Saturday, 2 July 2011

Total Speaking oleh Prabu Revolusi

sumber foto: akademiberbagi.org
Pada hari kamis (30/06/2011) saya mengikuti akademi berbagi setelah pulang dari Sekolah Pasar Modal kelas Intermediate dan akademi berbagi kali ini bertempat di kantor Amway Indonesia yang terletak di Wisma BNI 46 Dan untuk temanya kali ini adalah Total Speaking yang dibawakan oleh pembawa acara berita di Metro Tv  Prabu Revolusi.

Public Speaking sekarang ini bukanlah lagi hanya sekedar kemampuan berbicara dengan orang banyak akan tetapi public speaking  merupakan seni kemampuan mempengaruhi orang lain. Public speaking juga tidak hanya bahasa verbal tetapi non verbal  seperti mimik, sorot mata, ekspresi dan gestures

Apabila saat kita berbicara di depan umum banyak orang terjadi ketegangan berarti kita harus menggali kemampuan kita kembali sehingga agar tidak ada lagi ruang diantara kita dan orang lain saat berbicara menjadi terasa dekat. 

Prabu Revolusi juga memutarkan cuplikan pidato presiden kita bapak SBY saat beliau marah pada rapat bupati :

Semua yang hadir saat itu tertawa karena melihat peserta yang rapat saat pidato presiden malah tertidur dan bapak sby marah-marah menunjuk-nunjuk pejabat yang tertidur tersebut.

 Jadi siapakah yang harus disalahkan dalam kasus ini sebenarnya?
Menurut saya seharusnya bapak SBY harus mengkoreksi dirinya terlebih dahulu sebelum menyalahkan peserta rapatnya. Mengapa acara sepenting itu yang ia bawakan dan orasikan isinya menjadi tidak menarik bagi para pejabat?
ekspresi bapak SBY saat berpidato saat-saat ini  selalu memasang mimik dan raut wajahnya yang sedih dan prihatin. Seharusnya pada saat berpidato ia harus out of the box dari masalah yang dipikirkannya sehingga penyampaiaan kepada audiance menjadi tidak lebih kaku dan membosankan.

Total Speaking berhubungan dengan karakter seseorang misalnya pembawa acara bola yang hobi dengan olahraga namun ia tidak memiliki ketertarikan dengan politik mungkin jika ia membawakan acara politik tidak akan menjadi maksimal. Oleh sebab itu jika kita ingin membicarakan sesuatu kepada orang banyak apalagi ingin menjadi public speaking bicarakanlah hal-hal yang dimana kita mempunyai ketertarikan  dan pation dibidang tersebut agar hasilnya menjadi maksimal.

 Ketulusan harus dimiliki tidak dibuat-buat dalam total speaking serta menjadi diri sendiri merupakan cara yang paling baik untuk menjadi pembicara yang handal. 

Lakukan banyak perubahan karena perubahan itu pasti dan dalam public speaking juga demikian Prabu Revolusi memberikan contoh yaitu perubahan cara penyampaian berita gaya baru.  Di Metro tv membawakan berita  tidak lagi membaca naskah tetapi hanya membaca pointers-pointersnya bahkan saat acara 811 ia baru mengetahui berita yang akan disampaikan 5 menit sebelum on-air. Sehingga penyampaiaan berita dan acara saat ini  tidak kaku. Lebih alami dan lebih human. 

Tips dari Prabu Revolusi agar menjadi pembicara/ public speaking yang baik :
  • berbicaralah dengan menggunakan gastures karena gestures menentukan penilaian yang diberikan oleh pendengar kepada pembicara
  • berlatih berbicara di depan cermin
  • elemen tubuh dibuat relax saat berbicara
  • berbicara apapun gerak tubuhnya harus disesuaikan
  • membaca berita dengan suara keras dapat melatih artikulasi kita menjadi lebih baik.

Gestures + research + practicing = good public speaking

7 comments:

  1. Kalo gak salah dulu guru bahasa indonesia saya di SMA juga pernah ngajarin gini deh .
    kalo buat saya pribadi mungkin harus percaya diri dulu sebelum jadi public speaking ^^

    ReplyDelete
  2. waaaahh keren..tulisannya, memang sih selain pinter bicara didepan umum harus pinter juga mempengaruhi banyak orang sayangnya ku gak belum punya keahlian dua2nya *upzt

    ReplyDelete
  3. Yang penting menguasi apa yg bakal kita bicarakan dan penampilan mempengaruhi PD kita. Gitu aj sih mungkin menurut gue !

    ReplyDelete
  4. Masalah SBY : Iya tuh, gue juga maklum sih kalo para pejabat lagi pidato (gak cuma SBY) yang dengerin gak konsen. Lah kaku banget gitu...beda kalo pejabatnya Soekarno, hehe

    Gue juga di ajarin tentang public speaking di kelas english, dan trnyata banyak tekhnik2 speaking yg emang harus di pelajari dan gak bisa spontan keluar..hehe

    Tulisan lo dari kemaren bermanfaat dan menarik, terus bahasanya juga gak ngebosenin...Nice post kakakkkk

    ReplyDelete
  5. walah..luar biasa ini bang...
    meski bisa jadi itu keluar dari alam bawah sadar..
    tapi memang lebih luar biasa kalau dipadukan dengan ilmu foramlanyta sebagai penunjang

    bener kata bang sandal bedot tuh....
    kalau udah soekarno atau bung tomo
    siap2 melongo dengan konsentrasi menumpuk..
    luar biasa

    mesti belajar juga dari orang2 yang ikut stand up commedy..keren2 juga tuh

    ReplyDelete
  6. Makasih yang udah baca ya..semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Memang benar. Public speaking perlu persiapan matang. Terima kasih ilmunya. Maaf baru BW. Internetnya lemot sangat. :)

    Sukses selalu:))

    ReplyDelete