7 Hal yang Wajib Diketahui Mengenai Menu Diet Sehat untuk Jalani Diet Karbo


Sampai sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis diet yang dilakukan agar dapat menurunkan berat badan atau membuat bobot tubuh menjadi ideal. Mulai dari diet mayo, diet keto, diet gm, diet debm, diet ocd sampai dengan diet karbo. Khususnya diet karbo, walaupun banyak yang melakukan atau memilih pola diet semacam ini, namun terkadang ada saja yang salah dalam mengatur pola serta menu diet yang harus dijalani setiap hari.

Berikut ini adalah beberapa jenis menu makanan yang dapat Anda konsumsi jika ingin melakukan diet karbo.

1. Telur Rebus

Dikarenakan memang tidak lagi diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, maka sebagai penggantinya, Anda dapat memakan telur yang dipercaya memiliki kandungan protein tinggi. Hanya saja, dalam proses memasaknya adalah dengan cara direbus dan bukan digoreng. Ditambah lagi, disarankan untuk mengurangi atau bahkan tidak sama sekali untuk memakan bagian kuningnya. Untuk dapat diet karbo dengan menu diet menggunakan telur rebus, Anda dapat mengonsumsinya setiap hari di kala makan siang dengan jumlah maksimal 1 sampai 2 butir banyaknya.

2. Sayuran Hijau

Jenis makanan lain yang dapat dikonsumsi adalah sayur-sayuran yang berwarna hijau. Untuk macam sayurannya sendiri sebenarnya bebas dapat memilih apapun, hanya saja lebih disarankan untuk menggunakan bayam. Hal itu dikarenakan bayam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan juga vitamin-vitamin lainnya yang dapat membuat tubuh menjadi sehat. Hanya saja, disarankan untuk tidak terlalu banyak dalam pengonsumsiannya dan dalam proses memasaknya pun dianjurkan untuk tidak menggunakan garam terlalu banyak. Bayam ini dapat dikonsumsi ketika pagi hari atau sebagai sarapan pengganti nasi.

3.  Oatmeal dan Gandum

Oatmeal dan gandum juga merupakan jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi atau roti yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal itu dikarenakan oatmeal serta gandum memiliki kandungan serat yang bagus untuk pencernaan tubuh. Pengonsumsiannya pun dapat Anda lakukan saat pagi hari sebagai menu sarapan atau menjelang siang sebagai kudapan ringan.

4. Ayam Kukus

 Mungkin akan terasa sedikit hambar dan tidak terlalu enak, namun menu diet berupa ayam kukus yang dimasak dengan tanpa garam ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet karbo. Hal itu dikarenakan kandungan protein tinggi yang terdapat pada daging ayam dapat diserap tubuh dengan cepat dan membuat otot menjadi lebih kencang tanpa harus meninggalkan banyak timbunan lemak.

5. Daging Sapi Kukus atau Panggang

Selain daging ayam kukus, Anda juga dapat menggunakan atau mengonsumsi daging sapi yang mana proses memasaknya pun harus dikukus atau dipanggang. Jangan mengonsumsi daging sapi atau sejenisnya yang diproses dengan cara digoreng. Yang patut dihindari dalam hal ini bukanlah dagingnya, melainkan minyak yang digunakan untuk menggoreng. Seperti halnya daging ayam, daging sapi juga memiliki kandungan protein tinggi yang bagus untuk tubuh.

6. Nasi Beras Merah

Walaupun masih dalam keluarga beras, namun beras merah justru lebih disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet karbo. Hal itu dikarenakan di dalam beras merah memiliki kandungan gula yang sangat minim dan akan terasa plain atau sedikit hambar ketika dimakan. Biarpun hambar, namun justru itulah yang menjadi alasan kenapa beras merah sangat disarankan untuk dikonsumsi daripada harus mengonsumsi beras putih yang sudah terbukti memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

7. Buah

 Buah adalah makanan selain menu diet olahan yang juga disarankan untuk dikonsumsi. Selain karena mengandung banyak vitamin, beberapa buah memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat baik untuk pencernaan.

image: shutterstock
7 Hal yang Wajib Diketahui Mengenai Menu Diet Sehat untuk Jalani Diet Karbo 7 Hal yang Wajib Diketahui Mengenai Menu Diet Sehat untuk Jalani Diet Karbo Reviewed by Riza Firli on February 09, 2019 Rating: 5

2 comments:

  1. Wah baru tau kalau telur rebus bisa buat diet, nice info mas

    ReplyDelete
  2. pas bngt lagi mau diet wkwk.
    oatmeal itu lumayan ngaruh sih soalnya seratnya lumayan daripada nasi...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.