Saturday, 5 March 2011

Logika Falus


Judul : Logika Falus
Pengarang: Tomy F Awuy
Cetakan : Oktober 2001
Penerbit : Metafor Publishing



Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek karya Tomy F Awuy dosen fakultas sastra Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya dan Institut Kesenian Jakarta. Dalam buku kumpulan cerita ini banyak mengisahkan realita-realita kehidupan sehari-hari dimasyarakat yang masih dianggap tabu menjadi layak dibahas dan diceritakan secara gamblang dalam buku kumpulan cerita ini.

Salah satu cerita yang sangat-sangat kontroversial menurut saya adalah yang berjudul LESBI dimana dalam cerita tersebut konflik yang terjadi amatlah sangat tragis dimana sang Anak yang lesbi bernama Gesti diperkosa oleh teman prianya bernama Rully hingga hamil dan semua itu ternyata adalah atas perintah dari Ayah Gesti. Karena Sang ayah tidak tahu lagi bagaimana menyadarkan putrinya yang mempunyai kelainan seksual. Akhirnya sang ayah memutuskan menyuruh Rully melakukan pemerkosaan tersebut dengan rencana yang rapih dan cukup matang. Hal itu dilkukan karena ayah Gesti tahu kalau anaknya sangat mengutuk perbuatan aborsi maka dari itu ayahnya memutuskan untuk menjalankan rencana perkosaan tersebut hingga akhirnya Gesti hamil akibat ulah Rully dengan tujuan agar suatu hari kelak mau tidak mau ia pasti menikah dengan Rully.

Dalam kumpulan cerita ini juga mempunyai banyak pesan moral yang terkandung didalamnya, terkadang ada beberapa cerita yang membuat saya lemot karena mengharuskan saya berfikir menggunakan logika dan nalar saya pada jalan ceritanya tersebut.


No comments:

Post a Comment