Sunday, 23 September 2012

Stevejobs Biography

Judul : Stevejobs
Pengarang: Walter Isaacson, Terbitan Simon & Schuster, New York 2011
Cetakan : ke-3 November 2011
Penerjemah : word++ Translation services & tim bentang
Penyunting : Tim Bentang
Penerbit : Bentang






Akhirnya buku Stevejobs Biography karangan Walter Isaacson ini habis saya baca, ini merupakan buku yang lumayan tebal karena terdiri dari 40 BAB. Dari bab 1 hingga 40 ada sekitar 690 halaman dari halaman totalnya mencapai 728 halaman. Buku ini juga memberikan foto-foto kenangan mendiang stevejobs semasa ia masih hidup bersama keluarga dan kerabatnya.

Mengapa membaca buku seperti ini saya bisa memakan waktu hampir 1 minggu ? yakni 6 hari?
karena menurut saya buku ini bukan seperti buku-buku novel dimana memiliki alur cerita naik dan turun. Buku ini lebih panjang tingginya dari pada buku-buku novel. Tipe buku ini seperti buku pelajaran kalau dibaca kadang kala ada rasa bosan.

Tapi biar bagaimanapun buku ini membuat saya lupa waktu. Saya menargetkan membaca buku ini 100 halaman perhari kira-kira sekitar 3-4 jam (waktu yang sangat lama memang, untuk menghabiskan membaca 100 halaman).

Buku ini banyak memberikan inspirasi karena disini adalah kisah hidup seorang Stevejobs. Sebgaimana kita ketahui ia adalah seorang yang briliant menciptakan sebuah perubahan dalam bidang teknologi. Dan tak hanya itu ia menggabungkan unsur seni, design dalam sebuah teknologi menjadi sebuah maha karya yang seperti kita ketahui bahwa sebuah komputer apple sangatlah elegan, minimalis dan mempunyai unsur seni yang tinggi. Ditambah performa dari produk-produk apple sangatlah mutakhir.

Semua produk-produk yang di kembangkan di apple tak lain juga buah ide Jobs dan rekan-rekannya di Apple. Jobs dikenal sebagai seorang petinggi yang memimpin di apple computer. Ia  memiliki sifat yang cukup keras,kasar, pemarah, emosional, perfectionist, ia pun tak segan-segan mengatakan kata sampah terhadap hal-hal yang tidak ia sukainya. Banyak juga hal-hal yang kurang baik dari seorang Stevejobs.

Namun yang saya suka dari stevejobs adalah ia sangat mempunyai prinsip dalam membuat sebuah produk karena tidak selain harus designnya yang bagus, minimalis dan simple tapi produk tersebut harus mudah di gunakan oleh siapapun.

Bahkan Jobs berani menghilangkan atau meniadakan floppy disk di sebuah komputer, menghilangkan kipas atau blowernya agar sebuah komputer tidak berisik, jobs juga meniadakan tombol on off pada sebuah iphone, ipod dan ipad. Melindungi hak cipta para musisi dengan itunesnya dimana setiap orang tidak bisa mencuri lagu dari sebuah ipod tetapi hanya bisa memindahkan musik dari itunes ke ipod.

Dengan adanya aplication store di itunes orang-orang jadi membeli lagu yang asli dari seorang musisi dan lagu tersebut dijual persatu lagu (tidak per album) hal itu mengurangi maraknya pembajakan akibat banyaknya orang-orang yang mendownload lagu dari website-website seperti nepster. hal itu sangatlah menguntungkan bagi semua pihak baik para musisi, industri musik dan apple sendiri sebagai pengembang content itunes tersebut.

Memang tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada produk teknologi yang sempurna karena teknologi terus berkembang dan manusia terus berinovasi menciptakan teknologi baru dalam memperbaiki kualitas sebuah produk.

Dari buku ini saya banyak belajar ..... 

Dimana kita sebagai manusia janganlah hanya mementingkan keuntungan atau kekayaan materi saja tetapi kesederhanaan, pengetahuan, daya cipta, imajinasi yang dapat kita kerjakan serta dapat kita wujudkan dan bermanfaat bagi banyak orang Itulah kekayaan yang sesungguhnya. Karena Orang yang termiskin di dunia adalah orang yang tidak punya apa-apa kecuali uang

Maka teruslah berinovasi, berpikir creative, menyederhanakan segala sesuatu dan bermanfaat untuk orang lain itulah makna hidup yang sesungguhnya.





Salam membaca
banyak membaca banyak tahu

2 comments:

  1. steve jobs itu luar biasa!
    saya kagum banget sama beliau mas :)

    ReplyDelete
  2. ia .. thx ya sudah mampir
    saya juga suka steve jobs
    terlepas dari sifatnya yg kasar dan hal2 negativ lainnya.. tapi semua manusia pasti punya kesalahan terlepas dari itu ia juga seorang yg sangat kreatif dan memikirkan sesuatu dengan matang dalam menciptakan sebuah mahakarya

    ReplyDelete