Sunday, 26 June 2011

Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2

Buku :Dwi logi  Ketika Cinta Bertasih
Pengarang : Habiburahman El Shirazy
Penerbit : Republika







Sinopsis :
Ketika Cinta Bertasbih mengisahkan kisah Azzam sebagai seorang mahasiswa yang sedang studi di universitas Al-Azhar Cairo. Namun ketika Ayahnya meninggal ia memilih menjadi tulang punggung keluarganya menjadi penjual baso dan tempe di cairo sampai-sampai kuliah s1 nya menjadi sangat lama yaitu 9 tahun. Pengorbanannya sebagai soerang kakak membuahkan hasil akhir kedua adiknya lulus kuliah s1 dan diploma setelah mengetahui hal tersebut barulah ia memutuskan menyelseaikan kuliahnya lalu meninggalkan Cairo.

Didalam buku ini juga menceritakan tentang Takdir Akan Jodoh yang diceritakan oleh kang Abik sangat menarik karena ia menceritakan perjalanan pencarian cinta si Azzam yang tak putus asa mencari wanita yang akan di lamarnya (dikhitbah). Ia berani bermimpi untuk mendapatkan wanita yang di idamkannya bernama Anna Althafunissa seorang mahasiswi s2 yang juga merupakan anak seorang Kyai pemilik pesantren. Namun masalahnya adalah Azzam tak pernah bertemu dengan si anna ia hanya mendengar dari cerita temannya lalu ia memberanikan diri melamarnya melalui seorang pak  ustad dan pak ustad tersebut tak lain adalah om nya Anna yang berada di cairo. Namun sayang sekali bapak tersebut yang sebagai walinya ana di cairo tidak berkenan menerima tawaran azzam karena reputasinya yang sudah 9 tahun tidak lulus-lulus dan alasan kedua karena temannya Azzam yang bernama Furqon sudah melamar Anna terlebih dahulu.

Ketika Cinta bertasbih 2 
menceritakan tentang kepulangan Azzam ke Indonesia bersama Elliana anak dari bapak kedubes KBRI yang berada di cairo yang sering memesan tempe dan bakso di acara-acara pesta yang diselenggarakannya. Jadi Elliana dan Azzam sudah sangat kenal dekat. Karena Elliana adalah seorang artis saat pulang ke Indonesia ia sudah ditunggu oleh wartawan dengan pertanyaan-pertanyaan. Dan ketika disinggung masalah siapa pacarnya sekarang? ia sebenarnya sangat enggan berkomentar karena kelelahannya setelah melakukan perjalanan yang sangat panjang dari Cairo ke Jakarta.

Akhirnya Elliana menjawab sekenanya saja dan mengatakan Azzam adalah pria yang sedang dekat dengannya saat ini mahasiswa yang studi di cairo yang berprofesi sebagai pengusaha pembuat bakso dan tempe. Akhirnya tayangan infotaiment tersebut menjadi berita terhangat di ibukota karena Elliana merupakan artis yang sedang naik daun.

Azzam pulang ke Indonesia dijemput oleh adiknya yang bernama Husna yang kebetulan Husna juga sedang ada keperluan di Jakarta untuk menghadiri malam penghargaan dari karya novel kumpulan cerpennya yang berjudul menari diatas ombak.

Kebahagiaan tersebut sangat dirasakan karena selama 9 tahun Azzam tidak pernah bertemu dengan keluarganya setelah pulang ke Solo ia juga bertemu dengan Ibu dan adiknya yang paling kecil yang bersekolah di Pesantren Al-Qur'an. Dan mulailah bisnis baso azzam yang dirintis di Cairo berkembang pesat
di Solo tidak hanya itu ilmu yang didapatnya juga ia amalkan melalui pengajian al Hikam di Pesantren yang dimiliki oleh Kyai yang ternyata kyai tersebut tak lain adalah bapak dari Anna. Setelah Furqon dan Anna menikah Azzam pun juga tidak lelah mencari jodoh kesana kemari, dijodohkan oleh teman adiknya, dijodohkan oleh Elliana, dan lain sebagainya namun usaha mencari jodoh tersebut tidaklah sesukses usaha azzam berjualan baso. Banyak rintangan  yang berliku yang di alaminya

Dapatkah Azzam mendapatkan jodoh yang akan di nikahinya? siapakah wanita yang beruntung tersebut yang mendapatkan pria yang baik seperti azzam?  dapatkah azzam melewati rintangan dan cobaan yang dialaminya?

Komentar saya tentan Buku ini:
Sangat menarik dan wajib dibaca karena di dalam buku ini kita dapat menemukan yang namanya cinta menurut pandang islam. konflik di dalam buku ini juga sangat menarik dan sangat mengharukan karena kebahagiaan.


Didalam buku ini juga mengajarkan kepada kita kadangkalanya kita harus mengalah kepada keadaan akan tetapi bukan berarti menyerah. Karena dengan mengalah saat ini mungkin disuatu hari  kita akan mendapatkan sesuatu yang indah yang direncakan oleh Allah untuk kita.



Salam 
Aku Membaca
banyak membaca banyak tahu ^_^

No comments:

Post a Comment