Dana Darurat

reeza89 tahu gak... Di balik sifat konsumerisme yang dapat dikatakan cukup tinggi, sebenarnya masyarakat kita tidak sedikit yang sudah mulai berinvestasi atau setidaknya memiliki keinginan untuk berinvestasi lho. Entah itu berinvestasi memang karena kebutuhan atau hanya sekedar ikut-ikutan semata. Yang perlu reeza89 pahami adalah bahwa sebelum mulai berinvestasi, sangat disarankan untuk memiliki dana darurat.

Kenapa sih reeza89 harus memiliki dana darurat terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi? Dalam ilmu perencanaan keuangan atau yang biasa disebut sebagai financial planning, sebelum kita dapat melakukan investasi ada beberapa hal yang harus reeza89 perhatikan terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut adalah: 
  1. Apakah reeza89 memiliki hutang? Jika reeza89 memiliki hutang konsumtif sebaiknya dilunasi terlebih dahulu. Namun jika ternyata hutang reeza89 adalah hutang produktif, pastikan rasio hutang yang kita miliki tidak lebih dari 30% dari penghasilan kita. 
  2. Selanjutnya cek apakah alur kas (cash flow) reeza89 positif/terdapat sisa penghasilan? 
  3. Lalu apakah asuransi yang kita miliki sudah meng-cover kebutuhan reeza89? 
  4. Dan yang terakhir adalah apakah reeza89 sudah memiliki Dana Darurat (Emergency Fund)?
Seperti namanya, Dana Darurat adalah sejumlah dana yang telah dialokasikan secara terpisah, untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sangat darurat. Contohnya untuk kebutuhan biaya karena sakit, kecelakaan, terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau kehilangan pekerjaan oleh sebab lainnya, kebutuhan biaya bila terjadi kematian anggota keluarga dan kebutuhan darurat lainnya. Tujuan dibentuknya Dana Darurat ini adalah agar jika sewaktu-waktu ada kebutuhan sangat mendesak yang terjadi kepada reeza89 atau anggota keluarga, maka reeza89 tidak harus mencairkan atau menjual investasi yang reeza89 miliki. 

Kebutuhan Dana Darurat setiap individu atau keluarga berbeda-beda tergantung dari kondisi perorangan atau keluarga tersebut. Pada umumnya, kalau reeza89 masih single (belum memiliki tanggungan), kebutuhan Dana Daruratnya adalah 3 bulan pendapatan atau kebutuhan sehari-hari. Untuk keluarga dengan 2 orang tanggungan, kebutuhan Dana Daruratnya adalah 6-9 bulan pendapatan atau kebutuhan sehari-hari. Perlu diingat bahwa besarnya kebutuhan Dana Darurat ini disesuaikan dengan kondisi atau situasi individu atau keluarga masing-masing; semakin banyak tanggungan maka semakin besar dana darurat yang harus disiapkan.

Dana Darurat sebaiknya ditempatkan pada produk keuangan yang mudah, cepat dan aman. Hasil return tidak dipakai sebagai tolok ukur utama dalam menentukan tempat kita menempatkan Dana Darurat. Contoh produk keuangan yang sesuai untuk penempatan Dana Darurat ini adalah Tabungan, Deposito, Reksadana Pasar Uang atau Logam Mulia. Perhatikan bahwa dalam penempatannya, reeza89 harus memisahkan Dana Darurat dari dana operasional dan dana investasi. 

Lalu bagaimana jika reeza89 memiliki tujuan keuangan dalam waktu dekat ini, sedangkan kebutuhan dana darurat yang dimiliki belum mencapai kuota (target)? Jawabannya adalah boleh saja reeza89 memulai berinvestasi, asalkan Dana Darurat yang dimiliki minimal mencapai minimal 30% dari target Dana Darurat yang telah ditetapkan. Dan yang penting, pastikan bahwa reeza89 tetap mencicil untuk memenuhi kuota (target) Dana Darurat walaupun akan mulai  berinvestasi.

Selamat berinvestasi dan tetap jaga Dana Darurat reeza89!

AFC Financial Check Up
Jl. Senopati No. 74 2nd Floor, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110, Jakarta, Indonesia
Telp/Fax : +6221 725 0851/ +6221 725 0640
Untuk mengatur setting notifikasi, kunjungi:
http://www.ngaturduit.com/index.php/#!/profiles/myProfile/service

Follow twitter @ngaturduit untuk mendapatkan informasi & tips keuangan

Comments