5 Cara Menghasilkan Uang di Internet yang Bikin Orang Salah Kaprah Ingin Cepat Kaya


Ingatlah tidak ada cara instan untuk mendapatkan sesuatu, semua ada proses yang harus kamu bayar untuk mendapatkannya.

Di era digital saat ini, banyak orang mendambakan cara cepat menjadi kaya. Cara cepat mendapatkan uang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

Padahal semua itu perlu ada yang namanya usaha, kerja keras agar kita memiliki value dan akhirnya memiliki nilai jual. Banyak cara untuk mendapatkan uang di internet contohnya antara lain :

1. Menjadi Blogger

Ini adalah cara10 tahun lalu, untuk mendapatkan uang dari blogger kamu harus berpacu dengan mesin pencari goole. Dengan teknik SEO (search engine optimization) maka nilai jual di web kamu semakin tinggi. Misalnya kamu adalah penjual permen kracie "kracie popin cookin" maka jika teknik SEO ini diterapkan kedalam bisnismu maka jualanmu bisa laku keras karena google merekomendasikan web, blog atau tokomu saat mengetik "Beli Kracie" atau "Jual Kracie". Itulah yang pernah saya terapkan di toko online kakak saya.

Saat mendapatkan ilmu SEO di digital agency saya menerapkan apa yang saya dapat sehingga ada bekas atau pembelajaran ketika saya sudah tidak bekerja di dunia itu lagi. 

Lalu setelah 10 tahun berlalu apakah SEO ini masih relevan ? Menurut saya SEO hanya part dari kesuksesan sebuah campaign digital selebihnya masih ada cara lain seperti afiliasi, youtube, instagram, twitter, ads dan lainnya.

Percuma jika berada di nomor 1 google tapi tidak terdengar di masyarakat. Selain itu Google terus update alogaritma sehingga hanya blog dan web dengan content terbaiklah yang akan tetap bertengger di nomor satu.

Persaingan SEO saat ini sudah sangat sengit, yang menjadi nomor satu di halaman pencari kebanyakan adalah situs jual beli online, marketplace atau e-commerce unicorn. Sehingga, untuk keyword single atau doble sudah sangat sulit. 

Kamu bisa menyiasatinya dengan 3 kata, 4 kata yang lebih panjang. Misalnya "Jual Permen Kracie Terpercaya" atau kamu bisa mengoptimasi akun Tokopedia kamu sehingga saat dicari yang ketemu tetap toko kamu.

Untuk cara lainnya mencari uang melalui blog kamu bisa mengikuti program affiliasi, konten review, postingan bersponsor, kerjasama dengan brand atau agency, hingga mendapatkan uang dari adsense Google.


2. Menjadi Youtuber 

Dalam 5 tahun kebelakang menjadi seorang Youtuber atau Vlogger semakin menarik karena adsense youtube sangat menjanjikan buat kamu yang ingin menambah penghasilan atau memiliki penghasilan utama dari Youtube.

Namun jangan salah, menjadi seorang content creator di Youtube tidak semudah itu. Karena kamu harus memiliki skill video, editing video, punya kemampuan storytelling, memiliki konsep dan yang paling penting adalah konsiten agar konten kamu selalu naik dan terindeks oleh alogaritma Youtube.

Sebenarnya, persaingan content creator di Youtube sudah sangat ketat karena banyak artis di layar kaca yang berlari ke Youtube. Bahkan memiliki tim yang sangat profesional untuk memproduksi konten-konten layaknya tayangan di televisi.

Namun tenang, semua ada target marketnya kok. Coba lihat Kekeyi suara yang pas-pasan dengan muka yang dia mengakui sendiri kalau dia jelek pun tetap bisa berkarya dan tranding di Youtube. Yang penting katanya sih Pede dan gak perlu pusingin komentar negatif dari netijen.


3. Memiliki Online Shop

Kalau kamu punya modal kecil, kamu bisa memulai berjualan online dengan menjadi reseller atau dropshiper. Cobalah cari suplier atau usaha kecil (UMKM) yang ada disekitar tempat tinggalmu yang bisa menarik untuk dipasarkan melalui marketplace atau social media.

