17 rekomendasi tempat kuliner saat traveling ke Surabaya

Lontong Balap Sejak 1958



Menyambung dari artikel sebelumnya, kali ini buat kamu yang hobi kulineran. Surabaya itu banyak banget tempat makan enak dan terjangkau. Mulai dari café atau coffee shop, makanan tradisional hingga kaki lima.

Untuk urusan makan saya tipe orang yang bisa makan apa aja dan dimana aja selama kata orang-orang bilang disitu “Enak”. Untuk mengeksplor kuliner di Surabaya kebetulan juga saya punya banyak teman orang Surabaya, jadi ya tinggal tanya-tanya ke mereka.

Selain itu, Surabaya juga udah kayak kota kedua bagi saya setelah Jakarta. Jadi banyak banget tempat-tempat hype, tempat-tempat kuliner baru yang bisa kamu kunjungi.
Berikut 17 rekomendasi wisata kuliner di Surabaya yang pernah saya kunjungi.

1.  Mie Rebus Ala Jawa di Tong Tji
Di Bawah Petra Square ada pusat jajanan mirip food court, café dan di depan ada juga yang versi kantin. Karena, kampus lagi libur jadi beberapa makanan yang di depan kayak siomay, nasgor dll di depan pada tutup. Saya nyobain mie rebus versi Jawa nya si Tong Tji, merek teh ini juga ekspansi memiliki tempat makanan menu tradisional. Untuk rasa mie jawa ini gurih, berani bumbu, tapi gak terlalu kental juga dan cocok buat yang lagi laper karena porsinya cukup gede.

 Selain Mie Jawa di  cafe Tong Tji saya juga memesan cemilan Tahu Pong dan es tea yang ada jeruk nipisnya.

2. Bakso Pak Doel Jagalan


Waktu malem-malem, habis ujan saya jadi kepingin bakso tapi yang di kaki lima karena bakso abang-abang itu lebih endues dan kamu bisa cobain bakso Pak Doel di Jl. Jagalan. Tapi bakso ini baru buka malem-malem karena kalau siang  area ini kayak pertokoan gitu. Kalau kata temen ada yang lebih enak lagi sekitar Jagalan, Bakso Jagalan 87.

Tapi menurut saya ini juga recommended sih, baksonya campur ada yang telor puyuh, bakso kotak (saya suka bakso yang kotak) tekstur antara tepung dan dagingnya pas, ada juga yang cokelat-cokelat kayak gorengan di bakwan malang.

3. Ketan Legenda


Ini cocok banget dimakan malam-malam. Pos Ketan Legenda, emang udah terkenal rasanya. Bahkan bapak Presiden Jokowi juga udah pernah mampir kesini. Ada ketan duren, ketan keju susu, dan kreasi ketan lainnya. Enaknya lagi ada minuman yang anget-anget kayak susu jahe dan wedang jahe.

4. Sego Mak Yeye
Orang-orang bilang si enak, dan saya jadi penasaran karena selalu ramai. Pas kesana udah agak malem jadi tinggal tempe atau tahu sama telor aja. Sebelum ke Mak Yeye saya udah ke bakso pak Doel Jagalan, Ketan Legenda jadi udah agak kenyang.

Untuk rasa sih sebenernya biasa aja, karena menu yang saya pesan kayak makanan rumahan pada umumnya nasi, telor, tempe dipakeiin sego sambel  yang pedesnya pol. Karena saya kurang suka pedes jadi pesan yang manis, walau manis tapi tetep aja lama-lama saya pun kepedesan juga. Sebenernya yang suka pedes, ini sambelnya lumayan enak cuma buat saya “enggak” jadi gak di habisin juga deh.

5. Rawon Setan Embong Malang

Lokasinya dekat Tunjungan Plaza, TP. Waktu kesini gak sengaja pas kebetulan lewat.  Buat pencinta rawon, boleh dicoba sih. Untuk rasa, ya enak-enak aja  buat saya yang suka makanan agak asin ditambah ada telor asinnya.  Kalau menurut saya, untuk masakan tradisional semangkok dengan harga sekitar Rp35rb di Surabaya harganya jadi gak murah-murah banget.

Ditempat lain, bahkan di Jakarta semangkok rawon bisa jauh lebih murah. Mungkin, karena lokasi kali yah dan rawon setan udah naik daun banget terlihat dibeberapa dindingnya ada foto-foto artis yang pernah mampir kesini.

6. Lontong Balap Pak Gendut
  
Lontong Balap Pak Gendut banyak banget versinya. Saya pernah coba yang di tenda kaki limaan sama yang agak restoran atau kayak rumah makan gitu. Rasanya, sebenarnya hampir-hampir mirip. Tapi, saya lebih suka makan yang tempatnya agak restoran (sekitar TP) karena lebih lega dan buat ngambil foto pas lontong balap lagi dibuat juga gak ribet.




