Monday, 15 August 2011

interview ke 26 user oktagon dan urus ktp

Hari  ini hari ke empat training. di citibank. Kenapa yah agak ragu disana. Permasalahannya adalah sebenernya bukan pada citibank atau kerjaannya. Setelah di training macam-macam kartu  kredit saya cukup ngerti sistem dari kartu kredit eazy pay, 1 bill, produk-produknya lumayan ada gambaran sih. 

hari ini sebenernya mencuri waktu karena penasaran sama interview di Oktagon kedua saya harus mengurus sesuatu yang sangat penting yaitu mengurus KTP yang hilang karena prosesnya itu sekarang sangat ribet tidak bisa diwakilkan dan langsung foto scan finger sidik jari di tempat.

Pada awalnya karena saya mengharapkan pekerjaan dimana pekerjaan itu pekerjaan yang saya sukai begitu juga dengan produk barang atau jasa dari sebuah perusahaan tersebut.

dan menjadi web admin pekerjaan yang saya yakin saya bisa apa lagi berhubungan dengan promo di facebook dan twitter. Sama kayak waktu interview di Bafardi yang perusahaan tersebut juga membutuhkan web admin sales online.  Tapi Bafardi juga kayaknya udah dua minggu lewat belum mengabarkan. Tapi belum tentu juga sih buktinya OKTAGON ngabarin ke saya juga lama sekitar 4 minggu alias 1 bulan.

Mereka Perusahaan baru tapi sedang berkembang dan membutuhkan web admin sales admin intinya nge promoin perusahaan tersebut serta menjadi web admin yang tujuannya meningkatkan promosi dan menaikan penjualan. Persis banget sama yang saya buat waktu skripsi yaitu Pengaruh Promosi pada penjualan dan intinya saya cukup ngertilah sama promosi. Ditambah pengalaman saya nge blog sudah membuat rating-rating di google apabila di search dengan keyword-keyword tertentu akan muncul dari tulisan yang ada di blog saya. (intinya sekarang itu marketing yang terselubung)

 Dan alasan yang membuat saya tidak suka bekerja di bank Karena saya adalah tipe orang yang senang dengan dunia online, dunia tulis menulis, membuat sesuatu yang kreatif, membuat sesuatu yang berkembang buat diri sendiri dan bermanfaat untuk orang lain  mulai dari design, edit foto, ngasih informasi, tips, dan lain-lain tak jarang juga nyampah di blog, twitter dan facebook.

Yang membuat saya senang dengan Oktagon adalah produk knowlagde nya itu camera SLR sesuatu yang membuat saya sangat tertarik buat mempelajari itu, jenis-jenis kamera, lensa (pokoknya kayak waktu kuliah design grafis pas mata kuliah Photography) hal itu sesutau yang sangat saya sukai.

Oh ia  kalau di Bafardi itu produknya berhubungan dengan fashion, sepatu dan brand-brand kayak oakley dan nike.  Jadi intinya sesuatu yang saya kerjakan nantinya sesuatu yang produknya saya sukai. Ditambah mereka perusahaan berkembang, dan gak pakai outsorsing!

coba kalau dibandingin dengan produk perbankan. Saya saja yang pernah dapat mata kuliah money and banking dengan nilai A rasanya udah gak mau lagi nyentuh-nyentuh sesuatu yang nge jelimet tersebut dengan sistem dan peraturan perbankan yang ribet, ditambah hitungan-hitungan yang  musingin..!

Kayaknya hidup gak indah banget saat saya melihat kakak saya yang perempuan bekerja di Bank. Waktu itu masa  masa 3 bulan di Bank adalah masa-masa dia gak betah tapi saya suport dan kasih semangat akhirnya dia sampai 1 tahun kerja di Bank sampai akhirnya pindah. Bank organisasi yang terlalu kaku kata  Dosen saya  yang juga bekerja di bank bertahun-tahun. 

Karena saya orang yang bukan suka dengan hitungan, saya lebih suka ke seni, atau membuat sesuatu yang kreatif. Kalau saya bekerja di Bank saya hanya harus mengikuti aturan main dan sistem yang sudah ada dengan under pressure dan target yang sangat tinggi. Kita Bukan lagi membuat sesuatu yang baru, dengan ide-ide yang kreatif  yang membuat kita berkembang dan bermanfaat baik bagi perusahaan tetapi juga diri kita sendiri dan juga bermanfaat buat khal layak banyak orang.

Sesampainya di Oktagon jam 9.30 pagi perjalanan pagi itu sangat lancar dengan busway yang kosong. Sampai di pintu masuk saya bertemu dengan Si mba resepsionis Oktagon yang giginya berbehel dengan matanya yang tajam karena efek kontak lens yang dipakainya. Sayapun mengisi foam hadir. Saat disuruh isi formulir lamaran kerja sayapun bilang kalau ini adalah panggilan saya yang kedua. Saya juga sudah pernah psikotes disini mbak dan saya diinfokan untuk bertemu dengan bapak Zulfikar. si Mbak resepsionis itu berkata dengan bapak Zulfikar atau dengan bapak Tri? 

