Monday, 9 December 2013

Permasalahan busway koridor Grogol



Rasanya emang bt sih setiap senin, di jakarta itu gak seperti hari-hari biasanya. Lebih macet kendalanya adalah busway yang selalu penuh bahkan lebih padat dari hari-hari lain. jika hari-hari lain jam 6 masih sedikit longgar akan tetapi jam 6 sudah terlalu ramai sehingga hanya dapat mengangkut 2-3 orang setiap bus.

jalanan di jakarta yang sedang dalam proses perbaikan juga menjadi faktor pendukung penyebab terjadinya kemacetan ditambah perbaikan tersebut dilakukan dititik-titik macet secara bersamaan misalnya daerah samsat, dan depan trisakti untar.

Hal tersebut mengakibatkan jalur busway tujuan pinang ranti grogol atau pgc yang tadinya berbeda shelter digabung menjadi satu. Baik penumpang yang turun di grogol tujuan ke pluit atau arah sebaliknya pluit ke pinangranti atau pgc. Digabung menjadi satu yang menyebabkan antrian bertambah panjang.

Proses perbaikan jalan yang kurang cepat memakan waktu perbaikan lebih lama. Ditambah faktor cuaca dibulan Desember yang sudah masuk musim penghujan akan menghambat proses perbaikan.

Jumlah armada busway yang kurang juga menjadi faktor kesulitan tersendiri pada jam sibuk terutama saat pergi dan pulang kerja. Para penumpang harus lebih bersabar menunggu kedatangan busway, waktu istirahat  armada dan pengisian bbg di jam sibuk juga menjadi kekesalan tersendiri karena ketika antiran sudah panjang busway yang kosong tersebut tidak mengangkut para penumpang karena harus ke tempat pengisian bbg.

Ada banyak problem di Trans Jakarta Buway, seperti banyak mobil yang sudah tidak layak operasi di koridor tujuan Kali Deres Pulo Gadung atau Harmoni. Kondisi  kaca-kaca bus yang bergetar kencang dan tiang-tiang serta pintu yang reot. Bahkan ada beberapa atap bus apabila hujan terjadi kebocoran.

Getaran di bus-bus tujuan Kali Deres - Pulo Gadung atau Harmoni, sangat terasa di pagi hari atau saat penumpang bus sedang sepi. Getaran yang di hasilkan terasa lebih keras karena tidak ada beban yang memberatkan kursi-kursi penumpang.

AC bocor juga menjadi problem yang tidak bisa di biarkan karena air yang menetes sangat mengganggu kenyamanan penumpang. Begitu pula dengan AC yang terlalu panas saat bus sudah di padati para penumpang menambah stressnya perjalanan anda terlebih pada saat sore hari jam pulang kerja.

Halte bus yang sudah sempit seperti halte Grogol tidak lagi nyaman digunakan untuk menunggu. Halte yang sudah sempit tersebut masih juga di pasang box iklan bergambar dan bersuara yang cukup berisik. Box iklan tersebut sangat mengganggu kenyamanan antrian karena ukurannya cukup memakan space.

Konidisi jembatan transit di Grogol suka terasa bergetar apabila ada orang yang sedikit berlari kecil karena terburu-buru. Bahkan tak jarang lantai-lantai besinya yang sedikit ruak menyandung kaki para pejalan yang melintas.

Jika kita melihat kesebelah kanan atau kiri di Halte grogol yang letaknya dibawah jembatan layang. Banyak para tunawisma yang menjadikan tempat tersebut tempat tinggal bahkan yang lebih memprihatinkan ada anak-anak balita yang tinggal ditempat tersebut. Sebenarnya apakah penyalah gunaan tempat ini ada penindakan atau penertiban? Karena tempat tersebut tidak hanya dijadikan tempat tinggal tetapi juga dijadikan lahan berjualan makanan atau minuman.

Jalur bus yang dimasuki kendaraan bermotor atau mobil juga membuat busway sulit melintas dengan lancar. Meskipun masalah ini sudah dilakukan penertiban serta denda yang cukup berat bagi kendaraan yang melintas. Namun dititik-titik tertentu pelanggaran ini sulit dihindari saat jam macet terutama disore hari.

Ya itulah keluhan saya secara pribadi sebagai pengguna busway yang setiap hari naik busway ke kantor. Semoga perbaikan dan pelayanan busway dari hari kehari terjadi peningkatan. Minimal adanya penambahan busway di jam-jam sibuk.

2 comments:

  1. untung rumah gw deket halte Ragunan.. jadi biasanya kalo naik TJ bisa dapet tempat duduk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh enak paling awal itu sih sebelum penuh goo

      Delete