Tuesday, 11 September 2012

kisah perbedaan disket, cd,dvd dan flash disk

Suatu hari hadirlah dunia komputer pertama dinamakan zaman disket. 

Disket diciptakan oleh manusia untuk menyimpan data. Data yang disimpan manusia pun bermacam-macam ada yang menyimpan tugasnya, ada yang menyimpan fotonya, ada yang menyimpan lagunya, pelajarannya, dan ada juga manusia yang menyimpan isi hatinya di dalam sebuah disketnya. 

Disket adalah media penyimpanan pertama yang diciptakan manusia namun dengan kapasitas hanya 2MB saat itu. Namun walaupun kecil disket diperbanyak jumlahnya. Agar memenuhi kebutuhan penyimpanan data komputer manusia. Sebuah disket memiliki berbagai macam warna seperti hitam, putih, kuning, abu-abu, hijau, pink.Dan sebuah disket juga memiliki merek seperti ibm, mitsubishi, verbatim, sony, dan lain-lainnya

Namun tetap fungsi disket hanyalah sebagai media penyimpanan data komputer bagi manusia. Namun sebuah disket bermerek sony berkata aku lebih mahal dari dirimu verbatim. Kamu dijual tanpa case dan tidak berwarna putih seperti ku, kamu hanya ada warna hitam verbatim. Karena merasa kesal verbatim lalu membuat dirinya menjadi putih dengan cara mengecet tubuhnya agar menyerupai disket sony. Tapi tetap saja cat putih yang ia gunakan mudah terkelupas dan luntur dikarenakan panas komputer yang dapat melelehkannya. Putih verbatim hanya sementara karena ia tidak di dibuat manusia sejak awal berwarna putih seperti sony.

Umur sebuah disket ada yang panjang, ada yang sebentar, ada yang cepat terinveksi oleh virus komputer, sehingga banyak disket yang akhirnya rusak dan tidak bisa terpakai. Ada juga nasib sebuah disket yang apes karena dirusak manusia, ditinggal oleh pemiliknya, dibuang, atau dihancurkan.

itulah awal mula media penyimpanan di zaman komputer pertama. Disket adalah sebagai alat penyimpanan data manusia. Lalu lahirlah sebuah CD yang dapat menyimpan kebutuhan data seorang manusia lebih besar yakni berkapasitas 700 MB dan Satu buah keping CD dapat menyimpan 350 data isi disket

sebuah  CD sangat iri karena sebuah disket begitu mempunyai banyak sanak saudara, kerabat dan teman yang membantu disket dalam menyimpan data.

 Suatu hari CD berkata kenapa manusia tidak adil ? membiarkan CD seorang diri untuk menyimpan data yang sebegitu besarnya?


Manusia sangat suka dengan film. film-film favorit di bioskop biasanya berdurasi 1,5-2jam dan itu menghabiskan dua keping CD dalam penyimpanannya. Namun CD tetap iri dengan sang disket dan berkata "hai manusia mengapa kau  tidak adil? kau menciptakan ku terlalu berat untuk menanggung file-file film favoritmu. Kau tidak adil wahai manusia jika aku menanggung file filmmu yang berdurasi 2 jam dalam kapasitas 1,5 GB hanya berdua, sedangkan si disket berjumlah 700. Itu sangat tidak adil bukan mengapa disket diciptakan lebih banyak? sedangkan aku sedikit?

Sang manusia berkata tau apa kamu CD?

kamu hanya sebuah CD yang harus menyimpan fileku , kau diciptakan untuk itu CD, jadi kamu gak usah banyak protes mengapa aku menciptakan mu berbeda. Karena hal itu agar mempraktiskanku. Nikmat penyimpananmu tetap sama jumlahnya cuma quantitasnya yang berbeda.


 Kamu jangan banyak iri karena jumlah


Tapi lihatlah kapasistas penyimpananmu kamu lebih praktis karena tidak memerlukan jumlah yang banyak seperti disket untuk menyimpan file. Tidak ada arti quantitas yang banyak bagiku, yang terpenting adalah kapasitas, kata sang manusia

Cd mulai sombong karena ia sudah mengetahui bahwa ia tidak sama dengan sang disket.

