Friday, 15 July 2011

Abadilah Cinta

Judul : Abadilah Cinta
Pengarang : Andrei Aksana
Tebal : 367 hal
Cetakan : ke 8 Juli 2010
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tokoh : Revan,Ardini, Ersad








SINOPSIS:
Abadilah Cinta satu lagi novel karya Andrei Aksana yang baru saja selesai saya baca. Novel ini bercerita tentang Revan adalah seorang pria yang tampan, bergelimang harta, bermobil keren, anak dari seorang pengusaha sukses. Lengkap sudah sosok Revan menjadi begitu populer dikampusnya. Banyak wanita yang antri untuk menjadi pacar-pacarnya dan yang membuat Revan menjadi seorang Playboy atau petualang cinta.

Pada suatu hari di kampus ia membaca sebuah mading atau majalah dinding disitu ada sebuah puisi yang ditulis oleh seseorang yang nama pengarang dari penulis tersebut identitasnya di rahasiakan. Revan begitu tersentuh dan seperti menemui suplemen jiwa bagi dirinya akan puisi-puisi tersebut. Mungkin juga karena ia tidak di beri kebebasan selama ini oleh orang tuanya. Terutama Papahnya yang selalu melarang Revan mendalami bakat seni yang dimilikinya yaitu bermusik.

Sejak kecil Revan selalu di dikte oleh sang papah untuk menjadi seseorang penerus perusahaan. Ia tidak boleh bermain atau belajar musik. Dan Ia disuruh masuk kuliah ke Jurusan Ekonomi yaitu Management agar suatu hari kelak ia menjadi sarjana dan mengelola perusahaan keluarga.

Pada  suatu ketika dengan susah payah akhirnya ia mengetahui siapa sang penulis puisi yang ia kagumi selama ini. Ternyata dia adalah Ardini seorang gadis yang manis, lugu dan polos yang sedang ditinggal oleh kekasih yang dicintainya dan ia meluapkan itu kesebuah puisi yang sangat menggugah. Terjadilah kedekatan Revan ia mengejar-ngejar Ardini gadis yang mungkin akan ia taklukan kali ini. Entah sudah berapa gadis yang ia taklukan. Namun kali ini Ardini sangatlah berbeda setelah ia ketahui semua tentang Ardini apalagi ia tahu bahwa Ardini tidak hanya mempunyai kecantikan fisik namun juga kecantikan hati yang dimilikinya. Kesabaran, ketulusan dan kemandirian Ardini yang membuat Revan begitu mengaguminya karena ternyata Ardini adalah tulang punggung keluarga. Ibunya sudah lama meninggal, papahnya pecandu alkohol yang kehilangan pekerjaan. Untuk membiayai kuliahnya Ardini mendapatkan beasiswa dan untuk mencukupi kebutuhan kuliahnya ia membuka usaha juru ketik dan terjemahan dirumahnya.

Sungguh gadis yang luar biasa Ardini dimata Revan sampai akhirnya mereka berdua sama-sama jatuh cinta saling mengagumi satu sama lain. Cinta membutakan mata keduanya sehingga Ardini menyerahkan semuanya untuk Revan. Ardini pun hamil diluar nikah tapi untungnya Revan adalah pria yang mau bertanggung jawab atas perbuatannya. Namun konflik yang terjadi datang dari orang tua Revan yang tak setuju anaknya menikah dengan seorang gadis miskin seperti Ardini.

Akhirnya mereka berdua melarikan diri. Menyewa sebuah rumah di gang sempit yang kumuh. Namun ditempat itu mereka berdua sangatlah bahagia karena dapat hidup bersama menanti kelahiran si cabang bayi. Bermodalkan ijazah SMA nya Revan mendapatkan sebuah pekerjaan dari seorang bapak bernama Pak Ramlan sebagai kurir ia jalani. Namun karena kegigihan dan prestasi kerja yang ditunjukan Revan di perusahaan tersebut akhirnya pak Ramlan juga memberikan pekerjaan lain seperti pembukuan, mengirim uang ke rekening di bank dan lain-lain.

