Batik Sadhana by Tities Sapoetra


Cukup lama gak terlalu beredar di dunia akting, ternyata Tities Sapoetra sekarang menjadi seorang fashion designer. Terakhir ketemu ini anak waktu premier filmnya Acha Septriasa yang 99 cahaya part 2 di XXI Epicentrum.

Kenal Tities udah lumayan lama, secara dia artis lawas era 2000an. Beberapa waktu lalu ceritanya Tities ini sempet comment-comment di Instagram dan dia sempet nanya  "za, lo masih nyimpen no. Gue gak sih? Whatsapp dong" 

Dan sayangnya no. Tities udah gak ada di contact karena kemungkinan ada di hp yang lama. Setelah bertukar no. Whatsapp, tapi  kita juga gak pernah whatsappan, sampai pas bulan puasa malah sering ngobrol via Line.

Dan singkat cerita pada Ramadan tahun ini di tengah kesibukannya. Tities baru aja nyelesaiin 40 outer Batik Sadhana, salah satu dari tiga lini fashion buatannya.


BENERAN TITIES SAPOETRA JADI DESIGNER , APA ALA ALA DONG KARENA UDAH GAK LAKU JADI ARTIS? JUAL NAMA DOANG KALI YAAA... *nyinyir

Kadang cibiran seperti itu sering banget, dilontarkan orang-orang namun disitulah tantangannya. 

ketertarikan Tities pada dunia fashion sudah cukup lama, dan memang dunia showbiz gak selamanya mengingat cepet banget regenerasi para pemain baru.

Tak tanggung-tanggung, keseriusan Tities di dunia Fashion ternyata sudah digelutinya sejak 4 tahun lalu. Tities menempuh pendidikan di dua sekolah fashion yang berbeda. Pertama ia belajar di Burgo dan yang ke dua di LPTB Susan Budihardjo.

Sejak  kecil dunia fashion juga sudah terpupuk, karena sang mamah merupakan seorang perancang baju pengantin di Surabaya. Jadi seperti melihat kain, pola, mesin jahit sudah terpupuk secara tidak langsung sejak kecil dari sang mama.

Setelah ngobrol-ngobrol di butik  selesai, lanjut dengan sesi pemotretan dengan tim fotografer Diera Bachir. Salah satu fotografer favorit yang sering digunakan para selebritis.

foto-foto 40 outer batik sadhana kali ini juga bekerjasama dengan 3 orang model, yang ketiganya juga teman dari Tities. Diantaranya Jian Batari (pemain sinetron, film), Wita Juwita (Pemenang Wajah Femina 2013) dan Ully Triani (Wajah Femina 2007) yang baru aja nyelesaiin film "Stay With Me" bersama Boy William dari sutradara kenamaam mas Rudy Soedjarwo.



Untuk makeup artis dan hairdo, Tities mempercayakan tim makeup artist Adi AdrianMenurut saya pribadi tim Adi Adrian untuk make up maupun hairdo mengerjakannya dengan cepat dan rapih hasilnya juga sangat memuaskan, Mereka sungguh profesional untuk menata 3 model secara bergantian.

Karena biasanya setau saya, untuk makeup model pemotretan gitu bisa satu jam sendiri pengerjaannya untuk satu orang. Tapi ini ada 3 model, dengan berganti 3 gaya rambut yang berbeda mulai dari sanggul, kepang, dan blow dikerjain serius tapi santai dan terpampang nyata hasilnya...!
Sambil nunggu break, Wita Juwita (Wajah Femina '13)



"Batik Sadhana by Tities Sapoetra "


(no filter no edit)

Ada yang bilang fotografi itu melukis dengan cahaya, beberapa fotografer ada yang enggan mengedit fotonya dengan alasan "saya ini photographer bukan photoshoper", ini sering kali menjadi perdebatan. Namun sebenarnya mengedit foto sah-sah saja, karena foto adalah sebuah momen dimana ketika foto mungkin hasilnya tidak sempurna dan bisa saja kita tidak mungkin untuk mengulang momen tersebut. Maka bantuan software seperti photoshop kita dapat mengakalinya menjadi terlihat lebih sempurna.

Fotografi juga membutuhkan pencahayaan, maka hasil foto yang keren biasanya didukung oleh cahaya yang pas, pengaturan gelap terangnya, titik datang cahayanya, pantulan cahaya, sudut pandang objek yang kita ambil, komposisi, warna, serta elemen lainnya. 

Kali ini saya juga menampilkan beberapa foto yang belum di edit sama sekali, langsung saya pindahkan dari kamera. Dan dalam pemotretan ini saya menggunakan lensa fix 85mm F 1.4, dimana lensa ini memiliki efek dramatisir dan bokehnya lumayan dapat merapikan latar belakang yang tidak diinginkan.


editing VSCOCAM :




Untuk koleksi batik sadhana yang Tities buat pada Ramadhan tahun ini yang berjumlah 40 outer, kebanyakan ia menggunakan warna-warna seperti cokelat, hitam, hijau, dan biru. Dengan motif batik nusantara, Tities menggabungkan juga unsur hiasan seperti manik-manik, bentuk bunga, dan batu-batu berwarna yang menambah kesan manis pada tiap outer yang ia design tersebut.


foto by: riza firli


Comments