5 Executive Chef Internasional Akan Hadir di BIG BANG Indonesian Meat Cuisine

Setiap malam sebelum tidur, saya lagi sering nonton acara masak-masak. Salah satunya yang cukup menarik perhatian saya adalah Indonesian Meat Cuisine (IMC) yang ada di channel Youtube Dream.co.id. IMC merupakan bagian dari campaign BEEF UP bersama True Aussie Beef and Lamb. Nah, gak tanggung-tanggung IMC menghadirkan 5 Chef ternama untuk mengkreasikan daging Australia menjadi kuliner khas nusantara, seperti:


1. Chef Marco Braun - Membuat Rendang

Chef Marco Braun adalah Executive Chef di Jakarta Convention Center (JCC), ia memiliki pengalaman yang sudah tak diragukan lagi di dunia kuliner. Pada episode tersebut, Chef Marco Braun memberikan resep rendang yang merupakan salah satu makanan terenak di dunia.


Chef yang tertarik dengan budaya Minangkabau ini, membuat resep rendang yang tidak biasa. Ia menggunakan daging Australia yakni bagian tenderloin sebab dengan bagian ini kita dapat menghasilkan rasa yang lebih istimewa.

Rendang Ala Chef Marco Braun



2. Chef Sean Macdougall - Membuat Sei Sapi

Buat kamu yang belum tahu, Sei Sapi adalah masakan asli dari Nusa Tenggara Timur. Dalam bahasa Rote “Sei” adalah daging iris tipis memanjang dan daging asap ini menggunakan bahan rempah yang menjadikannya sangat unik dan lezat.
Pada episode kali ini, Chef Sean Macdougall yang berasal dari Australia merupakan Executive Chef di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place. Sebelum acara, ia pun menggunakan topi khas NTT.
Selain itu, ia membagikan tip kepada pemirsa bagaimana caranya membuat Sei Sapi yang lezat di rumah.

Sei Sapi ala Chef Sean Macdougall 

Saya pun baru tahu, kalau daging sapi Australia yang kita beli di supermarket tidak perlu dicuci. Hal tersebut karena bisa membuat rasa juicy pada daging  hilang dan bakteri pada air memiliki risiko masuk kedalam daging. Maka sebaiknya kita langsung mengolah saja sesuai kebutuhan.



3. Chef Gilles Marx - Membuat Sate Maranggi

Siapa yang suka makan sate ? Nah, pada episode ke-3 dari IMC ada Chef Gillers Marx yang mengkreasikan Sate Marangi dan untuk memasak kali ini Chef Gilles menggunakan aksesoris ikat kepala khas Jawa Barat.

Chef Gillers Marx menerangkan mengapa kita perlu makan daging sapi setidaknya 3-4 kali dalam seminggu atau sekitar 100-125 gram sekali makan. Hal itu lantran agar kita terhindar dari animea. Daging sapi berkualitas dari Australia kaya akan gizi termasuk zat besi agar kita terhindar dari animea.

Untuk membuat sate Maranggi, Chef Gillers Marx menggunakan daging Australia Wagyu Tenderloin. Dan seperti ini pempakannya. Gak kebayangkan gimana rasanya? Pasti spesial banget rasanya.

Sate Marangi Ala Chef Gillers Marx



4. Chef Hamish Lindsay - Membuat Rawon

Nah, di episode ke-4 ada makanan favorit saya yakni kuliner khas Jawa Timur, Rawon.
Chef Hamis Lindsay asal New Zeland ini merupakan Executive Chef dari Hotel Fairmont Jakarta.

Untuk memasak Rawon, Chef Hamish memberikan tipsnya dalam memilih daging sapi yang tepat agar tetap juicy setelah dimasak dan ia pun memberitahukan bagaimana agar daging dan bumbu dapat menyerap dengan sempurna.

Kita harus memilih daging yang berwarna merah dengan aroma yang segar. Sedangkan untuk Rawon, kita bisa coba menggunakan daging sapi Australia karena variasi potongan daging sudah disesuaikan untuk berbagai masakan.