 "Dasar kau disket" , kata si CD.

kamu itu payah disket quantitty mu memang bisa banyak namun 1 diriku sebanding dengan 350 dirimu. Jadi walaupun kamu berkuantitas banyak kamu tetap saja gak berkualitas. Dan derajatnya sekarang kamu lebih rendah dari padaku.

Kamu pasti akan dilupakan manusia sebentar lagi, kata sang CD dengan sombongnya.

Secantik apapun warna warni dan merek mu kamu akan dibuang karena ketidak praktisanmu dan teknologimu yang sangat jadul sekarang

Kamu kenapa CD? kata sang disket, Kenapa kamu se sombong itu?

Tugas kita sama kok. (kata si disket)

 Kita diciptakan sama sama untuk menyimpan data manusia. Kamu jangan mimpi kata sang CD,


kamu itu gak akan ada gunanya sebentar lagi dan akan menjadi sejarah peradaban zaman teknologi penyimpanan data digital kuno manusia.

Mendengar keangkuhan CD

Manusia manusia pun sekarang menciptakan DVD yang mempunyai kapasitas yang lebih banyak dibanding dirinya. CD pun kecewa karena DVD lebih canggih teknologinya bahkan DVD mempunyai teknologi blue ray katanya.

Memang sepintas sekeping CD dan DVD fisiknya hampir sama yang membedakan hanya kapasistas penyimpanannya data yang dapat disimpan lebih besar. Dan mulailah manusia menciptakan era baru komputer dimana media penyimpanan Flash disk lebih praktis dan lebih simple.

Mereka pun iri baik si disket, si cd, si dvd karena flashdisk memiliki body yang unik, design yang menarik dan dilengkapi lampu yang dapat berkelap-kelip di tubuhnya. Tapi sebuah flashdisk tidak lah sombong. Karena ia tidak tahu apa-apa yang ia tahu hanyalah tugasnya yaitu menyimpan data manusia di zaman era komputer dan internet.

Flash disk sangat booming karena tubuhnya bisa dipasangkan tali untuk digantungkan di leher seorang manusia sebagai aksesoris. Sang Flashdisk pun bertanya kepada manusia di era teknologi dan internet saat itu. Manusia menyebutnya sebagai zaman era teknologi internet dimana komputer-komputer sudah memiliki teknologi yang lebih canggih.

Karena ketidak sombongan flashdisk manusia pun menciptakan teman bagi flashdisk yakni mmc, micro sd dan teman-temannya dalam bentuk kartu. Merka sangat bersahabat satu sama lain karena mereka memiliki teknologi yang hampir sama bagusnya dimata manusia. Sama pentingnya, yakni sebagai media penyimpanan data-data.

Karena kepintaran dan teknologi  mereka pun bedebat, kedua sahabat itu flash disk dan memori bertanya kepada manusia wahai manusia apakah aku berasal dari evolusi disket yang berubah menjadi CD- DVD- flashdisk - lalu menjadi kartu memori? 

TIDAK " jawab manusia yang menciptakannya, kalian tidak pernah berubah dan berevolusi, memang kami berinovasi menciptakan media sebagai alat penyimpanan tapi sebuah disket diciptakan dan ditakdirkan sebagai disket, begitu juga CD dan DVD. di zamannya masing-masing dan berbeda.

loh bukannya kata seorang manusia yang bernama darwin kami ini diciptakan dari evolusi yang tadinya disket, berubah menjadi cd berevolusi menjadi dvd hingga akhirnya tercipta kami berdua kartu memori dan flash disk?

Tidak itu tidak benar

Sebuah Disket tidak akan pernah berubah menjadi sebuah flash disk atau kartu memori , tidak ada asal muasal kamu sudah diciptakan berbeda dan  tidak sama dari produk-produk kami sebelumnya dan flash disk pertma adalah kingston selain kingston tidak ada flashdisk selain dirinya.

kalian  diciptakan pertama kali tahun 2004 dan di perbanyak karena di produksi masal oleh manusia, sedangkan cd dan disket era 80 dan 90 sudah ada.

