Tuesday, 26 July 2011

Mengapa Hidung Anjing Basah

Judul : Mengapa Hidung Anjing Basah dan Mengapa-mengapa lainnya.
Pengarang : David Feldman
Alih bahasa : T. Hermaya
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 261 halaman
Cetakan: ke 3 Januari 2007






Resensi :
David Feldman adalah pengarang Imponderables. Imponderables adalah misteri-misteri kecil mengenai kehidupan sehari-hari yang membuat kita pusing memikirkannya. Jadi ia menyusun buku yang sumbernya dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang kepadanya. Melalui surat-surat pembaca dari buku-bukunya yang lain. 

Lalu pertanyaan-pertanyaan itu ditampung untuk dicari jawabannya melalui berbagai sumber dan referensi. Salah satu contoh mengapa hidung anjing basah? yang juga dijadikan judul bukunya. 

setelah membaca buku ini kita dapat  mengetahui  apa yang menyebabkan hidung anjing basah diantaranya:
  1. Karena kelenjar leteral anjing mengeluarkan cairan. 
  2. Berdasarkan pendapat dari Dr. Howard Evans dari Cornell University berpendapat bahwa hal itu terjadi karena kombinasi sekresi kelenjar hidung lenteral dan kelenjar hidung vestibular.
  3. Dr. Don Adams, seorang spesialis dalam sistem pernapasan anjing dari Lowa State university menambahkan bahwa anjing sering menjilati hidung mereka dengan lidahnya sendiri.

Hidung anjing yang basah juga mempunyai beberapa fungsi diantaranya :
  1. Menolong anjing dari hawa panas karena anjing tidak berkeringat seperti manusia.
  2. Kelenjar-kelenjar leteral berisi partikel pengikat bau yang membantu anjing untuk mengendus bau. Dr. Deter Dellman dalam buku ini juga memberitahukan bahwa binatang dapat mengendus bau dengan lebih baik bila bebauan itu diambil dari sebuah permukan yang lembab. Namun belumlah bisa dipastikan apakah kelembaban yang ada dibagian luar hidung anjing benar-benar membantu fungsi-fungsi penciuman mereka atau tidak.
Di dalam buku ini juga membahas kasus yang lain seperti kemana kupu-kupu saat hujan? Apakah yang terjadi dengan kaus kaki yang hilang? mengapa pembuluh darah tampak biru padahal darah berwarna merah? dan mengapa-mengapa lainnya. Yang sebenarnya tidak terlalu penting dibahas namun jika kita telaah dan pikirkan dapat menjadi sebuah pertanyaan yang memusingkan karena kita tidak tahu kemana untuk mencari jawabannya.



Komentar saya mengenai buku ini:
buku ini memberikan banyak informasi dari pertanyaan sederhana yang memusingkan kita di kehidupan sesehari-hari. Buku ini memberikan edukasi agar kita sebagai manusia diwajibkan untuk menggunakan otak kita untuk berfikir dengan cara mengamati  kejadian-kejadian yang ada disekitar kita lalu mencari jawaban atau solusi dari masalah tersebut.

kekurangan dalam buku ini:
Terkadang jawaban-jawaban dari beberapa pertanyaan kurang memuaskan salah satu contohnya seperti di pertanyaan : Mengapa orang barat membuat lentera jac-o' lantern pada hari Hallowen? buku ini memberikan beberapa pernyataan yang mendukung kisah sejarah Hallowen tersebut namun hanya untuk memutar cerita yang pada intinya ia tidak tahu pasti mengapa orang barat membuat lentera labu jac-o lantern pada saat hallowen? Dan banyak jawaban yang menjadi bias dalam buku ini namun tak jarang ada beberapa jawaban yang cukup  memuaskan. 




Salam Membaca
banyak membaca banyak tahu ^_^

No comments:

Post a Comment