Selain menu lontong balap yang sudah terkenal sejak 1958, ada satu lagi menu andalannya yaitu sate kerang kecap.


7. Tahu Tek

Kalau tahu tek, saya pernah coba diarea jajanan perkantoran, samping jalan red planet hotel depan swalayan Bromo. Namanya Tahu Tek Pak Amir tempatnya warung biasa semi permanen, lumayan nyaman, bersih dan lebih adem karena dibawah pohon ada kipas anginnya juga.

Tahu tek ini mirip ketoprak sih kalau saya bilang, tapi versi agak hitam, kental, lebih manis tapi gurih (Cuma kamu bisa request cabe kalau mau lebih pedes). Entah kenapa saya favorit banget sama tahu tek yang di dekat red planet hotel,  karena ibu-ibunya baik dan ramah udah gitu harganya murah meriah, enak dan kenyang.

8. Pecel Undaan

Nasi pecel di jalan undaan, suka banget ada sate kelapanya, ikan bandeng dan sedikit agak pedas sih dan porsinya ngenyangin. Bukanya pagi-pagi kesana pas sarapan hari minggu sebelum CFD.

9. Tahu Campur di Wakul Suroboyo 
Gak jauh di Artotel Surabaya, ada tempat kuliner namanya Wakul Suroboyo (Warung Kuliner) tersedia bermacam-macam makanan khas Surabaya. Tempatnya waktu kesana lagi renovasi jadi lantai 2 nya lagi gak bisa ditempatin. 
Di Wakul Suroboyo, saya sempet cobain Tahu Campur (Beda ya sama Tahu Tek) isinya tediri dari sayuran, selada, daging, ketela pohon, tauge dan kuah petis udang. Ini juga baru pertama kalinya cobain tahu campur, dan lumayan cocok.

10. Bu Rudy
Nasi bakar & ikan lele bu Rudy
 Selain menjual oleh-oleh, Bu Rudy pusat juga membuka tempat makan yang terkenal adalah nasi udangnya, empal ditambah sambel bawang  khas bu Rudy, itu udah nikmat banget. Selain nasi udang, ada juga berbagai macem penyet-penyetan, pepes, nasi bakar dan plecing kangkung. 
Untuk harga di restoran bu Rudy tenang aja karena walau restoran tapi harga masih terjangkau , lebih worth it. Enaknya lagi, kamu bisa ambil sambel sepuasnya yang udah disediaiin di setiap meja.

Oh, ya waktu kesana ternyata bu Rudy dan anaknya masih melayani pelanggan yang hendak membeli di tokonya.

Ngopi dan Ngafe di Surabaya

Untuk tempat-tempat nongkrong seperti café dan coffee shop.  Saya belum terlalu banyak mengeksplor. Untuk coffee shop paling-palong coffe shop yang berada di sekitar Universitas Petra, Siwalan Kerto. Oh, ya  saat berkunjung pada Desember 2017 lalu ke Surabaya, ternyata banyak tempat kopi barudi Surabaya. Salah satunya Tempati di daerah Ngagel dan Kave-in di Petra Square.

11. Tempati

Tempati ini sebenarnya bukan tempat ngopi, tapi satu tempat  yang berisi bermacem-macemcafe. Kalau di Jakarta, Tempati itu mirip Crumble Crew Senopati SCBD (yang ada Nalu Bowls-nya). Saat disana, saya ngopi dibawah di Kono Speciality Coffee. Karena baru banget opening, jadi saat itu di area atas lagi banyak food food blogger hits Surabaya.

Affogato KoNo Speciality Coffee

12. Kave-in


Satu lagi, tempat baru saat di Surabaya yang saya kunjungi yaitu Kave-in. Kalau di Jakarta mungkin mirip-mirip kopi Tuku kali yah. Rata-rata orang disini belinya stop & go dan kalau duduk bisa di tempat duduk foodcourtnya Petra Square. 

Rasa kopi susunya sih lumayan dengan harga jauh di bawah starbucks. Jadi pas banget di kantong mahasiswa-mahasiswa Perta yang hobinya ngopi. Tapi kalau anak Petra mau nongkrong di Starbucks, butuh wifi dan kerjain tugas ya silahkan ke starbucks depan deh hahaha.

13. One Eighteenth
Waktu itu kesini udah hari terakhir pas mau pulang, karena hari sebelumnya sempat tutup. Saya adalah orang pertama yang datang hari itu di One Eighteenth, bahkan pegawainya masih siap-siap. Waktu kesini saya pesan green tea pancake dan es kopi latte hazelnut.
Untuk pancake waktu itu lama banget keluarnya, untuk rasa sebenarnya pancake sama-sama aja. Namun untuk adonannya memiliki tekstur kelembutan yang pas. Sedangkan, untuk green teanya sedikit kurang pait  cendrung masih manis ditambah es cream diatasnya jadi dobel manis.

