Monday, 14 March 2011

Dapat PR dari 7 Langit

Hari ini Senin (14/03/2011) saya memenuhi panggilan interview di 7 langit dan ini merupakan panggilan interview yang ke 11 namun 9 yang saya sempatkan untuk datang diantaranya :
1. Planet surf , melamar dengan posisi designer
2. PT SIM (outsorsing)
3. Outsorsing (lupa nama PT nya) di daerah Benhil dengan posisi Call center (tapi gak dateng)
4. PT Mortalindo ,sebagai Cso
5. Pengembang apartement daerah kemayoran (lupa namanya), sebagai Business Development (tapi gak dateng)

6. Gold Gym, saya melamar sebagai Cso. Psikotes dan interview di perusahaan ini yang paling membuat saya BT setengah mati. Karena saya datang dari pagi sebelum jam 9 untuk psikotes, dan itupun nunggu dulu sampai jam 10 kurang baru dimulai psikotesnya dan psikotes selesai kira-kira jam 12 kurang setelah makan siang kita disuruh kembali untuk interview. Dan tau gak?? saya dipanggil interview paling terakhir jam setengah Enam Sore!! tiap-tiap orang yang masuk ruang interview bisa 30 menit-1 jam Bayangkan??gimana gak mau lama!!dan banyak pelamar waktu itu ada yang kerja di trans tv sebagai editor Pepi Explorer yang melamar di Gold Gym sampai pulang karena ada kerjaan dtranstv pada sore hari..dan pelamar-pelamar lain juga banyak yang disebut namanya saat mau interview tapi orangnya sudah gak ada..!

7. Kompas Gramedia, sebagai designer dan perusahaan ini yang paling enak interviewnya. 3 orang sekaligus dan pertanyaannya lebih personal, lebih bisa mengobrol dan berbagi cerita lebih banyak. Pokoknya suasana interviewnya Asik gak bikin tegang atau mungkin karena saya sangat bersemagat karena dipanggil oleh Kompas Gramedia karena dari cv dan portofolio yang saya kirim mereka bisa interest dan memanggil saya kesana untuk interview.

8. Toyosaki, sebagai designer disini testnya juga enak dan asik. orangnya baik dan ramah pas test design juga disediaiin alat tulis lengkap dengan pensil warna, penggaris, penghapus dan kertas gambar yang tebal dan tidak hanya itu kita diberikan cemilan gorengan dan waktu yang diberikan untuk menggambar juga cukup panjang dari jam setengah 2 sampai jam 5 sore.

9. Mitra Adiperkasa (walk interview)

10. Blitz Megaplex

11. 7 Langit

Dan 7 langit adalah sebuah pengembang content blackberry yang kamis lalu (10/3/2011) menelpon saya sore hari dan menginginkan saya untuk datang juga sore itu untuk interview namun sayang saat itu saya tidak bisa karena saya ingin menghadiri acara akademi berbagi di detik.com dengan tema CSR dan Socialmedia dengan pembicara ibu Ventura Elisawati.

saya berangkat kira-kira pukul 9 pag dari rumah menuju Halte busway Pancoran Tugu perjalanan ke cempaka mas menempuh waktu kira-kira kurang lebih 1 setengah jam dan 1 kali transit di halte Cawang UKI berganti bus ke arah Tj. Priuk

Sesampainya di Cempaka Mas kira-kira 10.20 lalu saya juga harus transit ke halte cempaka mas yang satunya lagi karena ITC cempaka mas adanya di seberang jadi saya harus menggunakan jembat transit yang jembatannyaannya gak kalah panjang sama jembatan semanggi

sesampainya diarea cempaka mas saya bertanya kepada satpam dimana letak ruko blok M dan ternyata ruko itu ada dibelakang tidak jauh setelah parkiran motor ada blok Q,P lalu blok M , dam M1 dan ketemu juga tanpa nyasar ruko cempaka mas blok M1 no. 55 namun ketika masuk masih tampak sepi lalu saya masuk ternyata orangnya gak kelihatan lalu saya mengetok lagi lalu keluarlah mba-mba front officenya mungkin dan ia bertanya keperluan saya? dan saya menjelaskan untuk memenuhi panggilan interview jam 11 lalu ia mempersilahkan masuk dan disuruh menunggu karena ibu titi nya belum datang.

1 jam menunggu saya seling dengan membaca buku lalu setelah mas penginterview datang lalu tak lama saya dipanggil. Interview seperti biasa ditanya tinggal dimana? kuliahnya dimana? sambil dia melihat CV ,portofolio design saya dan sepertinya juga melihat web-blog saya. Dan mas tersebut juga menceritakan perusahaan 7 langit seperti apa saja job desk dan contoh-contoh aplikasi design yang mesti harus dibuat dan tak lama kemudian ibu Titi pun datang.

pertanyaan-pertanyaan yang ditanya oleh mereka juga tidak terlalu banyak dan yang standar-standar saja mungkin karena juga sudah jam makan siang jam 12 ya hehehehew =)


dan pertanyaan-pertanyaan yang saya tanyakan kapan perusahaan 7 langit berdiri ?
-2009

siapa target pasar atau sekmentasinya misalkan usia, dll nya?
- semua pengguna blackberry yaitu kira penggunanya 25 tahun keatas tapi tak secara mutlak karena umur dibawah 20 juga banyak menggunakan blackberry sekarang ini misalnya mahasiswa dan anak sekolah jadi sekmentasi target perusahaannya adalah semua pengguna blackberry.


saya juga dikasih PR untuk mengerjakan Design-design ilustrasi selama kurang lebih 1 minggu :) PR nya yaitu membuat tokoh karakter baru atau boleh juga karakter turunan dari binatang-binatang atau karakter apapun dalam bentuk vector. Oh ia Masnya sebelumnya tadi juga sudah menjelaskan dan memberikan contoh-contoh design content dan design-design dari tugas yang akan saya kerjakan melalui ipad dengan cukup jelas.


dan terakhir yang saya tanyakan siapa penemu / founder dari 7 langit dan ternyata foundernya adalah mereka berdua ibu titi dan mas yang menginterview saya (maaf ya mas saya lupa namanya :) )


Kesan-kesan terhadap perusahaan 7 langit buat saya hari ini adalah
1. Saya sangat senang karena saya diberikan PR mendesign dan juga diberikan waktu pengerjaannya selama 1 minggu sehingga saya bisa mempunyai waktu lebih luas untuk mengerjakan test design tersebut. Karena saya selama ini suka bingung mau membuat design apa jika hanya test design dilakukan 2-3 jam di tempat sehingga hasilnya mungkin sangat kurang maksimal.

2. Perusahaan tersebut memberikan penilaiaan sangat bijak kepada pelamar kerja karena menilai seseorang nantinya bukan semata-mata dari hasil psikotes atau dari cv nya semata tapi benar-benar dari skill, kemampuan yang dimilikinya karena selama ini saya merasa dirugikan sama yang namanya psikotes!!! karena saya kurang suka sama yang namanya matematika untuk menjawab satu soal cerita matematika di psikotes saya harus berulang kali memahami soalnya dan menghitung dengan hati-hati dan itu memakan waktu sehingga waktu yang diberikan tahu-tahu habis!! dan terkadang soal tersebut bikin saya emosi jika saya tidak memahami soal-soal matematika yang berbentuk cerita yang sulit tapi juga penasaraaan dan itu membuat saya jadi STRESSS sesaat!! dan Pasrahh...

No comments:

Post a Comment