Saturday, 13 October 2012

prolapsed eye in cat

foto by: @RizaFirli
Semalem tak sengaja aku melihat anak kucing yang teriak karena kesenggol pintu pagar. Hal itu tentunya tak sengaja disebabkan kakak ku yang sedang mendorong pintu pagar karena pacarnya ingin pulang dan mengeluarkan motornya.

Ada dua anak kucing hitam dirumahku kira-kira umurnya baru beberapa minggu (masih pada kecil-kecil) Mereka lahir dari induknya si betina hitam yang sering jadi rebutan kucing-kucing jantan dirumahku.

Dan sang induk sudah hamil yang ke berapa ya? *mikir mungkin kira-kira sudah 3-4 kali bahkan lebih. Pokoknya si induk betina hitam adalah kucing yang sering sekali bunting karena ia diperebutkan 3 kucing garong dirumahku yang tidak bertanggung jawab dan selalu berebutan mengawininya.

Sampai tak jarang di malam hari para garong si kucing jantan sering sekali bertengkar dan mengaung-raung karena masalah rebutan si induk betina hitam. Bahkan tak jarang juga mereka sering berlari-lari berkejar-kejaran berantem di atas genteng rumahku. Ternyata tidak manusia saja ya... yang suka rebutan cewek dan tukang kawin. Hal itu berlaku juga pada kucing.

Kembali soal ke anak kucing yang baru beberapa minggu lahir tersebut. Memang kalau dilihat sejak lahir dua anak kucing tersebut kata mamahku terlihat ada belek dan berair terus matanya.

Juga kata kakak ku kemarinan ada satu kucing yang matanya berdarah, kasian banget pokoknya. Dan tadi malam saya tak sengaja saat sedang membuang sampah diluar. Ada anak kucing tersebut  di deket tong sampah.

Saya pun memandangi anak kucing itu terutama pada matanya, karena pada malam yang gelap itu tidak terlalu jelas. Saya pun memandanginya lagi, seperti ada yang aneh! Mata kucing seperti menjorok keluar dari bola matanya, Saya pikir mungkin ada yang menempel kotoran di matanya. Sayapun penasaran dan ingin sentuh matanya dengan cutton bad tapi keburu lari kucingnya. 

Tapi ternyata bukan, itu memang benar bola mata si anak kucing yang menonjol keluar karena kalau kotoran mana mungkin mata yang seperti keluar itu dapat bergerak-gerak. Akhirnya saya 'googling' tentang penyakit mata kucing yang seperti keluar itu. Ternyata penyakit mata kucing tersebut bernama prolasped eye yang sering terjadi juga pada anjing. 

Sumpah ya... saya kasihan sekali dengan dua anak kucing yang baru lahir itu. Baru lahir matanya sudah bermasalah dan satu saudaranya ada yang terkena prolapsed eye. Bikin sedih dan miris kalau lihat kondisi mereka :'(

35 comments:

  1. kasian ya anak kucingnya :(
    aku di rumah melihara kucing.

    ReplyDelete
  2. marahi aja tuh kucing garong jantan yang ngehamilin emaknya kucing kecil itu..
    udah nggak bertanggung jawab,bikin mata anaknya sakit pula..ckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sih..ya binatang gimana dong susah..:(

      Delete
  3. andaikan kucing garongnya ada yang bisa bawa ke Sulawesi, pastilah tidak rebutan numpahin gairah gituan. kucing di sini jauh lebih heboh kalo ngadain ritual seps. hehehe, pawai keliling, sambil triak lalu rayain seps.y. hehehe

    ReplyDelete
  4. smga si kucing ttp smngat mnjalani hodup..

