Tuesday, 25 September 2012

Tuan Besar *based on true stories* Kisah Para Lelaki Metropolitan

Judul : Tuan Besar , Kisah para lelaki metropolitan
Pengarang : Threes Emir
Penerbit : Gramedia Pustaka
Cetakan : ke-1 2012
Jumlah hal : 256 hal.








Satu lagi buku karya Threes Emir yang berjudul Tuan Besar buku ini merupakan Based on true stories yang menceritakan tentang kisah para lelaki metropolitan. Sebelumnya saya juga sudah membaca bukunya yang berjudul Nyonya Besar.

Tipe buku Nyonya besar dan Tuan besar ini hampir sama. Didalamnya terdapat kumpulan kisah yang membuat hati kita tergugah karena dibalik kisah-kisah yang diceritakan ada nilai-nilai kehidupan yang mungkin sehari-hari pernah kita jumpai bahkan pernah kita alami.

Bab yang saya sukai di buku ini yaitu pada BAB Tuan Besar 13 yang menceritakan seorang pria bernama Herman yang dilahirkan dengan mata biru, berkulit bule karena ayahnya Van Heuken seorang Belanda. Herman adalah anak dari Van Heuken dan Imah seorang pembantunya. Namun selama Herman kecil hingga dewasa Imah tetap bekerja di rumah tersebut akan tetapi Herman tidak mengetahui kalau Imah lah ibu kandungnya. Karena selama ini yang berperan sebagai ibunya adalah Nyonya Rintje Van Heuken. Baru ketika Herman beranjak 27 tahun dan ketika itu papinya Van Heuken sakit ia memutuskan untuk memberitahukan jati diri ibu Herman yang sesungguhnya yakni Imah.

Sungguh kisah yang begitu cukup mengharukan menurut saya ketika seorang anak yang dilahirkan hingga dewasa baru mengetahui siapa ibu kandungnya yang ternyata adalah seorang pembantu yang bekerja dirumahnya. Namun walau begitu Herman selama ini selalu berlaku sopan dan lembut kepada para supir, pembantu dirumahnya. Karena ia dididik dengan baik dan benar oleh mami dan papinya yang seorang Belanda.

buku ini cukup bagus karena banyak mengisahkan kisah-kisah yang penuh nilai dan makna kehidupan. Buku ini juga banyak berbagai macam macam konflik seperti dilingkungan pekerjaan, rumah tangga, kasus perselingkuhan, pencarian jati diri, keuangan, harta, pencarian jodoh, wanita, seorang guru yang menyukai muridnya yang dikemas beraneka ragam dan dijadikan sebuah buku yang berjudul Tuan Besar. Dan apakah anda termasuk Tuan Besar itu?



Salam Membaca
Banyak Membaca Banyak Tahu

19 comments:

  1. Sekarang jadi sering review buku, gada foto cewe cakep lagi ('._.')

    ReplyDelete
  2. loh, ini tulisan lama ya?
    masih ada nggak ya di gramedia samarinda.. kayaknya bukunya bagus tuh. cuman ini lagi nabung buat beli bukunya ayam sakit sih. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia udah lumayan lama..gk kerasa ya...:)
      bagus thress emir emang pengaarang yang lumayan cukup dikenal di eranya

      Delete
  3. bang riza udah di kasih tau temen2nya belum kalo gue mau kenalan sama mereka -__-

    jadi serinng review buku ya bang, keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya temen gue nya mau enggak..:D hhehehe

      Delete
  4. Wah, cakep nih buku. Terima Kasih infonya :)

    ReplyDelete
  5. Wah. Jadi penasaran filmnya nich..
    Jujur saja, baca buku novel aku kurang berminat. Mata sakit gitu, lebih tahan baca buku yang lain gitu..
    Tapi, karena makna itulah, aku menjadi tertarik untuk membaca novel tersebut. seperti makna yang kamu ceritakan itu tadi lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan novel kayak kisah kisah nyata

      Delete
  6. WOAH jadi penasaran sama bukunya nih ._.

    ReplyDelete
  7. ceritanya lebih kayak sinetron sih menurutku tapi nggak tahu ya cara penyampaian kisahnya mungkin yang keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih klo di bilang bagus..
      tp ini kisah nyata kok..bukan sinetron :P

      Delete
  8. Udah baca bukunya. Bagus sih buat referensi saat santai :)

    ReplyDelete
  9. kapan2 bisa di pinjam bukunya gak hehe? sorry baru bw

    ReplyDelete
  10. kalo udah review buku gini aku mesti bingung mau jawab gimana

    ReplyDelete