Minta maaf atau memaafkan yang susah?


Meminta maaf itu sulit, yang pertama ada rasa menyesal telah melakukan kesalahan. Kenapa saya lakukan? Berjanji di dalam hati tidak mengulanginya. Lalu menyesal.

Menyampaikan pada orang lain, "saya itu salah paham" ternyata ....

Manusia pasti ada salahnya, kitalah yang harusnya menyesali diri sendiri dulu dan saling memaafkan.

Manfaat dari memaafkan Tuhan akan memafkan kita karena kita bersedia memaafkan orang lain. Hati kita tidak akan terasa gelisah ketika mau mengampuni.

Belajar mau memaafkan, dan mengampuni seolah tidak pernah habisnya karena dalam hidup pasti ada masalah dan kesalahan-kesalahan baru setiap harinya. 

Substansi maaf yang saya dengarkan di Episode Podcast dari Rapot bersama Reza, Radhini, Anka, dan Abigail bersama Quraish Shihab. Rasanya menyentil sekaligus mengingatkan saya akan arti dari minta maaf.

Kita tahu, tapi  tidak tahu arti sesungguhnya. Meminta maaf memang sebuah keharusan (wajib) tapi memberi maaf itu kemurahan hati yang membuat kita menjadi damai.

Comments

  1. Paling susah memberi maaf sebenernya. Apalagi kalo disakitin sangat ... Tapi itulah kenapa mmberi maaf bisa menjadikan hati juga lapang banget.. Krn memang ga mudah utk memaafkan kesalahan orang lain. Apalagi maaf yang bener2 mengikhlaskan kesalahan orang tersebut :(. Aku tuh tipe, memafkan bisa, tapi susah untuk dilupain. Yg ada jadi kayak kurang ikhlas memberi maaf nya 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia memang butuh belajar untuk iklash dan meaafkan itu gk gampang..
      bahkan mungkin sepanjang hayat kita

      Delete
  2. hiks memberi maaf ini yang agak susah, bener kata mbak fanny. Aku pernah jadi korban dari sahabat sendiri, dannn sakittnya berasa. Susah banget aku memaafkan, teganyaaa gitu. Memang ya belajar ikhlas, pelan pelan, tapi kayaknya ga 100 % ikhlasnya

    ReplyDelete
  3. Yang susah memaafkan karena ada ego yang bermain, mungkin mulut bilang iya tapi hati belum tentu. Memaafkan butuh keikhlasan nah itu yang susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul banget dibutuhkan kesanggupan hati..

      Delete

Post a Comment