Happy Vesak Day !


Selamat hari Waisak untuk semua teman-teman di Indonesia yang merayakannya. Hari Waisak merupakan hari besar umat Budha.

Melansir dari halaman Wikipedia dijelaskan :

" Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka"

Teman saya merupakan agama Budha, namun ia merupakan aliran Teraweda  dan tadi saya mengantarnya sembahyang ke Wihara, namun Wihara yang kita datangi adalah Wihara Mahayana (yang katanya dari China) dan sepertinya disana pada hari Waisak tidak mengkhususkan perayaan tersebut bahkan cendrung agak sepi.

Untuk tata cara ibadahnya, teman saya sendiri juga tidak terlalu mengerti karena katanya berbeda aliran. Teman saya pun dari keluarga yang memiliki perbedaan agama di satu keluarga. Sehingga ia merayakan hari Waisak tahun ini sendiri.

Pelajaran hari ini yang saya dapatkan ketika memasuki rumah ibadah umat agama lain adalah tetap menghormati, toleransi, sopan dan tidak mengganggu orang yang sedang ibadah. Untuk mengambil gambar saya juga dari agak jauh dan diambil saat sedang sepi.

Berkunjung ke Wihara mengingatkan saya waktu kecil yang sering menonton serial Sun Go Kong atau Kerasakti. Dimana sangat kental dengan tradisi China dan juga ajaran Buddha. Dan saya  sendiri adalah orang yang cukup senang mempelajari budaya, sejarah dan mitologi.

Pada intinya semua keyakinan seseorang harus kita hargai, semua ajaran yang disebut agama mengajarkan kebaikan dan manusia hidup rukun berdampingan.



Comments

  1. selamat hari waisak yang merayakan semoga ada kedamaian di dunia ini
    kebetulan kemarin kebetulan baru dari patung Buddha tidur dan sama mas kalau mau ambil foto saya juga nunggu sepi dan agak jauhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia nunggu sepi dan agak jauhan sih..:)

      Delete

Post a Comment