Disarankan coba cari suplier yang masih satu kota agar memudahkan kamu untuk menghitung ongkos kirim, mengirim dan retur barang dan lainnya.

Untuk membuka online shop kamu bisa menggunakan Tokopedia, Shopee, Instagram, dan WhatsApp atau lainnya.

Cobalah berjualan dari barang yang kamu sukai atau kamu hobi sehingga dengan begitu akan lebih menyenangkan.


4. Menjual Skill 

Kalau kamu ribet jualan produk, kamu bisa loh berjualan jasa atau skill yang kamu miliki. Misalnya kamu hobi makan di restoran kamu bisa menjadi konsultan f&b. Menjual kemampuan menulis, foto dan editing, design grafis, styling baju atau makanan dan skill-skill lainnya yang mungkin gak terpikirkan untuk dijual tetapi memiliki pangsa pasar yang bagus.

Ingat semakin gila ide, siapa tau semakin besar peluangnya contohnya saja Air Mineral Aqua. Dahulu banyak orang yang tertawa dengan ide gila  menjual air putih di dalam kemasan? Orang air itu banyak dan gratis.

Hari ini orang rela bayar Rp. 50.000,- di cafe untuk sebotol Aqua Reflection dengan botol versi cantik kolaborasi para designer ternama.  Dimana botolnya, gak akan mereka bawa pulang juga.

Untuk menjual skill kamu bisa memasarkan diri kamu dari mulut ke mulut, mendaftar di beberapa website penyedia jasa freelancer dan sebagainya.


5. Program Member Get Member Hingga Nonton di Bayar

Dengan modal kuota dan smartphone kamu bisa nonton iklan di bayar atau main game dan baca berita di bayar loh. Saya pernah beberapa kali mengikuti referal code dari teman, install aplikasi dan membaca berita bisa dibayar hingga reedem pulsa gratis. Jika mau serius bisa sebar link lagi kayak member get member.

Ada banyak model bisnis aplikasi seperti ini namun ini untuk senang-senang saja saran saya. Gak perlu serius, karena belum tentu perusahaannya 1-2 tahun kedepan aplikasinya masih ada. 

Disini saya gak mau sebut nama aplikasinya, karena saya juga udah lupa. Contohnya aja nih yang saya ingat dan udah gak ada namanya aplikasi Manies, kamu hanya perlu foto struk belanja lalu mendapat poin untuk bisa ditukar dengan pulsa dan lainnya.

Oh ya, ada juga loh program isi-isi survei bisa dapat uang, voucher atau barang. Lumayan banget buat isi-isi waktu luang daripada kamu hanya scrolling-scrolling feed instagram tapi gak menghasilkan apa-apa.

Ingat sekali lagi, tidak ada cara instant untuk mendapatkan penghasilan di internet.

Semuanya butuh effort dan kamu harus mencari cara yang sesuai dengan passion kamu agar lebih asyik untuk mendapatkan penghasilan di era digital.

Internet, Social Media, Website, Blog dan Aplikasi chating hanyalah sebuah tools yang tidak bisa otomatis menghasilkan uang buat kamu. 

Kamu butuh ide kreatif untuk memberinya nilai lebih, dan nilai lebih itu harus dibutuhkan oleh orang disekitar kamu sehingga ada pangsa pasarnya.


Comments

  1. Saya dapat duit di blog cuma segitu-segitu aja. Tapi, ternyata manfaat bukan sekadar berupa uang. Banyak relasi dan jejaring didapat dari blog. Nambah ilmu, tentu saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bersyukur masih menghasilkan yang penting, mungkin harus di combain dengan video vlog atau youtube ya

      Delete
  2. Semua itu butuh proses, ada usaha dan kerja keras buat kita mendapatkannya. Dan aku lagi berproses juga nih kak, makasih udah sharing kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget semua berproses dan nikmatin aja prosesnya :)

      Delete

Post a Comment