Makanya jenis kalian flashdisk dan memori bermacam-macam. dari merek mu saja sudah banyak yang berbeda-beda , tergantung produsen manusia mana yang memproduksi dirimu, mulai dari model, bahan, bentuk,ukuran, lampu, tidak berlampu, kapasitas penyimpanan dll.

Tapi kalian tetap sama yakni flashdisk dan kartu memori yang berfungsi sebagai tempat dimana manusia menyimpan data-data digitalnya

Tidak akan pernah sebuah disket berubah menjadi CD, Cd berubah menjadi DVD dan DVD berubah menjadi flashdisk dengan sendirinya. Karena produk itu semua masing-masing diciptakan berbeda dan oleh manusia yang berbeda pula, di zamannya

Tapi flash disk dan memori tetap kekeh kalau diri mereka  tercipta dari evolusi teknologi

Dan manusia itu berkata dan menasehati sang flash disk  lagi

sudah lah flashdisk kamu ditakdirkan hanya untuk menyimpan data dan sedikit mempelajari ilmu tetang pemikiran kami (manusia) agar kamu membantu kami.

Kamu tidak usah pikirkan evolusi dan revolusi karena kamu tidak akan pernah memahami ilmu yang seorang manusia pelajari. Kalian hanya dapat membaca , dan menyimpannya itu saja dan pada akhirnya jika kalian rusak kami akan membuangmu atau menghancurkanmua , pokoknya bagaimana keberuntungan kalian saja mendapatkan pemilik yang baik atau tidak menjaga kalian wahai flashdisk dan memory card

Asal muasal ide kalian memang dari disket- cd - dvd namun itu semua diciptakan masing-masing berbeda dan bukan dapat berubah dengan sendirinya. Bukti nyatanya adalah walau kalian booming

Tetap cd,dvd dan disket masih ada hingga saat ini dan mereka tidak akan pernah berubah. Yang ada adalah manusia menciptakan hal baru dari teknologi kalian yang sama. Yakni sama-sama bertugas melakukan penyimpanan data untuk membantu kemudahan manusia.


Maksud dan tujuan dari penulisan ini adalah :



Dalam kehidupan ini kita terkadang hanya terpaku pada penampilan luar yang menyejukan mata, sering kali kita iri dengan tetangga kita, teman kita, saudara kita karena barang kepunyaannya lebih bagus atau lebih banyak jumlahnya, 

padahal Tuhan telah memberikan manusia dengan rezeki yang dapat mencukupi kebutuhannya.tetapi Orang-orang lebih senang quantity yang banyak padahal manfaatnya sedikit.

Dan saya selalu ingin tahu awalnya apa hubungannya manusia purba, adam dan hawa sebagai manusia pertama, dan teori darwin yang menyatakan teori evolusi bahwa manusia pertama dari kera dan teori itu selalu ada di benak saya saat kecil. Dan Jika kita telaah kembali pada buku sejarah kelas 1 smp dan 1 sma ada yang namanya pelajaran yang membahas mengenai manusia purba

 lalu pertanyaan dibenak saya, 


apakah manusia purba itu manusia pertama? , Sedangkan adam dan hawalah sebagai manusia  pertama yang ada di bumi

Menurut pemikiran saya, manusia purba memang ada akan tetapi mungkin ia  adalah salah satu bagian dari kehidupan sebelum adanya jaman adam dan hawa

alasan saya menggunakan analogi teknologi layaknya flashdisk dan dan disket kedua benda tersebut sama-sama tempat menyimpan data, namun keduanya adalah hal yang berbeda baik dari sistem, bentuk serta bahan yang di gunakan dalam membuatan keduanya. Walaupun kedua benda tersebut sama-sama digunakan untuk menyimpan data pada komputer.

Jadi saya berfikir dan berpendapat bahwa,  walaupun manusia purba sama seperti dengan manusia, kera juga sama seperti dengan manusia, tetapi keduanya tidak bisa disamakan dengan manusia seperti kita. Karena zaman dan peradabannya pun berbeda. 

Manusia purba itu  tidak pernah menjadi manusia seperti kita, karena saya yakin Allah menciptakan manusia pertama adalah adam dan hawa sudah sempurna seperti kita sekarang bukan seperti manusia purba.

No comments:

Post a Comment