Friday, 8 February 2013

jangan sampai terlambat




Pagi....

diwaktu pagi jakarta begitu sibuk. Orang-orang pagi-pagi sekali sudah banyak yang berangkat kekantor.

Mereka berangkat lebih pagi agar tidak terlambat tiba dikantor. Banyak sebagian perusahaan yang tidak tanggung-tanggung memberikan hukuman kepada pegawainya.
Dulu misalnya di tempat kerjaku  yang lama apabila terlambat 1 menit karyawannya akan dikenakan  denda sebesar Rp. 2000,- cukup lumayan bukan jika kamu terlambat lebih dari 10 menit.

Dulu dikampusku juga bagi yang terlambat akan dikenakan denda sebesar Rp. 5000,- maka dari hal itulah aku sudah terbiasa dan terlatih untuk datang lebih pagi atau tepat waktu bahkan bisa 30menit hingga 1 jam lebih awal.

Sebenarnya denda adalah hanya salah satu faktor agar kita  disiplin. Namun jika sudah dibudayakan untuk datang lebih awal hal itu membuat langkahku menjadi lebih santai, tidak terburu-buru mengejar waktu untuk datang kemanapun.

Kadang memang macet di Jakarta menjadi salah satu faktor, mengapa aku datang lebih awal karena kita tidak pernah tahu kapan Jakarta macet, kapan Jakarta lancar dan kapan busway akan tiba atau terlambat. Bisa saja semua diluar kehendak kita.

Jadi jika aku membiasakan diri untuk lebih prepare dengan waktu. Maka apabila ada waktu yang terbuang dijalan. Saya  hanya  membuang waktu santai saya  yang biasanya datang lebih pagi di awal.

Misalnya saat saya datang 30 menit lebih awal dikantor, waktu 30 menit tersaebut saya pakai untuk santai dan  sarapan di salah satu minimarket 24 jam di dekat kantor saya. Namun  apabila saya dijalan terkena macet 30 menit maka saya hanya membuang waktu santai saya tersebut.

Tapi sekali lagi, kemacetan dan hal tak terduga di Jakarta bisa saja terjadi diluar kehendak kita. Maka apabila itu terjadi. Akupun pasrah dengan waktu yang tak bisa kompromi.

20 comments:

  1. capek kali kayanya yahh kalo harus mengahadapi macet tiap hari..apa lagi kalo lagi buru2..
    untungnya ditempatku bebas macet..jd gak pernah telat kekantornya...

    ReplyDelete
  2. macet emg bkin org hrus semuanya lbh awal, bngun lbh awal dan mandi lbh awal, prg pun lbh awal...

    ReplyDelete
  3. betul, berangkat lebih awal buat antisipasi macet dan transjak yg ngaret :D

    ReplyDelete
  4. sebaiknya dari rumah pakai pesawat hoho biar nggak telat *ngarep banget

    ReplyDelete
  5. Kadang kita harus menambah 15 menit lagi walau udah diprediksikan memakan waktu berapa lama untuk mencapai tujuan. Gue sih gitu jd ga pernah telat :p

    ReplyDelete
  6. aku juga gitu..
    lebih suka datang lebih awal dari pada terlambat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn terlambat waktu ku tak banyak :)

      Delete
  7. kalo gue malah keseringan telat soalnya suka banyakk barang atau apa gitu yg lupa gue bawa .

    ReplyDelete
  8. wuuuiihh lu emang termasuk orang ya disiplin ya bang.
    oya bang, seberapa parah sih Jakarta dimata lu?
    bisa ceritain keburukan paling buruk gak bang?
    mengenai Jakarta tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada nantikan aja.. cerita selanjutnya ok...! :)

      Delete
  9. ada untungnya juga aku tinggal diRiau. ga pernah deh macenya seperti jakarta. hehe..

    bagus tuh pakai denda, biarkita dilatih disiplin

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya , di riau tinggal sm siapa?

      Delete
  10. kalo ditempatku kalo telat push up. 1menit 2kali push up

    ReplyDelete