Tahun ke-12 Menjadi Blogger, Ini Alasannya Kenapa Masih Mau Ngeblog

Ini sudah tahun 2021, sayapun masih nulis blog ketika orang sudah menjadi vlogger dan Youtuber. Apa alasannya saya masih mau ngeblog di tahun ke-12 saya menjadi blogger?

Sebenarnya menulis itu buat saya ya seperti kebutuhan, seperti kita refreshing menuangkan ide dan pikiran kita kedalam sebuah tulisan.

Kebetulan blog adalah media atau wadah untuk menyalurkan itu semua. Karena daripada hanya ditulis di microsoft word, itu hanya menjadi diary pribadi yang tidak banyak manfaatnya untuk orang lain.

Apakah saya akan ngeblog walaupun tidak ada uangnya ? Ya, saya akan ngeblog meskipun tidak menghasilkan sekalipun. 

Karena bagi saya uang itu hanya alat tukar, jumlah nominal yang ada di saldo tabungan untuk ditukarkan barang atau jasa demi memenuhi kebutuhan atau kepuasan.

Ingat, ketika kita mengerjakan sesuatu bukan karena uang itu rasanya akan lebih happy dan leluasa.

Tidak ada paksaan, seperti kita menggunakan panca indra kita. Contohnya  bernapas, apakah ketika bernapas ini ada paksaan? 

Apakah ketika kita berjalan menggunakan kaki kita, apakah harus menghasilkan uang? Ya, tentu tidak dong.

Ada kalanya seorang atlit lari bertanding menggunakan kakinya untuk memenangkan pertandingan, menghasilkan  kesuksesan dan mendapatkan materi sebagai bonus.

Tetapi adakalanya, seorang atlit lari tersebut hanya menggunakan kedua buah kakinya untuk berjalan-jalan santai, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarganya bukan?

Ketika ngeblog, saya juga tidak memperdulikan apa itu traffic, views, comment, alexa rank, DA PA. Karena jika tujuannya hanya traffic,  alexa,  dan lainnya semua itu bisa dibeli. 

Semua itu bisa disulap mulai dari cara yang benar seperti ping artikel dan memasang iklan atau dengan cara curang seperti mebeli IP address, lalu menggunakan software SEO, spam, membeli backlink dan lainnya. 

Tetapi apakah itu tujuan akhirnya dari semua blogger dan digital content creator? Tentu tidak. 

Dapat menghasilkan dari sesuatu yang kita cintai adalah bonus dan tujuan akhirnya pasti bukanlah itu. 

source: moodiedavittreport


Misalnya Microsoft, Walt Disney, Apple, Facebook, awalnya pasti mereka memiliki visi dan misi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, dibutuhkan, memiliki nama, memiliki value dan akhirnya menjadi merek yang sangat mahal.

Jika kamu mau menghasilkan lebih banyak uang, buatlah sesuatu yang memiliki value terlebih dahulu. Berdampak dan memberikan pengaruh positif sehingga membawa perubahan untuk hidup orang lain. 

Coba kalian cek, berapa nilai perusahaan Facebook, Apple, Microsoft sekarang? Berapa harga sahamnya, seberapa banyak orang di dunia menggunakannya.

Ingat Tas Hermes berasal dari kulit sapi atau buaya, yang mungkin harga hewan tersebut apalagi hanya kulitnya saja  mungkin tidak sampai 20 juta.

Tetapi ditangan seorang pengrajin nilai kulit binatang yang sudah mati tersebut bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Mulai sekarang, yuk kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai, apapun itu. Bukan karena uang sebagai tujuan akhirnya. Tapi karena kecintaan kita untuk menjadikannya memiliki value yang lebih besar.

source: baghunter 

Dari menjadi blogger saya banyak belajar, mulai dari membuat tulisan curhat kemudian naik level menjadi penulis bisnis dan inspirasi serta content marketing. Menjadi content strategist, social media specialist, tahu sedikit-sedikit dunia SEO, fotografi dan juga design grafis.

Selain itu, yang pastinya kegiatan ngeblog ini membuat saya bisa menjalin pertemanan baik dari teman blogger, digital agency, production house, media, fashion designer, model, fotografer hingga merek atau brand.

Jadi kegiatan ngeblog ini, membuat saya berkembang dan akhirnya saya memiliki value lebih dibanding sebelum menjadi Blogger. 

Mungkin kedepannya, saya akan terus belajar dengan mencoba membuat video-video singkat dan sederhana melalui smartphone atau kamera pocket.  Sehingga penikmat konten blog saya tidak hanya merasakan experience dari tulisan, foto atau grafis saja tetapi juga dari video.


ilustrasi: freepik

Comments

  1. Bagikan ilmunya buat kami-kami yang masih awam ini, Mas Riza. Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ,iya nanti share di blog .. salam sukses juga

      Delete
  2. wowww kak keren banget udah 12 tahun ngeblog saya sih masih setengahnya dari kakak hehehe, btw setuju banget ada uang atau ga kalau kita suka pasti lanjut terus yah ngeblognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia semangat ya ngeblog nya... keep blogging ya..

