Tuesday, 5 July 2011

Laskar Pelangi

edisi hard cover
Judul : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Jenis Buku : Novel
Jumlah Halaman : 525 halaman
Cetakan ke: 3 edisi hard cover Maret 2008
Penerbit : Bentang


Satu lagi novel Indonesia yang menjadi sebuah maha karya terbaik anak bangsa yang berjudul Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata. Novel ini menceritakan sebuah kisah persahabatan anak kampung belitong yang bersekolah di sekolah kampung Sd Muhammadiyah. Sekolah yang sangat memprihatinkan, miskin jauh dari fasilitas yang memadai layaknya sekolah seperti sekolah PN Timah. Namun dengan keterbatasannya anak-anak di sekolah perguruan Muhammadiyah tersebut dapat survive belajar disekolahnya yang serba kekurangan tersebut bahkan dapat menandingi sekolah PN Timah yang fasilitasnya mewah dan dari golongan orang tua yang berada. Hal itu juga tidak lain juga karena seorang guru yang bernama bu Muslimah yang mendedikasikan dirinya untuk mengajar serta mendidik anak-anaknya dengan budi pekerti serta membangun motivasi yang kuat terhadap mereka semua.

Terkadang keterbatasan, kemiskinan membuat kita menjadikan itu sebuah alasan klasik yang membatasi diri kita untuk tidak maju melakukan perubahaan demi menggapai cita-cita. Bahkan tak banyak sebagian orang-orang yang miskin karena ekonomi serta keterbatasan tersebut selalu membuang dan melupakan harapan serta mimpi-mimpi yang ia cita-citakan.

Justru seharusnya kemiskinan, keterbatasan fasilitas itu harus membuat kita menjadi lebih bersemangat   berusaha lebih keras untuk keluar dari kemiskinan tersebut. Dengan dibekali pendidikan,ilmu pengetahuan serta seorang guru yang baik yang mau mendedikasikan dirinya sepenuh hati untuk mendidik dan mengajar anak-anaknya ditambah memberikan mereka budipekerti. Saya yakin itu akan sangat cukup menjadi bekal mereka untuk mempunyai daya juang dan semangat yang tinggi.

Fasilitas pendidikan yang memadai hanyalah salah satu faktor bukan penentu kesuksesan seseorang dan dari buku Laskar pelangi inilah saya banyak belajar. Belajar memaknai keterbatasan yang kita memiliki tetapi tidak membuat keterbatasan itu menjadi penghalang dari apa yang kita cita-citakan dan kita impiankan.

Berani bermimpi, melakukan perubahan serta berjuang keras membuat mimpi itu menjadi kenyataan



Salam Membaca
banyak membaca banyak tahu ^_^

No comments:

Post a Comment