Tips Menyimpan Kue Agar Awet Tahan Lama

Tak jarang memang semua persiapan untuk lebaran dilakukan sendiri, termasuk diantaranya adalah dari segi suguhan maka lebih memilih untuk membuatnya sendiri dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi. Selain lebih hemat uang, sebenarnya dengan membuat sendiri juga memungkinkan Anda untuk berkreasi mendapatkan kue nikmat sesuai dengan yang diinginkan. Hanya saja kue buatan pabrik memang tidak selalu sama dengan buatan sendiri. khususnya adalah dari segi ketahanan, karena tak jarang diantaranya yang mudah rusak.

Untuk itu maka berikut ini ada beberapa tips dalam menyimpan kue lebaran Anda agar bisa tahan lama, yaitu:

1. Simpan sesuai dengan jenisnya, jangan mencampurkan antara satu jenis kue dengan yang lainnya, misalnya kue coklat dengan nastar, karena komposisi berbeda, hendaknya juga harus disimpan dalam tempat yang berbeda juga, hal ini dapat membantu kue agar tidak mudah rusak.

2. Perhatikan toples yang digunakan untuk menyimpannya, pastikan bahwa toples yang digunakan tersebut dalam kondisi yang benar-benar bersih juga kering. Jika memang perlu maka tambahkan silica gel ke dalamnya, untuk menjaga suhu dalam toples agar tidak lembab.

3. Mendinginkan kue terlebih dahulu sebelum menyimpannya, hal ini juga tak kalah penting, sehingga nantinya tidak ada uap air yang masuk kedalam toples dan justru membuat kue tidak renyah lagi.

4. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung, simpan di tempat yang tepat dan jika perlu menjauhkannya dari sinar matahari langsung. Karena hal ini akan membuat kue jadi mudah jamuran atau rusak.

5. Simpan dalam kulkas, jika seandainya Anda kebingungan ingin menyimpannya dimana agar bisa awet, maka cobalah untuk ditempatkan dalam kulkas, karena ketika suhunya terjaga maka akan membuat kue juga lebih awet, bahkan sampai 6 bulan.

Dengan demikian kue yang sudah Anda buat dalam jumlah banyak juga tak akan sia-sia, karena semuanya tetap enak dimakan. Bahan-bahan membuat kue seperti beragam jenis tepung, mentega susu, keju dan sejenisnya bisa Anda beli secara lebih mudah online di Tokowahab.


Comments

  1. Harusnya ada poin nomor 6, "Jauhkan dari jangkauan pemilik rumah". Dijamin kue akan lebih awet dan gak cepat habis hahaha... Dirumah saya, kue lebaran jadi gak awet dan cepat habis karena ulah saya dan anak saya hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh ia gk berenti ya makannya.. :) apa lagi enak sambil nonton tv..

      Delete
  2. Biasanya sih kalau toplesnya kedap udara pasti tahan lama. Yang gak tahan itu kalau ada tamu mampir, pasti ludes, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga sih kak klo ada tamu ya cepet ludesnya apalagi open house tp biasanya selesai lebaran masih sisa kue lebaran

      Delete
  3. Secara teknis sih sanggup praktekin, tapi secara naluri nggak akan sanggup, apalagi kalo kastengel balutan kaju murni tebal, bikin laper terus bawaannya pengen ngemil 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia enak banget emang kastangel ...dan tau2 abis deh..

      Delete
  4. Tips yang sangat bermanfaat. Terima kasih, Mas Riza Firli.

    ReplyDelete

Post a Comment