Thursday, 31 March 2011

#GALAU mau Kuliah apa?

Tweet #GALAU mungkin kata-kata itu yang sedang ngetrend sekarang yang juga dialami oleh saya. Mengapa? karena saya lagi bingung dan lagi sedang diantara 2 pilihan yang benar-benar #GALAU sebenarnya lebih baik melanjut s2 atau melanjutkan kuliah diploma 1 Design grafis kemarin menjadi s1. Kalau s2 saya tertarik sama jurusan Jurnalistik entah kenapa mungkin karena hobi nge blog saya jadi suka dengan dunia Jurnalistik dan tulisan yang saya buat di blog juga semuanya hampir semua memang non fiksi...!

Dan menjawab kegalauan tersebut entah mengapa beberapa hari yang lalu saya mencari-cari program s2 dan saya tertarik dengan Universitas Moestopo mungkin karena ada jurusan jurnalistiknya dan ke dua harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan dilihat dari Matakuliahnya kayaknya menarik buat saya. Lalu akhirnya setelah tadi saya interview dan psikotes di Gatot Subroto menara jamsostek Lt. 18 disebuah outsorsing bernama PT Teleformence yang saya hadiri jam 10 dan selesai pada pukul 12.00. Saya bergegas menuju Universitas Dr. Moestopo (beragama) dengan menggunakan Bus Trans Jakarta dari halte Jamsostek dan transit di semanggi lalu turun di Halte Ratu Plaza. Tak lama kemudian sesampainya di Moestopo saya membeli formulir pendaftaran dan test masuk s2 seharga Rp. 250.000 dan testnya bisa kapan saja saya mau sekalian menyerahkan formulirnya sabtu-minggu juga bisa! karena kuliahnya memang juga SABTU MINGGU untuk s2. pokoknya kelas baru program pascasarjana akan dimulai 4 bulan lagi kira-kira pada bulan Juli 2011.

kalau kata Mamah saya kok gak dilanjutin tuh design grafisnya? / udah tuh terusin aja kuliah design grafisnya..! Pertanyaan dan pernyataan itu sudah sering dilontarkan mamah saya juga beberapa bulan yang lalu. Gelar yang akan di dapat jika saya melanjutkan s1 design grafis/ DKV adalah gelar ST yang berarti saya akan menyandang gelar Sarjana Teknik selain Sarjana Ekonomi.

Keuntungan yang saya dapat ambil dari kuliah design adalah saya dapat mengembangkan bakat saya yang sudah ada karena saya merasa punya fashionnya disitu. Selain itu saya juga dapat menghemat waktu kuliah karena bisa mentrasfer beberapa mata kuliah yang sudah pernah saya ambil dulu di D1.

Alasan lainnya karena jika kita mengambil design grafis.
1. Design grafis sangat melekat dari kehidupan kita sehari-hari contohnya saja dari bangun tidur kita sudah melihat design grafis seperti gambar yang ada dibantal, baju, pasta gigi, jam, buku, majalah, jalan raya seperti billboard dan reklame semua ada designnya yang berupa gambar, tulisan, warna dll...

2. Design grafis membangun kreativitas dan imajinasi dengan dibantu oleh dosen yang juga praktisi di bidangnya masing-masing menjadikan kita layaknya sebagai seorang designer dan dosen sebagai seorang client.


3. Design Grafis dan mata kuliah seni pada umumnya berbeda dari dari kuliah lainnya karena kuliah tersebut MENGHASILKAN sebuah karya yang berupa design yang dilakukan dengan proses yang panjang mulai dari kita berfikir , membuat konsep atau merancang lalu merealisasikannya ke sebuah karya yang indah yang dapat dinikmati khal layak orang banyak serta tidak terbatas dari ras, suku, agama, dan tidak diperlukan keahlian khusus jika hanya untuk menikmatinya. misalkan kita tidak perlu pintar melukis jika menikmati lukisan, kita tidak perlu tahu teknik memotret jika menikmati fotografi, dan kita tidak perlu pintar menyanyi jika kita mendengarkan atau menikmati sebuah lagu.

kuliah seni berbeda dengan kuliah ekonomi, politik, hukum, yang belum tentu khal layak umum dapat mengerti, menikmati hasil dari apa yang kita pelajari secara langsung. Karena Seni adalah kebebasan berekspresi tidak statis , kaku , dan terbatas pada apapun dan tergantung orang yang menikmati seni tersebut dari sudut pandang mana ia menilai...! dan tidak semua orang mempunyai bakat itu.


Namun......

Pada intinya kuliah jurusan apapun pilihlah sesuai dengan hati, minat, bakat dan hobi kita
jika masih bingung coba saja kelas-kelas kuliah singkat seperti diploma satu. Tanyakan kembali ke diri anda masing-masing dan pikir kembali apa manfaat yang bisa kita ambil dari kuliah yang kita pelajari nantinya?
bermanfaat dan mendapat nilai lebih kah yang kita lakukan?
dapatkah kita bisa mengaplikasikannya ke dunia sehari-hari di masyarakat?
dapatkah masyarakat / khal layak umum merasakan manfaat dari ilmu kita pelajari karena ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain juga.




2 comments:

  1. artikelnya bagus. ada tempat tukeran link gak

    ReplyDelete
  2. thx yahh...
    blognya dah saya buka kok..:)

    ReplyDelete