Monday, 18 June 2012

Spirit Jepang

Judul : Spirit Jepang
Penyusun: Taufik Adi Susilo
Penerbit : Garasi
Tebal : 193 hal (203 include daftar isi indeks)
Cetakan : 1 Maret 2009







Buku ini merupakan buku non fiksi. Didalamnya dibahas mengenai spirit orang jepang. Mulai dari kebiasaan, budaya kerja, kedisiplinan dan hal-hal yang membuat orang-orang jepang itu mengapa bisa menjadi sukses dan bangkit setelah mengalami kehancuran. Dan hal-hal yang membuat orang jepang itu mengapa, bisa menjadi negara maju seperti sekarang ini.

Apa saja 30 kunci spirit orang jepang itu ? berikut terangkum Kunci-kunci spirit itu terangkum dalam 30 bab kunci diantaranya :

1. Keajaiban Jepang
Dalam bab ini menerangkan tentang ke ajaiban yang dimiliki bangsa jepang yaitu walaupun Jepang merupakan negara yang minim akan sumber daya alam namun namun orang jepang mempunyai banyak keunggulan di bidang lain seperti kebudayaan, pemerintahan, bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Faktor utama yang mempengaruhi hal tersebut terletak pada budaya kerja, sistem etika, pengelolaan yang baik, kreativitas dan semangat juang tinggi tanpa mengenal arti kekalahan. Jepang adalah sebuah contoh negara yang mampu meraih kembali harga diri dan kehormatannya dengan kerja keras, konsentrasi, dan kepercayaan diri yang kuat.

2. Adaptasi Budaya Luar
Jepang berhasil memadukan kearifan lokal dan nilai-nilai global sehingga menjadi kesatuan dahsyat dalam persaingan internasional. Misalnya dalam bidang industri , pemintalan Tomioka yang didirikan 1873 dengan mengadopsi teknik pemintalan dari prancis.

3. Restorasi Meiji
Restorasi Meiji terjadi pada 1866 sampai 1869 restorasi meiji juga dikenal dengan sebutan Meiji Ishin, revolusi atau pembaharuan. Hal terpenting dari restorasi meiji adalah pembaharuan di bidang pendidikan, yaitu mengubah sistem pendidikan tradisional menjadi modern (saat itu dimulai mengadopsi sistem jerman), Program wajib belajar, dan meningkatkan anggaran sektor pendidikan secara drastis.

4. Ilham dari sang komandor
pada bab ini menceritan bahwa sejak abad 17-19 jepang menutup diri dengan menegaskan "politik isolasi" sehingga terjadi beberapa gejolak yang terjadi di Jepang. Dibalik semua gejolak itu dalam sikap pemerintahan tradisional jepang adalah benih bagi moderinisasi dan kemajuan negeri tersebut.

5. Bushindo
Bushindo yang berarti prajurit atau kesatria, Bushindo mempunyai kode etik yaitu :
  1. Gi atau pengambilan keputusan berdasarkan kebenaran. meskipun mati dengan keputusan itu, matilah dengan gagah karena kematian itu terhormat
  2. Yu atau berani dan ksstaria
  3. jin atau murah hati dan bertindak benar
  4. re santun dan bertindak benar
  5. makoto atau bersikap tulus tanpa pamrih
  6. meiyo atau menjaga kehormatan, martabat dan kemuliaan
  7. Chugo atau mengabdi dengan loyal
Bushindo menjadi asas moral yang harus dihayati kalangan ksatria. Bushindo juga menjadi pengganti pelajaran agama dan pedoman moral serta etika bangsa Jepang. Tak heran jika nilai-nilai bushindo sangat terpatri dalam jiwa bangsa Jepang hingga saat ini.