Pancake Green Tea One Eighteenth

14. Zybrick Kantina
Pertama datang kesini, suka banget sama tempatnya. Waktu itu juga lagi suasana natal. Di Zybrick Kantina saya memesan coffee latte. Untuk susunya menurut saya terlalu berasa jadi rasa kopinya sedikit kalah. Oh ya,karena banyak susu warna latte art saat difoto gak terlalu keluar, sedikit pucat.

15. Be Waffle
 
Green tea kitkat Be Waffle
Menjadi waffle, itu artinya dari café ini. Terletak di Siwalankerto samping petra square. Kenapa Be Waffle? Ini mungkin ya.. karena saat saya memesan roti bakar dia mencetak roti bakarnya seperti waffle. Jadi mungkin ini kenapa namanya Be Waffle heheee.

Ukuran roti segita-segitiga mungil bisa ditambah toping lagi kayak oreo, kitkat dll. Untuk minuman saya memesan strawberry yogurt dan menurut saya ini seger gak terlalu manis juga masih ada sepet-sepet asemnya.
Strawberry Yoghurt Be' Waffle

16. Kooffee+ Roofbar
 
Mau suasana rooftop dan ada pool? Kamu bisa ke Kooffe Plus Roofbar yang ada di Hotel Gsuite, Jl Raya Gubeng. Menu disini unik-unik sih, misalnya ada gado-gado tapi di buatnya mirip sushi, mini burger, tersedia juga beer, kopi dll. rata-tara menu disini sih western.

Untuk yang hobi main Instagram, menu-menu makanan dan suasana disini emang sangat instagramable. Selain itu, kamu bisa naik bebek-bebekan di poolnya.
Burger Mini
chicken steak
Pasta
Nutella oreo


17. Roca Artotel
 
Di Artotel Surabaya kamu nongkrong-nongkrong di cafenya yang bernama ROCA. Waktu main kesini, saya melihat banyak menu-menu  western kayak pasta, ogliolio,lasagna tapi ada juga menu Indonesia kayak bakmi dan nasi goreng.
Untuk makanan di ROCA Surabaya, menurut saya sih lumayan porsinya besar-besar dan saya juga memesan pasta salmon yang creamy dengan minuman es kopi (lupa kopi yang apa kayaknya yang hazelnut) pokoknya yang ada whipecream,gak berasa kopi dan manis.
 
es kopi di ROCA
 
Pasta Salmon

Oh ya, Untuk jadi tempat nongkrong, saya lebih suka nongkrong di Artotel Surabaya Karen lebih homey aja suasanya dari pada Artotel Jakarta mungkin karena lokasinya gak terlalu di pusat kota banget ya (beda sama Thamrin).

Itulah, 17 tempat kuliner yang pernah saya kunjungi saat mampir ke Surabaya. Ada lagi tempat rekomendasi  kuliner hits dan endeus yang bisa saya kunjungi nanti jika saya main ke Surabaya lagi? comment  dibawah ini ya.

Catatan: semua kuliner yang saya rekomendasikan berdasarkan pengalaman pribadi dan saya tidak bekerjasama dengan pihak restoran, cafe, atau tempat makanan manapun selama liburan di Surabaya.
17 rekomendasi tempat kuliner saat traveling ke Surabaya 17 rekomendasi tempat kuliner saat traveling ke Surabaya Reviewed by Riza Firli on January 15, 2018 Rating: 5

7 comments:

  1. Kalau nyari Rujak cingur yang enak, dimana za. Minta rekomendasi dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa..ia rujak cingur, ih ia blm nyari.. :D

      Delete
    2. Rujak cingur ahmad jais di jalan ahmad jais yg paling terkenal

      Delete
  2. Wah, nggak ada yang nggak enak nih kayaknya. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, sangat wajar kalau di Surabaya punya banyak varian kuliner. Sego Mak Yeye saya pernah nyicip, dan memang uenak puol Rek. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ia,, makanya selalu seneng ke surabaya rasanya mau eksplor jajanannya lagi. Sego mak yeye enak sih mantap, tapi pedesnya lama-lama gk tahan juga. karena udah kenyang jg pas nyobainnya udah jam 11.00an malem

      Delete
  3. dari tradisional sampe yang kekinian..
    tapi aku lebih jatuh cinta sama lontong balapnya, belum pernah nyoba soalnya..jadi laper suerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ia ,,lontong balap itu enak dan yg bikin ku kangen sm sby :)

      Delete

Powered by Blogger.