara via Tirto.id 

Ngomong-ngomong soal ke Bandara, saya merasa transport ke Bandara dari Jakarta Selatan seperti Tebet menurut saya cukup mahal untuk taksi biasa maupun online di jam subuh bisa mencapai 120k-135k sekali jalan belum termasuk tol. 

Untuk kereta bandara (meski saya belum pernah) harganya juga sekitar Rp 70.000 belum lagi dari rumah ke stasiunnya ongkos lagi dan sampe sana pasti ribet turun taksi, naik kereta, turun kereta lagi saat sudah di Bandaranya.

Kalau pergi sendiri dan backpack mungkin praktis tapi kalau pergi sekeluarga naik kereta Bandara cendrung lebih mahal gak sih? Misal 4 orang keluarga x 70k = Rp 280k bolak balik 560k  udah mau hampir seharga tiket pesawatnya belum ongkos ke stasiunnya. 

Entah kenapa? Saya merasa transport untuk menuju Bandara di Jakarta masih cukup mahal dibanding akses menuju ke stasiun. Kecuali rumah kalian berada di daerah Cengkareng.

Kalau mau lebih dekat bagi warga Jaksel kayak saya sebenarnya bisa ke Halim Perdana Kusuma, tapi gak semua penerbangan itu ada di Halim. Mungkin buat Gubernur DKI Jakarta, bisa menurunkan harga tiket kereta Bandara jadi banyak orang lebih memilih naik kereta ke Bandara kayak dulu promo Rp 30k doang.

Nostalgia ke Blok M


Oh ya balik lagi ke soal transportasi di Jakarta. Saat saya menuju halte Blok M pada 7 Juli 2022 lalu. Saya jadi nostalgia masa SMA dimana Blok M menjadi tempat favorit cabut sekolah kala itu dan menjadi tempat meeting point kalau janjian sama teman-teman yang sudah beda sekolah. Bahkan toko  baju teman saya juga ada disana, dan sebelum pandemi teman saya juga punya usaha minuman kekinian di pintu gerbang keluar terminal blok m sebelum akhirnya tutup.

Suasana siang itu, saya merasa blok m sudah sangat sepi. Sudah tidak banyak pedagang baju seperti dulu. Mungkin juga sudah banyak yang beralih ke bisnis online kali ya, efek sudah gak ada metomini dan bus-bus lama yang besar itu kali ya. Efeknya sih jadi lebih tertata dan gak sesak aja sih. 

Saat memasuki blok M Plaza saya juga merasa udah gak se ramai dan sehits dulu. Tapi mungkin ini juga efek dari libur sekolah. Nostalgia banget rasanya kalau jalan-jalan ke Blok M dan mampir ke ayam bakar gentari gultik (gulai tikungan).  Apalagi dulu saya pernah ambil kuliah yang kelas paginya ada di BlokM, Bulungan. Rasanya kayak baru kemaren jadi pelajar dan mahasiswa.


via FB MRT Jakarta 

Untuk stasiun MRT Blok M juga bisa diakses dari dalam Mall  Blok M Plaza jadi lebih mudah. Sore itu scroll instagram dan saya menuju stasiun Cipete dan 300 meter dari stasiun ada resto Jepang "Sore Izakaya" yang viewnya menurut saya lumayan hiling banget di rooftopnya ala-ala Jepang dengan makanan yang harganya worthit banget dengan rasa dan suasananya.

Mungkin nanti kalau sempet akan saya bahas di postingan terpisah.

Oke segitu dulu celoteh catatan saya hari ini.


Comments

  1. Kapan ya bisa menikmati semua fasilitas itu lagi.. kalau pengangguran udah jarang banget jalan keknya ya aku..

    ReplyDelete
  2. Udah ga inget aku kapan trakhir ke blok m 🤣🤣🤣.. udah sesepi itukah?

    Kalo transportasi umum, yg pernah aku coba palingan Transj. Sebelum nikah pernah sih metromini, tapi setelah ngerasain kecopetan, kapok wkwkwkwkwkw. Dan pas pandemi masuk, dari Maret 2020 jadi ga pernah samasekali naik kendaraan umum kecuali Bluebird. Masih takut aja.. mungkin nanti kalo kondisi udah beneer2 bersih dari pandemj ,baru aku coba lagi semacam trans j dkk nya 😄

    Naaah aku juga ngerasa kereta bandara itu mahaaaal. Apalagi buatku yg rumahnya di Rawamangun. Harus ke Manggarai dulu .. itungannya lebih murah kalo aku naik taxi dari rumah 😁. Soalnya kkuar rumah, langsung tol bandara. Ya mendingan taxi tiap ke bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia blok m sekarang udah se sepi itu, coba deh sekali kali kesana rasanya jauh beda banget hype nya sama yang dulu..

      metromini kopaja sekarang juga sudah di hapuskan dan beberapa bus lainnya..

      ia bener kan klo naik kereta bandara jauh lebih mahal kecuali solo trip deh ya

      Delete

Post a Comment