Friday, 11 March 2016

Opening Ceremony Indonesia Fashion Week 2016

Indonesia Fashion Week (IFW) merupakan ajang fashion tahunan yang diselenggarakan oleh APPMI (Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia) tentunya merupakan acara fashion yang sangat bergengsi di Indonesia.

IFW 2016 adalah tahun ke-5 acara ini di gelar, yakni mulai dari 10-13 Maret bertempat di Jakarta Convention Center Senayan.

Secara pribadi saya melihat IFW sebuah awal yang baik untuk para desainer menunjukan karyanya pada dunia international. Contohnya seorang desainer  yang pernah berkolaborasi bersama saya Priscilla Listia.

Tahun lalu, IFW 2015 adalah event fashion show berskala besar pertama yang ia ikuti. Dari situ Priscilla dilirik oleh Vancouver Fashion Week 2016 dan  mengikuti fashion show spring summer collection disana.

Pada acara opening ceremony IFW 2016 dibuka oleh Ibu Poppy Dharsono selaku presiden IFW. Dilanjutkan dengan pembukaan dari Ibu Puan Maharani (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaa) yang mewakili  Bpk. Wk. Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pidatonya Ibu Puan Maharani menyampaikan :

 "Saya menghaturkan apresiasi terhadap ajang IFW yang sudah  berlangsung hingga tahun kelima. Setiap tahun semakin baik, pengunjungnya juga semakin banyak. Harapan melalui ajang IFW akan semakin banyak karya anak bangsa dapat dikenal di dunia internasional". 

Selain itu Indonesia Fashion Week 2016 juga di resmikan oleh beberapa pejabat negeri ini seperti Iman Gusman (Ketua DPD RI). Hahfiz Tohir (Ketua Komisi VI DPR) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah), dan Saleh Husin (Menteri Perindustrian)



Berikut harapan para pejabat  untuk ajang Indonesia Fashion Week :


"Berharap IFW tidak hanya menjadi acara tahunan tetapi IFW dapat dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Kegiatan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi kreatif ini diharapkan mampu membuat Indonesia sejajar dengan negara-negara mode lainnya" - Iman Gusman, Ketua DPD RI-

 "Kami di komisi VI yang khusus membidangi sektor rill sangat mendukung upaya pemerintah maupun swasta. Terlebih saat ini kita sedang menghadapi kelesuan ekonomi global, inilah yang dapat membangkitkan perekonomian domestik kita" -Hahfiz Tohir, Ketua Komisi VI DPR RI-


"Mengedepankan tema ekspresi budaya menjadi suatu tantangan pada desainer kita untuk merancang sebuah karya yang mengangkat nilai budaya Indonesia. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) fashion minimal bisa memenuhi kebutuhan 40 persen pangsa pasar"  -Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah-

 "Berharap Industri fashion dapat memberikan kontribusi yang besar karena menyumbang 181 Triliun untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 3,8 juta tenaga kerja. Kementrian Perinduatrian  terus melakukan kerjasama dan mendorong para pelaku industri fashion agar terus berkembang" -Saleh Husin, Menteri Perindustrian-


No comments:

Post a Comment