Akhirnya saya pun disuruh naik ke lantai 3 tempat yang 1 bulan lalu saya psikotes. Setelah masuk ruangan psikotes banyak orang yang melamar disana samping saya ada yang melamar sebagai satpam dan lucunya saat dia isi formulir dia gak ngerti dan bertanya kepada saya. Yah sebenernya gak papa juga sih karena dari pada salah lebih baik tanya. tapi masa ia yah nanya semua padahal isinya cuma sekitar biodata pribadi dan riwayat dia sendiri dia gak tahu (-_-") 

Yang kedua saya ngobrol dengan mba-mba dibelakang saya yang juga melamar web admin dia tanya berapa lama waktu tesnya kemarin lama gak? Yah lumayan sih mbak saya waktu itu sampai siang ada mungkin 2 jam waktunya dan kebetulan waktu itu yang datang melamar sedikit saya datang pertama dan interviewnya juga pertama jadinya cepet. Dan mba itu agak bingung karena dia juga sedang mencuri jam waktu dari pekerjaannya di Ancol sebagai Finance. Berarti yang mencuri waktu banyak juga yah...Hidup sungguh perjuangan! demi mendapatkan sesuatu yang kita ingini. Tak lama saya dipanggil untuk interview dan disuruh tunggu diruangan sebelah yang satunya.


Saat interview oleh usernya yang bernama pak Zulfikar sebenarnya sih menurut saya  gak pantas di panggil bapak karena orangnya juga masih muda kok belum bapak bapak. Interview siang itu juga berjalan dengan lancar-lancar saja sih karena ini juga interview saya yang ke 26 jadi saya sudah gak kaku lagi apalagi si penginterview terlihat orangnya santai, enak, friendly jadi kesannya gak tegang. Malah saya balik tanya dulu dia kuliahnya apa? ternyata dia kuliahnya akuntansi nyasarnya ke SEO, Admin Web, dan hal-hal yang sama sama kami senangi yaitu KOMPUTER. Ternyata banyak orang yang kuliahnya dengan jurusan yang ngejelimet gitu tapi kerjaannya gak mau lagi dibidang yang dipelajarinya tersebut. Sebenernya bukan gak suka pada intinya Pusing sama akuntansi karena saya juga pernah dapat mata kuliah itu bahkan pelajaran itu waktu  di SMA. Gak balance-balance nyarinya Pusing....! Jadi buat apa mengerjakan lagi sesuatu yang kita tidak senangi. Cukup Deh..^_^

Sepulangnya dari Interview saya sampai di Kelurahan Tebet Barat untuk mengurus KTP saya yang hilang saat waktu melamar kerja. sekarang sistemnya sudah diganti dengan e-KTP. Jika kita kehilangan KTP kita harus membuat surat RT RW bahkan Kekepolisian (prosesnya ribet sekarang) dan sekarang juga tidak bisa diwakilkan jadi kita harus datang sendiri. Foto ditempat, scan ke kesepuluh jari-jari kita dengan alat scan finger. Saat mengantri saya pun menghubungi mbak Sherina citibank dan Mba Tia Inaben. Akhirnya setelah urusan di kelurahan selesai saya ditelepon dan menelepon mba Tia kalau ia sudah menghubungi pihak sana dan saya dapat mengikuti jam ke kelas siang sehabis istirahat pada pukul 1. Waktu mennujukan pukul 12 siang itu cuaca sangat terik ditambah saya sedang berpuasa dan tidak sahur (karena memang tidak pernah sahur dari minggu kemarin) Akhirnya saya menyetop taksi yang lewat dan bergegas menuju menara jamsostek memakan waktu 15 menit. Sesampainya dilantai 6 pukul 12.20 saya mengisi absen di satpam, anak-anak juga sedang istirahat. Saya pun turun kebawah untuk shola saat lift terbuka banyak yang negor dengan menanyakan pertanyaan pertanyaan. Baru dateng ya? kemana aja? ^_^  akhirnya siang itu saya menjelaskan kepada teman-teman yang banyak menayakan hal yang sama.

Oh ia disela-sela habis sholat saya juga mendapatkan telepon? tau telepon itu dari siapa? saya juga gak tahu nomornya saya gak kenal. tapi kepencet load speaker lagi dan akhirnya ke putus karena kepencet akhiri panggilan wkkk :) buru-buru dong saya telepon lagi walau agak susah karena no. yang dituju sedang sibuk tapi akhirnya nyambung juga. Ini siapa maaf pak? saya riza. ada apa ya??

Ternyata yang menelepon saya adalah ANTV :) seinget saya saya memang pernah kirim CV kesana melalui email untuk posisi Creative. Dan saya pun juga akan diundang Psikotes dimana hari itu bukan hari Training untungnya jadi saya gak perlu mencuri waktu dan kanto ANTVnya juga bertempat gak jauh dari kantor tempat ayah saya bekerja disebuah perusahaan minyak yang juga di area Kantor Bakrie di Rasuna Epicentrum. Saya jadi ketawa sendiri  ALhamdulillah yah *ngomongnya syahrini banget. Pokoknya saya harus dateng! harus interview lagi selama di citibank juga belum tentu lulus trainingnya. kalau lulus juga saya sepertinya bakal-bakalan gak bertahan lama. Sekarang yang training aja sudah ada yang keluar kok 2 orang si Lidia kerja di PLN bandung dan yang si cowok penerjemah bahasa inggris juga hari kedua udah gak ada kayaknya dapat kerjaan baru juga. Saya juga kayaknya bisa gak lulus nih trainingnya karena gak hafal nomor kartu kredit dan hal-hal yang terlalu teknis lainnya produknya banyak dan pusiingggg....! Maklum aja gak pernah ngutang selama hidup apa lagi pakai kartu kredit. Prinsip saya ada uang ada barang. gak punya uang yah gak belanja gitu aja sih! jadi gak mau apalagi harus ngutang-ngutang! sampai nyicil-nyicil  please deh..!




_bersemangat_
15.08.2011 pukul 22:11

No comments:

Post a Comment