Wednesday, 15 August 2012

Pemborosan Anggaran HUT RI


17 agustus '45 yang ditetapkan sebagai hari proklamasi kemerdekaan RI

HUT kemerdekaan RI yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus, kayaknya sekarang di daerah tempat saya tinggal di bilangan Tebet sudah jarang yang merayakan hari kemerdekaan RI. Terakhir rame mungkin sekitar beberapa tahun silam sampai ada panggung gembira.

Kemerdekaan RI kayaknya boleh di rayaiin boleh enggak deh, karena sikon ekonomi Indonesia yang lagi seperti ini. Dan buat pemerintah seharusnya lebih bijak menggunakan anggaran untuk merayakan HUT RI yang jatuh setiap tanggal 17 agustus tersebut.

Di salah satu siaran berita yaitu di metro tv mengabarkan bahwa dana pemerintah untuk mengadakan upacara 17 agustusan tahun ini mencapai milyaran rupiah. Yakni menelan hingga 7,8 Milyar, untuk membongkarnya saja seperti tenda dan lain-lainnya itu, katanya mencapai 400 Juta rupiah.

what.............?

Untuk perayaan 1 hari itu.. Negara ini menghabiskan dana Milyaran? Hebat betul Indonesia kaya raya sekali ya....

Jika itu benar....!

Sepertinya miris sekali ya, kasihan sama orang-orang di daerah yang gak mampu untuk sekolah, fasilitas pendidikannya aja mereka masih sangat tidak layak. Kalau pemerintah mengalokasikan dana Milyaran tersebut hanya untuk upacara kemerdekaan RI kayaknya Lebay banget ya..? 

masa sih sampe ber M , M gitu biayanya.

Kalau dipikir-pikirkan ini kan bulan Puasa, pasti harusnya lebih irit karena gak mengeluarkan biaya snacks dan nasi box kan?  Dan untuk biaya seragam para pejabat, petugas, dan peserta lainnya.

Kayaknya mereka udah lebih mampu deh buat beli sendiri. Buat apa di biayaiin juga seragamnya. Emang gaji mereka gak cukup buat beli seragam ya? toh dipakenya juga cuma satu kali saat upacara aja.

lebih baik uang seragamnya buat beli seragam sekolah anak-anak di daerah. yang kurang mampu karena akan dipakainya long time

Tapi Ia sih upacara kemerdekaan, ceremonial penting karena mengingat hari penting yaitu perjuangan pahlawan bangsa yang membela kemerdekaan. Tapi kalau biaya upacara HUT RI sampai ber M M gitu , kalau saya jadi presiden boleh ada, boleh enggak deh lama-lama.

Karena menurut saya  sehari yang sia-sia  dan kurang manfaatnya jika mengeluarkan uang segitu banyak. HARUSNYA PEMERINTAH MALU....!

Buat pak presiden dan pemerintah beserta pejabatnya sekali lagi tolong lah lebih bijak dalam menganggarkan dana. Lagian buat apa sih upacara baris berbaris doang, orang-orang disana juga paling males denger pidatonya karena panasnya sinar matahari pagi hingga menjelang siang ditambah mereka sedang puasa. Ia kan? 

Gak usah jauh-jauh deh faktanya waktu saya SMA aja, kalau upacara anak-anaknya pada males karena proses upacara udah memakan waktu lama ditambah lagi pidato kepseknya 1 jam. jadi berdiri di lapangan 2 jam. Ia kan..pada males??? karena capek, panas.. dan pegel lagi.

Notes:
Artikel ini dibuat bukan untuk tidak suka atau tidak cinta Tanah Air ya, atau tidak setuju dengan HUT 17 Agustus dengan mengadakan upacara bendera. Tapi Pemborosan dananya yang saya tidak setuju!


No comments:

Post a Comment