Orang Dewasa Juga Butuh Imunisasi, Ini Alasannya

Biasanya imunisasi akan diberikan ketika seseorang masih bayi atau balita. Pemberian imunisasi cukup bermacam-macam, mulai imunisasi hepatitis, polio, pneumonia, BCG, MMR dan sebagainya. Namun, pemberian imunisasi saat masih kecil bukan berarti  seseorang memiliki kekebalan tubuh yang baik seumur hidup sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.


Oleh karena itu, saat sudah dewasa juga masih perlu melakukan imunisasi. Alasannya karena suntikan imunisasi bisa mencegah kematian akibat penyakit 10 kali lipat dibandingkan saat masih kecil. Adapun beberapa imunisasi yang diperlukan orang dewasa yaitu Influenza, Pneumokokus, Hepatitis B, Varicella dan HPV. 

5 Alasan Orang Dewasa Butuh Imunisasi 
1. Mencegah Hepatitis B
Sekedar informasi bahwasanya Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan jumlah atau tingkat infeksi Hepatitis B dan Hepatitis C tertinggi. Data ini merupakan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014.

Dari banyaknya masyarakat yang terjangkit virus ini, kebanyakan yang diserang adalah orang dewasa. Maka dari itu, pemberian vaksin hepatitis sangat disarankan bagi orang dewasa. Terutama bagi mereka yang bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, pengguna obat terlarang dan juga orang yang sering ganti pasangan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Perlu diketahui jika seiring bertambahnya usia seseorang maka sistem kekebalan tubuh seharusnya mengalami penyesuaian. Alasannya karena ada beraneka ragam penyakit yang bisa menginfeksi tubuh seseorang, misalnya cacar air, pneumonia atau influenza.

Ketiga penyakit yang disebutkan diatas disebabkan oleh virus dan juga bakteri menular. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memperbarui maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui imunisasi di usia dewasa.

3. Mencegah Penularan Penyakit Polio  
Polio merupakan salah satu penyakit menular dan sangat populer di Indonesia. Terjadinya penyakit ini dikarenakan adanya gangguan pada sistem darah dan bisa berakhir pada kelumpuhan. Kelumpuhan menjadi salah satu dampak yang diderita seseorang yang mengidap penyakit polio.
Penyakit polio bisa dicegah dengan menyuntikkan vaksin atau polio ketika masih bayi dan berusia 2, 4. 6 hingga 18. Selain itu, vaksin juga akan diberikan pada anak yang berusia 6-8 tahun dengan tujuan untuk mencegah penularan polio. Saat berusia dewasa direkomendasikan memberikan vaksin anti polio minimal satu kali.

4. Menghindari Tuberkulosis
Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Gejala awal mengidap penyakit ini yang dirasakan oleh penderitanya adalah batuk lebih dari 3 minggu. Batuk yang diderita biasanya batuk berdahak dan kadang mengeluarkan darah.

Mengingat penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya maka untuk mencegahnya disarankan untuk melakukan vaksin minimal satu kali seumur hidup. Alasannya untuk mencegah atau menghindari penyakit satu ini. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak kasus yang menderita penyakit ini.

5. Melindungi Diri dari Penyakit Difteri 
Beberapa waktu terakhir difteri menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri pengidap penyakit ini juga tidak kalah banyak sehingga dimasukkan dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB).

Penyakit difteri ini menyerang selaput lendir di hidung dan juga tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Dampak dari serangan bakteri ini yaitu pada kulit hingga menimbulkan kematian. Cara untuk mengatasi penyakit ini yaitu mengadakan program imunisasi wajib bagi semua orang, termasuk orang dewasa.

Nah itulah 5 alasan orang dewasa juga butuh imunisasi. Bagi kamu yang tinggal di Yogyakarta dan ingin melakukan vaksin, kamu bisa membuka aplikasi Halodoc untuk membantumu menemukan list tempat vaksin Yogyakarta dengan lengkap. Mulai dari tempat vaksin tersebut hingga kisaran biaya yang dibutuhkan. 

Dengan begitu, kamu bisa melakukan vaksinasi dengan mudah, cepat, dan tentunya lebih efisien dalam hal waktu dan biaya. Tidak berhenti sampai disitu, aplikasi Halodoc juga bisa membantumu menemukan informasi seputar kesehatan tubuh dan informasi tentang berbagai macam penyakit lainnya. 



Orang Dewasa Juga Butuh Imunisasi, Ini Alasannya Orang Dewasa Juga Butuh Imunisasi, Ini Alasannya Reviewed by Riza Firli on October 02, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.