Wednesday, 16 October 2013

Bisakah hidup tanpa Internet?

Dalam hidup saya. secara pribadi sangat senang dengan dunia maya atau internet. Dari sd kelas 6 saya sudah bermain internet akun email pertama saya dibuat di bolehmail (boleh.com) saat itu boleh.com merupakan layanan email dan website yang menggunakan bahasa Indonesia dan mudah digunakan. disana ada berbagai macam games, horoscope, membeli ringtone atau wallpaper untuk handphone dan juga ada game online.

game online pertama yang saya mainkan adalah nexia sebuah permainan game online yang dapat dimainkan bersama teman-teman lebih dari 2 orang.  Website website yang sering saya buka biasanya saya membaca ulasan website menarik yang di rekomendasikan dalam sebuah artikel di majalah, koran atau televisi.

Website artis yang pernah saya buka waktu itu adalah sherina munaf, film petualangan sherina, website tersebut menampilkan gallery, cerita dan lyric lagu. Website artis lainnya yang saya buka adalah dunia-marshanda.com di website tersebut tak beda jauh dengan website artis lainnya menampilkan gallery foto, biodata namun yang menarik dari tampilan website marshanda waktu itu ketika websitenya dibuka terdengarlah soundtrack sinetron bidadari dan background website yang bergerak-gerak ditambah ada layanan chating bagi para pembuka websitenya.

Aplikasi chating pertama yang saya gunakan dari boleh.com di website tersebut kita dapat chating antar sesama member web, kira-kira saat saya smp kelas 1-2 saya sering chat atau chat apps yang dapat bermain games dengan anggota lainnya. Baru setelah SMA saya mengenal chating menggunakan mirc dan juga yahoo msgr. kala itu yahoo msgr dapat chat di room-room yang tergabung dari berbagai wilayah, hobi atau kesamaan lainnya.

dan saat 2004 saat saya duduk di bangku SMA kala itu booming yang namanya social networking atau yang disebut friendster. Saya sangat keranjingan bermain friendster yang kala itu masih friendster beta. Pertemanan di friendster full diangka 500 teman setelahnya kita dapat membuat akun baru agar memperbanyak teman lagi. Saking seringnya saya menghabiskan waktu di dunia maya akhirnya saya memiliki banyak akun friendster hingga sekitar 30 akun friendster. Dan satu akun private yang memiliki comment dan testimonial sekitar 10.000 comment dan 1000 pengunjung setiap bulannya. Di akun friendster banyak hal yang dapat di kreasikan seperti background, foto, slide, lagu, musik bahkan bisa memasukan games. Sebenarnya entah apa yang membuat saya begitu menarik dengan dunia maya. mungkin karena dapat terhubung oleh orang banyak berbagi cerita, informasi, dan sahabat pena. Oh ya di friendster juga ada blog yang dapat diisi dengan tulisan-tulisan.

Sampai akhirnya munculah facebook dan saya menjadi pengguna aktif facebook dan membukanya setiap hari dari tahun 2008 hingga saat ini. Selain facebook ditahun yang sama saya juga membuat sebuah blog di blogspot.com. Hingga postingan ini ditulis saya memiliki 993 posting.

yang menarik dari facebook hampir sama dengan friendster namun bedanya facebook tidak memiliki halaman khusus yang dapat mengkreasikan kreativitasmu. Tapi facebook mempunyai banyak aplikasi yang dapat digunakan seperti games, mencoret-coret gravity, saling mengirim aplikasi-aplikasi menarik. Namun sayang aplikasi-aplikasi boxes di facebook sudah ditiadakan. Namun games-games menarik di facebook masih dapat kita banyak temukan.

Oke kembali ke soal internet hidup tanpa internet? buat saya rasanya sulit karena saat ini saya juga bekerja di dunia digital. Dimana pekerjaan saya menuntut menggunakan Internet. Mengirim email, membuat artikel, mencari bahan postingan dan lain-lainnya.