Pak Ramlan sangatlah memperhatikan karyawan-karyawannya. Ia begitu peka terhadap mereka bahkan ketika Revan mengalami kesulitan karena Ardini mengalami lemah kandungan yang menyebabkan Ardini harus dirawat di Rumah Sakit. Pak Ramlan pun memberikan pinjaman uang kepada Revan dengan cara mencicil melunasinya. Namun disaat Ardini pecah ketuban dan harus ke rumah sakit kembali untuk melahirkan Revan pun bingung dari mana lagi biaya yang akan ia dapatkan? karena tak mungkin ia meminta lagi kepada pak Ramlan apalagi meminta kepada Orang Tuanya yang jelas-jelas melarang dan tidak merestui hubungan mereka.

Akhirnya Revan menempuh jalan yang tidak biasa. Ia berniat merampok rumah kediaman Pak Ramlan dengan menutupi wajahnya dengan pakaian serba hitam. Dan ketika merampok Pak Ramlan memberikan perhiasan dan uang itu sungguh Revan sangat terharu sebenarnya akan kebaikan orang tua ini. Pak Ramlan seperti sosok Orang tua yang di idam-idamkannya karena ia kecewa dengan sikap Papahnya yang selalu mengekang, mendikte anak-anaknya. Ketika Revan ingin membunuh pak Ramlan seketika itu polisi datang karena diam-diam pak Ramlan menekan tombol panic yang terhubung dengan pos security di rumahnya. Yang seketika itu di tempat yang berbeda Ardini sedang akan melahirkan anak Revan. Ardini dijagai dan ditunggui oleh sahabat Revan yang bernama Ersad.

Revan pun akhirnya ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Hukuman pengadilan memutuskan ia ditahan selama delapan Tahun. Lalu ia menitipkan Istri dan anaknya tersebut kepada sahabatnya Ersad. Ersad pun sering mengunjungi Ardini dan Davi anaknya karena mereka sangat-sangat membutuhkan pertolongan dan perhatian. Apalagi pasca kejadian dan musibah yang menimpa dirinya. Lalu akhirnya Revan menyetujui dan menitipkan Ardini dan Davi kepada Ersad. Ia bahkan menyetujui dan menyuruh Ersad untuk menikahi Ardini karena Revan tau Ersad menaruh hati atas apa yang ia lakukan selama ini dan Ersadpun sangat menyukai wanita setegar, sekuat Ardini yang tidak hanya mempunyai kecantikan fisik semata namun mempunyai kekayaan hati yang begitu luar biasa.

Akankah Ardini dapat menjaga cintanya untuk Revan?
ataukah Ardini akan melupakan Revan? dan memilih Ersad?
Setelah semua masalah dan cobaan yang merka alami. Serta bagaimanakah nasib Revan dan cinta yang dimilikinya terkurung dan terpisahkan di jeruji besi penjara yang sepi dan dingin....?


Komentar mengenai buku ini: 

  1. Buku ini mengajarkan saya akan pentingnya peran orang tua yang seharusnya tidak mendidik anaknya secara otoriter  melainkan seharusnya seorang orang tua harus mendukung kemauaan anaknya sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.
  2. Gaya pacaran anak muda sekarang haruslah bisa mengendalikan diri jangan sampai terlibat kedalam pergaulan bebas yang menyengsarakan serta merusak masa depan kita sendiri nantinya
  3. Memang tidaklah mudah meghadapi cobaan dan musibah dalam hidup. Tidak menyesali dan menyalahkan diri sendiri itu kuncinya. Agar kita dapat bangkit maju kedepan membuka lembaran yang baru.
  4. Cinta, kesetiaan dan persahabatan tidak dapat dibeli dengan uang atau harta yang kita miliki. Karena kekayaan dan kebahagian yang hakiki itu ada di dalam hati serta cinta yang penuh kasih.
  5. Keadaan memaksa kita namun tidak boleh membuat kita menyerah. karena setiap kesulitan apapun pasti ada kemudahan.
  6. Pengalaman adalah guru terbaik. yang menjadikan diri kita seharusnya lebih bijak dalam bersikap di masa yang akan datang.




Salam Membaca
banyak membaca banyak tahu ^_^

No comments:

Post a Comment