Mencoba ngeblog dari perintah suara yang ada di keyboard smartphone






Halo My Blog, terimakasih 14 belas tahun ini kamu menemani saya menuangkan inspirasi.

Tulisan ini, dibuat dengan fitur yang mengubah suara menjadi tulisan pada keyboard smartphone.

Di saat saya malas mengetik, teknologi memudahkan saya untuk menuangkankan segala inspirasi. Bahkan hanya dengan perintah suara, kita sudah bisa menulis blog.

Hal termudah dalam pembuatan konten adalah menulis. Karena kita bebas mengungkapkan isi yang ada di dalam pikiran maupun hati.

Untuk membuat konten, saya tidak pernah takut untuk salah karena typo saat menulis itu wajar. Jika terjadi kesalahan, kita bisa mengoreksinya setelah membaca ulang dengan seksama.

Untuk membuat tulisan, saya tipe yanh tidak pernah menuliskan kerangka karangan. Karena buat saya, semuanya adalah Spontanitas Yang ada dipikiran diubah menjadi tulisan.

Menulis itu memang mengasyikkan, tak terasa saya sudah melakukannya selama 14 tahun ini. Yang membuat saya stuck menulis adalah rasa malas dan itu masalah kebanyakan blogger.

Ketika media sosial berkembang, seolah keeradaan Blogger mati suri. Namun sebenarnya tidak, bloh hanyalah ruangan yang kamu bisa isi tidak hanya dengan tulisan. Tetapi dengan foto, video,  hingga kamu bisa mengisinya dengan info grafis yang dibuat melalui Canva secara gratis.

Cara saya untuk gampang menulis adalah dengan menceritakan kembali pengalaman. Karena di situ adalah nyawa dari sebuah tulisan, ada keaslian (orisinil)   dan keunikan.

Kenapa saya masih menulis? Karena menulis adalah pembelajaran tanpa henti, kita bisa berhenti menulis ketika kita sudah tidak belajar lagi.

 Menulis itu asyik. Semua orang bisa menulis dan pasti akan menulis. Yang orang tidak bisa adalah membuat karangan,karya tulis, skripsi, ataupun jurnal. 

Saya akan menulis, walaupun menulis itu tidak menghasilkan uang sekalipin. Saya merasa senang menulis dan tanpa paksaan. 

Saya akan berhenti menulis, jika saya sudah tidak bisa lagi berfikir secara jernih ataupun berfikir secara logis. 

Kalau kamu menulis hanya demi uang, itu sama saja kamu tidak menemukan kebahagiaan dari menulis itu sendiri. Uang memang penting tapi uang bukan segalanya sebab bisa jadi ketika uang ada, barang yang kamu beli tidak tersedia.

 Itulah yang saya alami ketika membeli iPhone 13 pro pada Desember 2021 lalu.

Jika ingin menghasilkan uang dengan tulisan, Itu tidak salah, itu sah sah saja. Tetapi menurut saya akan salah jika kita menulis kalau ada uangnya saja.

Oke! Sekian dan terima kasih sudah membaca blog ini. Dan mohon maaf apabila Ada tanda baca, huruf besar dan kecil yang tidak sesuai karena saya menggunakan fitur voice to text di smartphone


Apakah kalian pernah mencobanya menulis blog dengan fitur voice to text !?

Comments

  1. Fitur speech to text ini bermanfaat banget emang. Apalagi kalo lagi males banget untuk mengetik, tinggal ucapin dan secara langsung akan diejawantahkan dalam bentuk tulisan yang nantinya bisa Kita edit jika ada kesalahan dalam input entah karena prononsasi maupun pelafalan Kita yang kurang jelas.

    Aku setuju banget, semua orang bisa nulis. Kita bisa mencurahkan segala hal dalam bentuk tulisan apapun itu, ntah tulisan yang serius maupun hanya curhatan saja.

    Aku juga tipe penulis yang spontan. Gak pernah namanya bikin kerangka, semua spontanitas dari pikiran. Kadang juga bikin sih, tapi untuk tulisan serius atau paid post, selain itu semuanya murni celoteh dan curahan hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku coba antara google android dan iphone, kayaknya lebih match di iphone cuma ada kesalahan sedikit dan klo mau baris baru tinggal bilang baris baru..

      Delete
  2. nah, aku memang menulsi karena suka dan boro2 mikirin uang blognya juga gratisan. tapi menulis bikin aku lebih damai saja.palagi bikin puisi di kala hati lagi kesel, sedih bisa ajdi terapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bener banget bikin self healing ya..dengan menulis..:)

      Delete
  3. Ngeblog bisa lebih santai menggunakan fitur speech to text di HP ya mas. Bisa sambil rebahan atau mengerjakan kegiatan lain jadi fleksibel. Aku juga ga pakai kerangka tulisan, sama seperti mas Rahman hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama. Banget ya karena itu buat aku menulis adalah kebebasan kita bisa mengeluarkan apapun yang ada dikepala. Kita

      Seandainya ada kerangka pun itu biasanya tulisan yg serius seperti waktu menjadi penulis content marketing di media online karena ada sedikit riset yang harus di olah dan tapi selebihnya jarang banget pakai kerangka

      Delete
  4. Bener banget mas, aku juga suka nulis, awal muasal konsisten ngeblog juga murni karna mau sharing aja, wlpn skrg udah menghasilkan uang dari blog tapi sekalipun ga dibayar aku bakal tetap suka nulis, karna tujuannya emang sharing hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia karena sudah passion ya jadi mau ada gak ada uangnya ya suka aja.. Sama. Seperti hobi makan trus bisa jadi food blogger.. Ya akan tetap makan dan review walaupun ya gak ada sponsornya pun ya emang mau bikin konten aja hehehe...

      Delete
  5. nah iya kadang aku juga pakai ini kalai pas engga bawa laptop
    bisa smabil rebahan atau nunggu temen
    lumayan menghabiskan waktu daripada tebruang sia-sia
    pikiran yang spontan bisa jadi tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bener banget. seneng kan bisa nemuin teknologi yg sebenernya canggih tapi kadang banyak orang yang kurang memanfaatkan smartphone nya..ketimbang cuma scroll scroll doang..

      Delete
  6. Belum pernah pake features itu. Selama ini kalo mau nulis draft aku sukanya di notes hp. Ntah kenapa dengan menulis aku LBH lancar mas, drpd dengan suara. Dari dulu begitu, makanya aku lebih suka chatting, daripada angkat telp. Apalagi pake fitur suara 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ia juga ya, aku jg baru coba2 aja karena pas lagi rebahan sambil di kasur :))

      Delete

Post a Comment