Dari awal saya lulus dan bekerja sebelumnya saya juga bekerja di dunia website e-commerce sebuah perusahaan photography, yang membuat saya  belajar banyak hal. Menurut saya dunia digital, dunia website dan perkembangan internet itu sangat menarik.

Namun pernahkah saya merasa bosan?
untuk merasa bosan dengan internet, website, blog, social media dan lainnya. "YA" kadang saya merasa bosan karena terhitung dari 2004 saya pengguna aktif friendster hingga 2008. Dan dari 2008 hingga 2013 saat ini saya pengguna aktif berbagai social media seperti facebook dan twitter! blog, dan lainnya.

Meskipun sudah bosan tetapi social media, internet, website dan lain-lainnya sudah menjadi satu dengan kehidupan saya. Bahkan saya mencari uang di dunia yang saya hobikan sejak lama. Passion saya memang di dunia digital, internet, tulis menulis, design grafis dan yang berhubungan dengan kreativitas.

Namun terkadang dengan berkurangnya waktu luang dan capeknya perjalanan. Akhir-akhir ini waktu luang saya dipakai dengan istirahat atau jalan-jalan. Bahkan di waktu week end terkadang saya masih melakukan pekerjaan saya dirumah.

Entah lah rasanya dunia saya tanpa internet tak bisa dipisahkan! rasanya internet adalah kebutuhan wajib saya setelah makan. Walau terkadang membosankan namun banyak hal yang saya lakukan di dunia internet. Bahkan saya hampir tidak pernah menonton tv dan hanya menonton youtube.

Quality time saya untuk membaca buku juga sedikit agak sulit dikarenakan saya hampir males! dan merasa lelah dengan waktu yang sudah saya gunakan untuk bekerja. Membaca satu buku bisa menghabiskan 1-2 minggu saat ini dan itu yang membuat saya sekarang malas membaca buku.

Walau tidak membaca buku saya masih membca artikel-artikel setiap harinya di internet.Tetapi menurut saya bahasa buku belum dapat tergantikan dengan hanya kita membaca artikel di internet. Buku masih menjadi sumber yang lebih lengkap dan mendalam dan dapat dipercaya karena sebelum buku itu terbit dan dicetak pembuatannya melalui proses supervisi yang begitu panjang ketimbang hanya mempercayai artikel di sebuah web atau blog.

Memang tidak menutup kemungkinan blog website lebih cepat dan terkadang juga akurat. Namun ingatlah website sebesar kompas saja pernah tak sengaja mewawancarai seorang nara sumber dokter palsu yang ngakunya pernah bekerja untuk salah satu tim medis club sepak bola. Jadi sumber di internet untuk beberapa hal menurut saya mesti di kroscek dan benar-benar di saring apalagi jika kamu hanya bersumber pada website atau blog yang kurang reputasinya.

jangan terkecoh dengan blog-blog dari blogger-blogger SEO. Karena biasanya mereka menulis tidak tulus, sudah setingan untuk keyword-keyword yang akan mereka naikan. Bagi mereka yang terpenting adalah dapat menempelkan link meskipun kualitas dari tulisannya masih diragukan.  Tetapi juga tidak menutup kemungkinan juga! Ada blog-blog seo yang bagus dan  memiliki reputasi penulis yang bagus pula.

Biasanya hal itu juga bisa kita lihat dari website atau blognya. Simple aja salah satu contoh jika ada iklan obat kuat atau judi bola sebaiknya kita tinggalkan saja artikel dari web atau blog tersebut. Karena biasanya artikel dari web seperti itu hanya blog dummy yang menempelkan link-link nya.

Kok jadi ngebahas SEO sih? hahaha :)

Ya intinya saya tidak bisa hidup tanpa internet, karena internet merupakan bagian dari hidup saya. Menulis dan menulis yang bernyawa (menulis mengalir seperti ini) juga tidak bisa saya tinggalkan.

 karena menulis menurut saya adalah panggilan jiwa.

No comments:

Post a Comment