Dari Pada KW Mending Pakai Lokal Brand

source: brilio

Artis pakai barang KW sebenarnya itu udah biasa terjadi. Tapi tidak biasa ketika, sang artis masuk akun lambe turah atau akun gosip lainnya dan menjadi viral. Ya, memakai barang KW sebenarnya sah-sah saja kalau menurut saya, karena gak semua orang mampu beli barang original.

Misalnya tas hermes seharga ratusan juta bahkan mencapai miliaran. Siapa sih yang mau beli tas seharga mobil atau rumah? Kalau bukan orang yang udah kebanyakan duit dan gak tau uangnya mau di belanjaiin apa lagi. 😀

Tapi, ingat mengdarkan atau menjual barang palsu merupakan pelanggaran hukum. Hal itu tercantum pada Pasal 100 dan 102 UU Merek dan Geografis. Ditentukan bahwa :

Pasal 100 
(1) Setiap Orang yang dengan tanpa hak menggunakan Merek yang sama pada keseluruhannya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp2 miliar.

(2) Setiap Orang yang dengan tanpa hak menggunakan Merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp2 miliar.

(3) Setiap Orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), yang jenis barangnya mengakibatkan gangguan kesehatan, gangguan lingkungan hidup, dan/atau kematian manusia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan/atau denda paling banyak Rp5 miliar.

Pasal 102
Setiap Orang yang memperdagangkan barang dan/atau jasa dan/atau produk yang diketahui atau patut diduga mengetahui bahwa barang dan/atau jasa dan/atau produk tersebut merupakan hasil tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 100 dan Pasal 101 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp200 juta


Source: TheGuardian, Tribun News

Sudah jelas belum? Jadi jangan main-main ya dengan merek, karena merek itu adalah hak cipta karya orang lain. Coba kalau kamu pemilik merek dan merek kamu di palsukan, diperjual belikan bahkan yang palsunya lebih laris daripada yang asli?

Sakit hati bukan ?

Jadi, dari pada beli barang KW.... Kalau saya sih mending GAK PUNYA karena itu lebih menghargai creator aslinya.

Buat apa sih mau gaya tapi maksa? Lebih baik pakai local brand. Local brand sekarang keren-keren loh. Gak kalah sama merek-merek luar lihat aja produknya Eiger, Lea Jeans, Bucheri, dan local-local brand lainnya.

Selain mereka keren-keren. Harganya jauh lebih tejangkau dan kamu tetap bisa tampil gaya tanpa malu ketauan pakai barang KW.
Dari Pada KW Mending Pakai Lokal Brand Dari Pada KW Mending Pakai Lokal Brand Reviewed by Riza Firli on November 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.