Sunday, 25 March 2012

Manusia mahluk yang sempurna

Ketika kita tertidur sebenarnya kemana kah ruh kita? kadang saya berfikir kalau ruh itu bisa melayang-layang pergi ketempat-tempat yang jauh dan tidak dibatasi dimensi ruang dan waktu. Ruh menurut saya mungkin dapat berjalan ke masa lalu, masa depan makanya orang sering mengalami yang namanya de javu.

Otak manusia juga tidak bisa membedakan kenyataan dan khayalan kadang keduanya sama sama singkron dengan apa yang dipikirkan. Mungkin anda masih belum paham dengan apa yang saya maksud atau bingung ? begini misalkan anda menonton film horor pasti anda merasa takut, jika anda menonton film action adrenalin anda terpicu dengan tegangnya adegan yang dibawakan si artis di film tersebut, begitu juga dengan film drama dapat membuat orang menjadi sedih dan terharu.

Padahal kita semua tahu kalau film itu adalah tidak nyata, hanya gambar yang direkam, adegan yang dibuat tapi otak kita menerima itu seperti  kenyataan dan benar-benar seperti merasakan. Begitu juga dengan mimpi, mimpi dapat membuat otak kita merasakan adrenalin-adrenalin di dalam mimpi kita. Baru setelah kita kaget dan terbangun berkata "Ohhh untung hanya mimpi"

Kadang saya selalu berfikir sebenarnya saya sekarang ini berada di alam nyata, atau mimpi? atau kehidupan yang saya jalankan sekarang ini hanya mimpi? Waktu masih kecil saya sering berfikir kalau waktu dulu saya kecil itu sebenarnya saya sedang mengulang masa lalu saya. Dan saya ingin sekali cepat dewasa ke bangku sma kuliah dan kerja. Setelah dewasa saya ingin sekali kembali ke masa lalu dan waktu masih kecil saya ingin sekali kemasa depan.

Mesin waktu yang ada di Doraemon terkadang saya berfantasi kesana. Andai punya mesin waktu kita bisa pergi kemasa kapan saja tanpa batasan ruang dan waktu. Pergi ke alam mimpi dan berpetualang disana. Kalau dipikir-pikir mana mungkin sih ada mesin waktu? tapi bisa jadi mesin waktu itu memang ada. Buktinya dulu film doraemon punya layar monitor datar yang slim bisa berhubungan face to face saling berbicara dari jarak jauh. Sekarang hal itu bisa dilakukan menggunakan Skype.

Berarti menurut saya mungkin mesin waktu akan ada , kan katanya semua itu berawal dari mimpi, khayalan dan manusia itu cerdas dapat melakukan apa saja, membuat sesuatu yang canggih dan modern. Buktinya pernah ada pyramid, atlantis, dan lain sebagainya

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita yakin dan percaya hal itu bisa-bisa terjadi kan? seperti alexander graham bell, thomas alpha edison, si penemu pesawat terbang wright bersaudara. Ya mungkin bisa saja suatu saat manusia membuat mesin waktu.

Atau jangan-jangan ufo adalah mesin waktunya manusia di abad modern, ia memantau dunia ini dengan pesawatnya. Atau ia mahluk luar angkasa barangkali? yang sedang melakukan penelitian. dan bisa menembus batas ruang dan waktu.

Tak tahu mengapa saya suka memikirkan hal-hal yang tidak dipikirkan orang. Bukan berkhayal tapi selalu kritis kenapa ya bisa begini? kenapa ya bisa begitu? kadang saya menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti itu kepada diri saya sendiri dan berusaha memikirkannya.

Manusia itu adalah makhluk yang sempurna, kehidupan ada di bumi. Selain di bumi apakah ada kehidupan, ada mahluk lain? selain jin dan manusia? Alien, monster barang kali? Tapi planet dan bintang-bintang mereka juga mahluk Tuhan. Mereka diciptakan pasti ada sesuatu yang bermanfaat.

Langit terdiri dari tujuh lapis, tujuh tingkatan. Ilmu manusia biasa belum bisa menembus lapisan ke dua dari langit. Apa lagi langit ketujuh kecuali nabi Muhammad pernah dibawa oleh Allah dengan buroq ke langit ke tujuh. Ia pernah melihat surga dan neraka ada fenomena disana yang beliau lihat umat manusia yang disiska neraka. Secara logika dunia ini kan belum hancur, belum kiamat tapi kok nabi Muhammad sudah melihat itu semua? atau jangan-jangan buroq yang dikendarai itu adalah mesin waktu atau sejenisnya? kendaraan yang menembus batas ruang dan waktu.

Apabila nabi sudah melihat umat manusia yang disiksa neraka? berarti sebenarnya dunia itu sudah habis, kiamat sudah terjadi dan  kita yang sekarang berarti??  Ya Wallahu alam. Dari bumi ke langit ketujuh menembus berapa milyar tahun cahaya waktunya? karena itu mungkin itu kendaraan yang bisa menembus ruang dan waktu. Mungkin akhir dunia (kiamat) sudah terjadi ketika Nabi kelangit ketujuh sisa waktu di dunia sudah habis namun karena buroq kendaraan yang bisa menembus ruang dan waktu makanya bisa ditembus.

Menurut saya kehidupan di dunia ini ibarat film DVD. Allah swt sudah mensekenariokan dan memutar kita seperti apa? dan berakhir bagaimana? Kita hanya tinggal memainkan pilihan-pilihan yang diberikan. Dan Allah sudah tahu akhir dari segalanya.

 Karena ia lah zat yang maha berkuasa atas apapun yang ia perintahkan. Dunia itu hanya setitik pasir jika dibanding tata surya planet dan bintang-bintang lain. Apalagi manusia? manusia tidak bisa menembusnya karena kodrat yang sudah diberikannya. Hanya Allah yang maha mengetahui. Karena tinta dilautan sekalipun tidak bisa menulis ilmu Allah.

Manusia menurutku adalah mahluk yang tidak diberi batasan karena Allah menciptakan manusia itu memiliki sifat kreatif, Allah menciptakan manusia untuk berfikir dan Allah memberikan ilmunya  serta menuntun mengajarkan manusia melalui perantara kalam. Hanya orang orang yang mau iqra (membaca) yang akan diberikan ilmu olehnya.

Yang membatasi manusia sebenarnya adalah dirinya sendiri untuk tidak melakukan sesuatu yang baik. Manusia hanya bisa berbuat kerusakan di bumi. Manusia tidak menjalankan perintahnya serta tidak menjauhi sesuatu yang dilarangannya.

Aku yakin apabila kita benar-benar belajar, iqra (membaca), menjalankan perintah serta menjauhi larangannya. Pasti Allah akan memberikan ilmunya untuk kita. Allah tidak akan mengecewakan orang-orang yang mau berusaha, orang-orang yang taat kepadanya. Orang-orang yang yakin dan percaya kepadanya.

Karena tidak ada yang mustahil di dunia ini semua atas izin Allah. Dan bagi Allah tak ada yang tak mungkin jika kita yakin dan percaya. Karena kita diciptakan sebagai manusia, mahluk yang sempurna diantara semua mahluk yang diciptakan olehnya

Namun tetap kesempurnaan itu hanya milik Allah. Dialah maha segalanya..


Dan pada saatnya tiba kita manusia akan kembali kesisi Tuhannya yang maha pengasih lagi maha penyayang.

.:amin:.

No comments:

Post a Comment