Tips Menghemat Pemakaian Listrik untuk Memperpanjang Usia Bumi

foto: amazonaws


Faktanya semakin lama kebutuhan manusia akan energi listrik memang selalu mengalami peningkatan. Bukan tanpa alasan, melainkan karena inovasi yang diciptakan oleh manusia sendiri akan berbagai macam perangkat elektronik dan juga gadget. Semuanya memang memiliki fungsi dalam menunjang kebutuhan sehari-hari, apapun bisa dilakukan secara jauh lebih mudah. Namun juga harus diketahui bahwa hal ini memberikan dampak buruk, yaitu kemungkinan sumber daya alam yang dipakai sebagai pembangkit energi listrik akan habis. Itulah mengapa mulai diciptakan inovasi panel surya terbaik.

Panel surya ini adalah sumber energi yang dihasilkan dari matahari, nantinya dapat digunakan untuk membentuk aliran listrik dari panas yang sudah disimpan sebelumnya, di beberapa negara maju, inovasi semacam ini sudah mulai dikembangkan dan hasilnya juga sudah cukup efektif. Hanya saja peran masyarakat sendiri tentunya tetap penting untuk menghemat pemakaian listrik. Dengan menghemat listrik tak hanya bagus untuk menekan pengeluaran isi kantong, melainkan juga efektif untuk membantu menjaga bumi. Berikut ini diantara beberapa tips menghemat pemakaian listrik rumah tangga, diantaranya adalah:

  1. Harus tahu kapan waktu terbaik menyalakan listrik, misalnya lampu, selama masih siang dan penerangan cukup, maka sebaiknya tak menyalakan lampu tersebut, sehingga beban listrik juga tak akan bertambah.
  2. Batasi pemakaian produk elektronik di rumah selama masih bisa dikerjakan secara manual, hal ini selain dapat mengurangi biaya listrik juga akan membuat tubuh Anda lebih aktif dalam bergerak, sehingga tak mudah terkena penyakit, misalnya adalah untuk membersihkan rumah ataupun mencuci pakaian.
  3. Cukup satu produk teknologi saja, misalnya adalah komputer, jika sudah ada laptop maka tak perlu lagi membeli komputer, apalagi jika dilihat manfaatnya juga sama, bahkan laptop jauh lebih praktis untuk digunakan. Begitu juga dengan televisi yang cukup pasang satu saja di rumah.

Mudah bukan, dengan demikian Anda juga sudah ikut melestarikan lingkungan. Guna sebuah perusahaan sendiri menghemat listrik juga penting, sama pentingnya dengan memilih perusahaan kelistrikan terbaik, percayakan pada Sewatama mechanical.

Tips Menghemat Pemakaian Listrik untuk Memperpanjang Usia Bumi Tips Menghemat Pemakaian Listrik untuk Memperpanjang Usia Bumi Reviewed by Riza Firli on November 13, 2018 Rating: 5

5 comments:

  1. Terimakasih atas tipsnya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. wah makin canggih dan ramah lingkungan ya teknologi sekarang. penggunaan tenaga listrik dari sinar matahari juga ternyata sudah digunakan untuk sepeda loh yang menciptakan kalo gak salah siswa ITB. mudah-mudahan semakin berkembang ya teknologi ramah lingkungan ini.

    ReplyDelete
  3. Mesin cuci saya rusak udah mau 2 minggu, dan kerasa banget lumayan irit listriknya, tapiiii... lumayan tepar emak kucek2 hahahah.

    Saya setuju banget, benda-benda yang menggunakan listrik saat tidak dipakai mending di matikan, terutama lampu yang biasa lupa dimatikan.

    Zaman sekarang juga udah banyak yang pasang panel gini di rumahnya, biasanya buat waterheater, lumayan irit listrik

    ReplyDelete
  4. Pengen banget punya panel surya macam begini, secara di Indonesia, di Ende, kan panasnya makjleb tuh. Tapi belum ada program/yang jual di sini.

    ReplyDelete
  5. Kemaren liat di warung kaki lima, udah nerapin panel surya ini buat pencahayaan di mlam hari. Mantap tipsnya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.