Rawon Ala Chef Hamis Lindsay



5. Chef Sezai Zorlu - Membuat Tongseng Sapi

Saya sudah tahu Cef  asal Turki yang satu ini, karena sudah banyak wara-wiri di berbagai acara. Chef Sezai Zorlu merupakan pendiri Restoran Turkuaz yakni restoran Turki yang menghadirkan hidangan kerajaan Ottoman dan uniknya Chef yang sudah lama tinggal di Indonesia ini, tidak pernah mengeyam pendidikan masak secara resmi, ilmu memasaknya ia dapat dari sang Ibu dan nenek di dapur.


Pada episode ke-5, Chef Sezai Zorlu membuat hidangan Tongseng dengan kuah yang kental, gurih, beraroma santan dan rempah-rempah. Chef pun memberikan tip kepada pemirsa untuk memasak Tongseng sebaiknya di grill terlebih dahulu sebelum diceburkan kedalam kuah agar bumbunya meresap dan tetap rasa daging bukan rasa rebusan saat dimakan.

Tongseng Ala  Chef Sezai Zorlu 



5 Chef akan bertemu di BIG BANG Indonesian Meat Cuisine 


Nah, apa jadinya jika ke-5 chef internasional yang handal  ini. Bertemu di BIG BANG Indonesian Meat Cusine dan memasak signature masing-masing? 


Pastinya bakal seru banget dan kamu gak boleh ketinggalan untuk menyaksikannya. Acara BIG BANG yang menjadi penutup acara Indonesian Cuisine akan disiarkan Live di Instagram @Dreamcoid dan @KapanLagicom 18 Maret 2021 Pukul 11.00-12.00 WIB.


 

Zoom Exclusive untuk 300 Orang

Pada acara Big Bang yang menjadi rangkaian penutup program BEEF UP #TrueAussiebeef Indonesia Meat Cuisine, akan menghadirkan 300 partisipan melalui aplikasi zoom. Selama acara, kita akan diajak masak-masak dengan daging sapi Australia dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah selama acara berlangsung.

 

Mengapa Gunakan Daging Sapi Australia?

Buat kamu yang belum tahu, daging sapi Australia itu memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan masakan kita. Setiap tipenya memiliki karakteristik, rasa dan tekstur yang berbeda.


Setiap sapi Australia diternakan di padang rumput luas dengan kondisi alam yang alami sehingga berkualitas baik. Daging sapi Australia juga terkenal di dunia akan kualitasnya hal itu dikarenakan ada beberapa faktor seperti faktor iklim yang memungkinkan sapi dapat hidup dalam lingkungan alamai sepanjang tahun.


Sapi Australia sudah memiliki standar kendali mutu dan keamanan pangan. Sudah ada kontrol penuh untuk identifikasi peternakan nasional. Setiap sapi dapat di tracking keberadaannya serta memiliki audit setiap peternakan untuk memastikan kualitasnya.


Pakan rumput sapi pun dipastikan berkualitas baik dan memiliki metode mencapurkan nutrisi tinggi. Sehingga meningkatkan marbling atau lemak putih pada dagingnya.


Daging Sapi Australia juga aman dari penyakit hewan, sebab setiap sapi memiliki sistem pelacakan menggunakan chip atau tag pada telinganya. Setiap daging Australia yang masuk Indonesia pun sudah halal dan mendapatkan sertifikat dari MUI.


Untuk menemukan berbagai resep masakan menggunakan daging sapi Australia kamu juga bisa klik ke www.trueaussiebeefandlamb.id dan follow @trueaussieid di instagram

Comments

  1. Menu Sei Sapi lagi banyak banget ada di kotaku bang..

    Eh tapi baru tau kalau daging ostrali yang di supermarket ga perlu dicuci bang, makasi infonya bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia klo daging yg Australia terutama..

      Delete

Post a Comment