Pertanyaan Basa-Basi Apalagi ?

Kalian pernah gak sih lelah? Pernah gak sih bosan? pernah gak sih menjalani hidup kok kayaknya berat karena banyak tuntutan. 

Apalagi kalau pulang ke rumah atau kumpul keluarga. Banyak banget pertanyaan seperti kapan kawin? kapan punya rumah? kapan ini, kapan itu?

Banyak banget pertanyaan yang sebenernya bisa gak sih gak usah ditanyaiin? Seolah pertanyaan kayak gitu jadi beban tersendiri. Belum lagi jika dibanding-bandingin dengan si A, si B.

Itulah culture yang ada di masyarakat kita, Indonesia. 

Pertanyaan basa-basi yang gak akan pernah ada habisnya. yang sebenernnya perlu gak sih kita jawab? Atau jawab seperlunya aja?

Sampai kamu sudah menikah pun, masih ada pertanyaan lanjutan yang ditanyakan "Kapan ngisi? saaat belum punya anak" saat udah punya anak " kapan punya adik?" dan seterusnya

Entahlah itu pertanyaan basa-basi, atau sebenarnya pertanyaan iseng dan nyinyir?

Untuk itu kitaa gak perlu masukan ke-kepala, ketelinga apalagi ke hati sih. 

Jawab lah sepinternya, sekenanya. Bahkan kalau bisa dijawab sambil bercanda aja.

Misalnya "ia nih, belum ada rencana anak kedua karena emang lagi menunda", atau "karena bumi makin sesak penduduknya. Jadi mending punya 1 anak cukup".

Untuk jawaban lebih bijak bilang aja "anak itu kan rezeki dan titipan Tuhan. Jadi gak tau kapan? Jadi minta doanya aja".

Sebagai manusia yang waras, sebaiknya kita tidak usah mikirin omongan orang yang enggak ada  pengaruhnya buat hidup kita. 

Toh, pertanyaan mereka gak bisa ngebiayaaiin ballrom dan catering. Bener gak?

Jadi pertanyaan-pertanyaan begitu baiknya dibawa santai ajalah, daripada nanti ngebatin sakit dan ujung-ujungnya butuh healing padahal bukan healing cuma butuh libur aja. Hahahaha..

Comments