6. Keberanian Samurai
Salah satu implementasi dari budaya jepang adalah semangat samurai yang mengandung nilai etos kerja yang tinggi, jujur, dan ulet. nilai-nilai tersebut telah menyatu dan menjadi karakteristik orang jepang. Nilai-nilai semangat samurai akan memicu mereka untuk giat bekerja dan memperoleh hasil yang memuaskan. Hasil itulah yang membawa bangsa jepang menuju ke tingkat yang lebih tinggi lagi dan lebih maju dari bangsa-bangsa lainnya.

7. Kaizen
Salah satu rahasia sukses terbesar bangsa Jepang adalah kaizen dan hansei. Kaizen adalah penyempurnaan tiada henti sedangkan hansei perbaikan tiada henti. Kedua kunci penting ini merupakan filosofi hidup bangsa jepang yang telah mengakar dan menjadi sokoguru bangkitnya perekonomian Jepang.

8. Budaya Kerja
Bagi orang jepang bekerja adalah untuk kesenangan, bukan sekedar untuk mendapatkan gaji, dalam hal ini tentu saja bukan berarti orang jepang bekerja tanpa gaji atau gaji rendah. Bagi mereka bekerja itu seperti bermain bersama kawan dekat.Biasanya bekerja dilakukan dalams atu tim. Jika seorang ingin berhasil dalam permainan dan menaikan kemampuan diri sendiri, maka dia  dan kawan-kawannya harus saling mempercayai. Orang jepang sudah terbiasa bekerja 14-18 jam sehari.

9. Kerja Keras
Budaya kerja keras di Jepang juga terbukti dengan adanya penerapan mutu dan kualitas kerja berupa TQC (Total Quality Control), TQM (Total Quality Management), Quality Assurance, Value Added Management, dan work Improvement team yang merupakan bagian dari budaya kerja dalam organisasi pemerintah maupun swasta.

10. Semangat Belajar
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa Jepang. Sudah sejak lama Jepang menekankan pentingnya semangat belajar bagi masyarakatnya. Bagi mereka membaca bukanlah kegiatan yang dipaksakan melainkan kebutuhan.

11. Disiplin
Kedisiplinan bangsa jepang juga terlihat dalam budaya antre, mentaati peraturan lalu lintas, perturan perusahaan, sekolah dan peraturan lainnya. contoh lain dalam hal-hal sepele adalah dalam membuang sampah.

12. Loyalitas
Bangsa jepang tidak menganggap tempat kerja hanya sekedar tempat mencari makan, tetapi juga menganggapnya sebagai bagian dari keluarga dan kehidupannya. Kesetian mereka pada perusahaan melebihi kesetiaannya pada keluarga mereka. mereka selalu berusaha memberikan kinerja terbaik pada perusahaan tempat mereka bekerja.

13. Cerdik Meniru
Peniruan yang dilakukan Jepang tidak dilakukan secara bulat-bulat, tetapi dengan menyaring untuk mendapatkan hasil yang baik. Jepang sukses karena mereka tidak mengambil semua pengaruh barat. Mereka menyaring dan membuang hal-hal yang tidak berguna dan tidak berharga.

14. Rasa Malu
Bangsa Jepang adalah bangsa yang memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi, disertai rasa malu yang tinggi, khususnya jika melakukan kesalahan atau tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik. Rasa malu terhadap lingkungannya apabila melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.

15. Inovasi
Jepang bukan bangsa penemu, tetapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang lain dan kemudian memasarkannyadalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Contohnya teknik perakitan mobil patennya dimiliki oleh AS akan tetapi ternyata jepang dengan inovasinya dapat mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.

16. Kebersamaan
Bangsa Jepang sangat mementingkan semangat kebersamaan dalam melakukan pekerjaan. Setiap organisasi atau perusahaan di Jepang menempatkan para pengelola dan pekerja dalam tingkatan yang sama dalam pengambilan keputusan. Jadi sangat wajar jika di Jepang jarang terjadi demonstrasi dan aksi mogok kerja para pekerja karena setiap aspirasi mereka selalu di tamping serta dihargai oleh pengelola maupun pemilik perusahaan.