    ReplyDelete
  5. kenapa tuh bang jadi sampai kayak gitu mata kucingnya? apa gara-gara kaka lo yang bukain pagar itu?

    kasian kucingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata memang udah dari lahir.. ini kelainan kayaknya..
      kucingnya jg udah dimakan sm kucing lakinya

      Delete
  6. oohh,, mangnya apa faktor penyebab tu penyakit Bang?? gue prnah liat kucing kyk gt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga gak tau knp?
      kayaknya sih ada kelainan..
      karena si induk udah hamil sering banget ngelahirin

      Delete
  7. kesian amat cacat sejak lahir.. besok susah tu cari jodohnya.. #eh
    kesian...

    ReplyDelete
  8. kasihan banget ya kucingnya..
    waktu itu juga ada kucing datang ke daerah rumahku.. serem banget.. kepalanya bengkang, terus keluar cairan gitu dari bagian kepalanya yang juga luka..
    tapi beberapa hari kemudian, kucing itu meninggal..
    kasihan banget deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh ngeri..
      itu knp ya..kasian poor cat

      Delete
  9. ya Allah, liat fotonya aja ngga tega apalagi aselinya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. merinding..pas bola matanya gerak2

      Delete
  10. Baru tau saya klo nama penyakit gitu prolapsed eye. Biar sembuh lagi gimana tu ya? Kasian liatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucingnya udah dimakan sama kucing bapaknya..yg laki sepertinya
      :(

      Delete
  11. di 9gag kemaren, gue juga liat kucing dewasa yg gk bola mata malah, jadi tuh kucing sejak kecil udah buta gak punya bola mata, tapi ketika udah dewasa dia fine2 aja, mungkin juga karena dia dipelihara ama orang makanya terawat, kalo dia dibiarin di jalanan gak tau deh, gak bakal survive mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia klo buta dari lahir..tp sebelah matanya pasti melek

      Delete
  12. hiiii...kasiannn kucingnya :-( secara gue kan cat lovers T____________T

    artikelnya jd bikin gw inget:
    dulu ada kucing kampung suka mampir ke rumah gue...suka gue kasih makan...tiba2 aja dia menghilang 2 minggu..pas balik2 udah hampir mati...suara serak gak bisa makan..kurrruuuuusss bangettt...matanya kayak rusak..entah siapa yg siksa tu kucing kampung ampe begitu..hiks :-(

    ReplyDelete
  13. ukhhh...kasian... :(
    aku juga dulunya punya kucing yang matanya menojol keluar gitu...
    tapi bukan karna dia sakit...
    awalnya matanya normal...
    yahh mungkin karna dia berantem sama kucing tetangga gara2 memperebutkan kucing betina... :|

    ReplyDelete
  14. bocil juga punya anak-anak kucing. namanya maman, mimin, mumun, memen, momo, mamon. tapi yang hidup cuma si maman:( karna yang lainnya mati kedinginan dan udah di telorin sama lalat:'(

    ReplyDelete
  15. baru kali ini liat ada penyakit kucing semacam itu..

    jadi banyak tau :)

    ReplyDelete
  16. idih ngeri banget ngeliatnya ga tega -_-

    ReplyDelete
  17. wah keren coi gua baru tahu tentang istilah " prolasped eye " sangat berilmu banget, o gitu ya, itu penyakit akibat virus atau genetis bro?

    ReplyDelete
  18. Oh,. poor it GOD...
    kasihan sekali anak kucing yg malang itu...
    itu kira-kira, bisa sembuh gak ya?

    ReplyDelete
  19. aduh maaf banget ya bang gambarnya langsung gua skip .
    gua phobia kucing benerannnn

    ReplyDelete
  20. emang itu penyakit gara2 apa terus obatnya diapain bang, soalnya di rumah gua juga banyak anak kucing

    ReplyDelete
  21. Kasian juga yah kucing dirumah lo, masih kecil udah kena penyakit :))

    ReplyDelete
  22. tentang kucing yang kena penyakit, jangan ragu dan jangan bimbang, jangan takut dan jangan resah,

    kucing kan punya 9 nyawa, jadi, santai aja lagi

    *katasikucing

    ReplyDelete