Satu hari satu blog posting bisa lagi gak ya?


Setiap ada niat pasti bisa...

Satu hari satu posting di blog membahas apa saja bebas!

Itulah tantangan yang pernah saya lakukan beberapa tahun silam. Selagi giat-giatnya menulis dan juga membaca.

 Sebenarnya alasan keadaanlah yang membuat saya selalu bolang gak punya waktu. Untuk duduk sejenak dan mulai bercerita di depan laptop ataupun membaca buku bacaan.

Yang membuat kosa kata saya kaya adalah karena membaca novel dan menonton film. Dan itu juga sudah agak jarang saya lakukan.

Membaca media online sebenarnya bisa membantu, asalkan kamu membaca tulisan cerita seperti vice, magdalene, gnfi, dan website-website portal berita yang bukan flash news yang tulisannya feature (baca: ficer).

Menuangkan ide kedalam tulisan itu tidak perlu banyak dipikirkan. Tapi harus dilakukan.

Gak perlu takut salah, gak usah peduli EYD dan tanda baca. Karena kita gak lagi pelajaran Bahasa Indonesia dan jika ada typo itu biasa. Bisa di edit dengan mudah di era digital.

Jangan fokus pada ketakutan, tapi teruslah menulis apa yang bisa diketik. yang bisa dipindahkan dari isi kepala kedalam sebuah paragraf. 

Itulah cara awal saya untuk bisa menulis. Menulis secara mengalir dengan cara menceritakan kembali pengalaman, dan berbicara dengan diri sendiri tapi diketik.

Jika buntu, berarti kita harus cari lagi banyak referensi dan pengalaman untuk diceritakan kembali.

Cerita dan pengalaman sekecil apapun, mungkin dapat bermanfaat untuk jutaan pengguna internet di luar sana.

Cheers. Mencoba satu hari satu posting di Maret 2022 selama 1 bulan. 


Comments

  1. Saluuut. Aku sendiri blm memungkinkan kalo 1 hari 1 postingan. Krn tema tulisanku juga spesifik traveling. Dan skr sedang vakum jalan, makinlah ga ada ide 🤣. Tapi sebenernya jujur Krn aku juga suka interaksi Ama yg komen2 di blogku mas. Jadi kalo sehari 1 postingan, takutnya interaksinya juga ga rame 😄. Makanya aku selalu kasih waktu buat update tulisan baru.

    Mungkin kalo Niche blogku bebas, lebih mudah sih buat sehari 1 post. Soalnya toh dulu aku nulis diary juga stiap hari, zaman blm ada internet 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia nih pandemi gak selesai-selesai, malah blm sempet vaksin booster.
      ya, 1 hari 1 blog post semoga bisa ya..pokoknya mau ada 30-31 post aja di bulan Maret -April 2022.

      Semoga :)

      Delete
  2. Satu hari satu postingan kayanya nggak bagus buat performa blog. Tapi bagus sih buat melatih disiplin nulis. Saya dulu target seminggu satu postingan. Sekarang satu bulan pun belum tentu ada postingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia dan akhirnya saya jg gk disiplin bolong2 nih..hahaha

      Delete

Post a Comment