      Delete
  3. Wow, senior ini sih.
    Selamat atas pencapaiannya selama 12 tahun ini ya Mas
    sukses terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, sukses juga buat kamu ya...

      Delete
  4. tetap semangat untuk menulis sampai tangan tak bisa menulis lagi

    ReplyDelete
  5. Waoooo 12 tahun? sejak 2009 dong?
    Saya dulu di tahun segitu udah ngeblog juga, tapi ya gitu, nulis suka-suka aja :D
    Saya baru ngeh untuk menekuni blogger di tahun 2018 lalu, masih baru banget hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2008 akhir sih pertama kali ngeblog. Oh baru nekunin 2018 tapi udah cukup sangat sangat konsisten kayaknya.. Yang penting buat happy aja kegiatan ngeblog kan positif ➕

      Delete
  6. Wah udah lama juga ya 12 tahun, aku paling baru setengahnya juga enggak. Entah kenapa aku selalu suka dengan hal yang berbau blogger, meskipun Sekarang udah jamannya vlogger. Tapi bagiku nge-blog memiliki kesan tersendiri untukku.
    Semangat terus nge-blog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia karena mungkin para blogger ini dulunya gemar membaca, dan experience membaca dan menulis inilah yang berbeda dari menonton..

      Delete
    2. Nah iya seperti itu kayaknya. Alhamdulillah udah setahun konsisten ngeblog meskipun kontennya gak jelas hehe

      Delete
    3. Semoga bisa terus konsisten, semangat ya!

      Delete
  7. 12 tahun, berarti kira-kira tahun 2009 join ya bang.. saya termasuk yang agak idealis pada awalnya terkait dengan blog..

    tapi emang, sepertinya kalo nulis terus dibayar kayaknya lebih enak lagi wkkwkwkw

    emang prinsipku kayak lidi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah prinsipi kayak Lidi gimana sih maksudnya hehee...
      ia kira2 nge blog 2008 akhir, tapi buat blognya sudah dari 2007..

      Ya, flexibel aja dari pada idealis banget..

      Delete
  8. Awal awal juga bingung mau nulis apa, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya bisa nemuin topik sendiri dan bisa bertahan hingga saat ini.. Kalau udah hobi mah pasti menyenangkan.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia semua itu butuh proses ya, nikmatin semua proses genre dan nanti kita tau content apa yg paling bgt kita suka..

      Delete
  9. saya niatkan ngeblog itu menjadi jalan ibadah yang murah dan praktis, karena domain paling hanya 150rban per tahun, tapi tiap artikel yang dapat membantu orang mengatasi masalahnya kan bisa memberikan sedikit manfaat. karena saya tidak begitu kaya dan belum dapat berbagi banyak dengan uang saya, maka saya niatkan ngeblog sebagai jalan ibadah. dan kalau toh dapet duit dari ngeblog ya syukurin aja, dan anggep aja itu karcis buat perpanjang domainnya biar ibadahnya bisa dilanjutin..semangat gan.. dari kawan blogger yg otw 8 tahun ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia bener banget anggap aja sebagai media ibadah, berbagi, sharing is caring..

      Semangat terus ya nge blognya.. ☺😊

      Delete
  10. Mantap, mas. Saya juga tetap ngeblog walau tak menghasilkan uang. Semoga ide yang sudah banyak dipublish di blog bisa bermanfaat buat yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia semoga banget bisa bermanfaat buat orang lain para pengunjung or pembacanya.. Keep blogging yaa..

      Delete
  11. Dooorr!! ..
    Jujur aku ngga nyangka loh kalau mas Firli sudah ngeblog selama 12 tahun ..., keren euy konsistensinya!.
    Dulu di blog lamaku, saat dirimu mampir berkomentar dan kitasaling berinteraksi, kirain tuh kamu blogger pemula seperti diriku , hahahaha ..

    Ternyata sesepuh!.

    Lanjutkan semangatmu masbroo ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ia gak kerasa sudah 12 tahun, lanjutkan lah keep blogging ya..
      btw kok blog nya baru padahal yang lama udah ramai kan blognya...

      Delete
  12. Sesepuh blogger. Mantap sudah 12 tahun, itu bukan waktu yang pendek. Salam kenal ya, semangat terus ngeblog-nya. Mampir-mampir ke blogku juga, mari berteman. :D

    https://gerryseptiano.wordpress.com

    ReplyDelete

Post a Comment