17. Pantang menyerah
sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah

18. Hemat
Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumtif ini tampak dalam berbagai bidang kehidupan.

19. Menjaga Tradisi
Salah satu keistimewaan bangsa Jepang adalah kuatnya menjaga tradisi. Kemajuan di bidang teknologi dan informasi tidak mengubah sedikit pun cara hidup rakyatnya. Meskipun dikenal sebagai salah satu negara paling maju di dunia, rakyatnya masih berpegang teguh pada tradisi. Nilai-nilai tradisional masih dapat dilihat dari sikap, cara berpikir, bekerja, berpakaian, berbahasa, dan jenis makanan mereka. Dimana saja mereka berada bangsa Jepang selalu mempertahankan identitas dan jati diri mereka, termasuk keengganan mereka dalam menggunakan bahasa inggris.

20. Peranan Perempuan
Perempuan Jepang membantu kemajuan ekonomi bangsa dengan dua cara, yaitu melalui proses akademis dan sosialisasi.

21. Ciri Khas Produk Dagang
Berikut adalah sepuluh kekayaan Jepang yang berlangsung dalam kehidupan sehari-hari mereka : Industri, Arsitektur, Merek terkenal, Musik, Robot, KomikVideo game,barang baru,erotisme, pertunjukan game.

22. Manajemen Perusahaan
Perusahaan di jepang memiliki management yang bagus contohnya perusahaan mobil Toyota. Dan kunci sukses Toyota adalah mengembangkan dan merawat talenta-talenta yang ada dalam sebuah atmosfer kerja yang menghargai proses belajar mengajar.

23. Rapih dan Bersih
Orang Jepang meletrakan alas kaki dengan tangan, bukan dengan kaki ataupun dilempar begitu saja. Mereka menyadari bahwa ruang (space) yang mereka miliki tidak luas sehingga semuanya harus rapih dan tertata.

24. Gesit 
Kantor-kantor pemerintahan di Jepang tidak pernah berhenti. Tidak ada orang yang diam termangu, apalagi membaca koran. Seluruh karyawan bergerak dari mulai bel mulai kerja hingga larut malam.

25. Jujur 
Mereka mengerti betul bahwa kejujuran adalah pra utama keberhasilan dalam berdagang.

26. Efisien 
Disebuah dusun dekat Tokyo, kita bisa melihat mobil yang dirakit oleh robot, yang mematri 160 kali setiap detiknya.

27. Cara Berbisnis 
Kepercayaan adalah modal utama bisnis Jepang. Berurusan bisnis dengan orang Jepang tidak semudah berurusan bisnis dengan orang Cina. Setiap perkataan yang diucapkan orang Jepang memiliki banyak pengertian. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang pertama kali memulai bisnis dengan orang Jepang merasa kecewa dengan perundingan yang dilakukan.

28. Patriotik 
Sikap patriotisme bangsa Jepang juga menjadi salah satu faktor yang membantu keberhasilan ekonomi negaranya. Bangsa Jepang bangga dengan produk buatan negeri sendiri.

29. Pemasaran Taktis
Jika marketing perusahaan Barat berorientasi pada profit, maka perusahaan di Jepang berorientasi pada market share. Kedua faktor ini digunakan untuk menerangkan karakter sistem finansial Jepang dan kebutuhan mereka dalam mengembangkan keamanan bekerja (employment security) dalam jangka waktu panjang.

30. Sederhana
Soichiro Honda adalah pendiri Honda Motor. Ia juga mengenakan seragam karyawan biasa di perusahaan, kemeja dan topi putih. Dia lebih suka bekerja di bengkel sekalipun tersedia ruangan di setiap perusahaannya. Suichiro tidak memiliki harta pribadi ia tinggal dalam sebuah rumah sederhana.

