Selamat Hari Blogger Nasional & Sumpah Pemuda 2020


Selamat Hari Blogger Nasional, setiap tanggal 27 Oktober adalah hari blogger nasional yang udah dicanangkan sejak 2007. Sebenernya saya agak gak suka orang nyebut blogger menjadi nara blog ya elah blogger aja kenapa? Lebih umum. 

Kadang bukannya saya gak suka bahasa Indonesia yang baik dan benar, tapi ya mencoba menggunakan bahasa yang umum dan mudah dimengerti dan dipahami aja. Ada banyak bahasa Indonesia yang terkesan dipaksa dalam dunia digital atau teknologi seperti:

  • Sabak (tab/ipad)
  • Daring - dalam jaringan (online)
  •  Luring- luar jaringan (offline)
  •  Gawit (widget)
  •  Komputer Jinjing (Laptop)
  •  Unduh (download)
  •  Pencarian (Browser)
  •  Peladen (Server) *Kocak sih ini Peladen ,lo pikir lagi meladeni siapa?
  •  Gawai (gadget)
  •  Ponsel Pintar (Smart Phone)
  • Cetak (print)

Namun sebenarnya gak semua ini bisa diterapkan contohnya cetak. Dulu waktu nulis tentang fashion, batik. Tulisan gue yang teknik print kata print diganti semua sama temen gue jadi "cetak" semua.

Padahal dalam dunia fashion teknik batik cetak dengan batik print itu berbeda. Print cetaknya menggunakan mesin digital, sedangkan kalau cetak biasanya kan manual yang masih di tekan-tekan gitu. Jadi secara harafiahnya print memang cetak tapi cetak disini gak sesuai konteks yang dimaksud.

Sebenernya gak ada yang salah dengan bahasa Indonesia baku, namun jika terlalu baku dan sulit dipahami oleh orang lain akan susah juga. Karena pengguna internet, pengguna media sosial di dominasi oleh kaum muda seperti pelajar-mahasiswa 18-24, hingga keluarga baru 25-34


source: Statisia

Untuk Sumpah Pemuda, makna dari sumpah pemuda berbahasa satu bahasa Indonesia gue emang sangat setuju banget. Banyak orang sekarang gak bisa bahasa Indonesia karena lebih sering ngomong pakai Bahasa Inggris. Pernah suatu ketika gue berada di kantor, ketemu mba-mba yang pakai bahasa Inggrisnya itu 2x lebih lebay dari logatnya Cinta Laura. Ya, gue pikir expat kali ya eh taunya namanya itu Indonesia banget malah terkesan Jadoel & Kampung banget yang ternyata emang dia dari Kampung yang sekolah di daerah Jakarta.

Dan suatu ketika gak sengaja, gue denger-denger lagi bahasa Inggrisnya. Eh ada yang agak ngaco grammer-nya beneran. Dengan accent se-Amerika dan sefasih itu apa gak malu ya? Gue yang gak gitu pinter grammer dan yang bego aja nyadar itu salah.

Nah dari situ deh baru gue yakin "Fix" berarti dia emang gaya-gayaan dan dibuat-buat doang pake accent Amerika yang kayak American Valley Girl dengan dandanan dan gayanya yang kalau jalan berasa peserta Asia Next Top Model. 

Sebenernya gak ada yang salah dia gunaain bahasa Inggris, tapi seolah-olah dia gak bisa dan gak lancar bahasa Indonesia itu yang miris. Padahal dia bukan yang lama tinggal atau sekolah di luar negeri dan lingkungan kerjanya juga orang Indonesia semua.

Pernah waktu dia ngomong sama temen gue, temen gue itu sebenernya kuliah dan tinggal lama di Amerika tapi gaya ngomong Inggrisnya biasa aja gak selebay dia gitu. hahahhaa.

Pokoknya kalau dia lewat atau ke area meja gue, temen sebelah gue selalu bilang dia si-Exactly karena ya itu pas ngomong kayak "exactly, totally, literally" lebay banget dan kalau jalan di pletak-pletokin heels nya.

Oke sekian dulu ceritanya.. Salam Sumpah Pemuda ! 



Selamat Hari Blogger Nasional & Sumpah Pemuda 2020 Selamat Hari Blogger Nasional & Sumpah Pemuda 2020 Reviewed by Riza Firli on October 28, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.