Itulah ke 30 bab kunci sukses yang ada di dalam buku Spirit Jepang yang disusun Taufik Adi Susilo. Semoga ulasan buku yang saya rangkum ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca, dan bagi yang belum membaca bisa membeli buku ini di toko-toko buku, atau yang malas membaca dan yang tidak menemukan buku ini silahkan saja cukup dengan membaca tulisan ini yang saya rangkum ini hehehehe ^_^

Komentar mengenai buku Spirit Jepang:
Buku ini menurut saya sangat ringkas dan praktis ke 30 bab yang di jabarkan dalam buku ini sangat rangkum  dan banyak memberikan gambaran tentang gaya hidup orang Jepang dan semangat yang mereka terapkan baik di kehidupan sehari-hari, lingkungan kerja, sekolah, rumah tangga dan lain-lain.

Negara Jepang adalah salah satu maju yang menjadi contoh bangsa Asia lainnya dimana Negara Jepang dapat bangkit dari keterpurukan semenjak bom hiroshima nagasaki. Dengan semangat dan disiplin yang tinggi serta kreatif dan inovatif bangsa Jepang dapat menciptakan sesuatu bagi hal layak orang seperti mobil danmotor Jepang yang banyak di gunakan masyarakat di Indonesia. Karena selain harganya yang lebih murah dibanding mobil Eropa juga kualitas dan after salesnya sangat baik dan memuaskan. 

15 comments:

  1. wahh bangsa jepang emang hebat, gue sih punya idola tersendiri khususnya orang jepang yaitu yang ngediriin HONDA. semua yang ada di atas ada sama si mr.Honda

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia keren banget suichiro honda, pernah dulu wkt pelajaran management di kampus diceritaiin sama dosen gimana asal muasal perusahaan tsb dan management perusahaannya.

      Delete
  2. Aku ingat dulu pas SMA, salah satu guru Sejarah menjelaskan tentang peristiwa pengeboman Hiroshima-Nagasaki di Jepang yang dilakukan Sekutu. Pemerintah Jepang memerintahkan untuk secepatnya menemukan berapa banyak guru yang menjadi korban. Itulah bukti betapa Jepang memuliakan para pendidiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woww..klo indonesia mana mugkin nyari guru2 nya ya...udah bisa ketemu yang meinggal nya aja udah bagus klo lg bencana

      Delete
  3. Jepang memang keren sob, walaupun negara mereka sudah menjadi negara maju. Tapi, tradisi dan adat istiadat dari leluhur mereka masih melekat hingga sekarang. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, gak melupakan ya! dan gk malu dia..jepang itu berusaha menjepangkan seluruh dunia bukan jepang yang mengikuti tradisi dunia..

      Delete
  4. yup itulah kenapa Jepang bisa menjadi negara maju, karena budaya disiplinnya dan tentu karena mereka masih memegang teguh adat istiadatnya yang sepertinya di negara lain sudah mulai luntur

    ReplyDelete
  5. Jepang memang keren. Semoga kita bisa mencontoh mereka yang sudah sukses menjadi negara maju, bukan lagi berkembang. :)

    BTW, ini resensi buku ya? Awalnya bagus. Di tengah tengahnya ada kalimat yang seharusnya satu kata menjadi dua kata dan penggunaan tanda baca yang kurang pas juga di sini. Endingnya, seharusnya tulisan ini memberikan sebuah pandangan objektif untuk pembaca. Plus, memberikan sisi negatif dan positifnya agar pembaca lebih tahu dan mengerti secara baik buku ini. :)

    Tetap semangat terus menulisnya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya., makasih sarannya !
      sisi negatif gak ada sih, :) saya orangnya positif terus

      Delete
  6. aku kurang tertarik ama buku non fiksi. tapi klo bukunya kayak di atas tertarik juga buat baca. pinjem dong fir...

    yang aku salut sama jepang itu kerja keras mereka. kayak nggak pernah berenti kerja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak tertarik dengan buku non fiksi? buku pelajaran bukannya non fiksi semua ya..

      Delete
  7. agak berbanding terbalik sama Indonesia ya

    ReplyDelete
  8. keren orang jepang! semoga orang Indonesia (gue), bisa juga! pasti biisyaaa!!

    ReplyDelete