Wednesday, 12 January 2011

Kisah Nyata: Pegawai Pajak yang TAMAK akan UANG PANAS


Indonesia katanya negara hukum setiap orang harus tunduk dengan peraturan! tapi ada daya hukum di Indonesia KUHP = Kasih Uang Habis Perkara. Itulah citra hukum di Negeri ini. Semua Orang yang ada di Negeri ini yang ada hanyalah orang yang mempunyai kepentingannya masing-masing. Terutama petinggi-petinggi yang duduk di pemerintahan sana dan kroni-kroninya entah itu dari pejabat, mentri bahkan mentri Agama sekalipun, anggota dpr, mpr, sampai ke pejabat tingkat kelurahan yang kecil sekalipun! semua bisa dibilang sudah terlibat sama yang namanya KKN.

apalagi petugas pajak yang ini sudah gak asing lagi orang-orang sudah tahu bahkan dosen saya yang pernah bekerja di pemerintahan direktorat jendral pajak pernah bercerita tentang kawannya sesama pegawai disana dan begini ceritanya :

misalnya PT Angin Ribut mempunyai perusahaan yang sudah besar penghasilannya. lalu perusahaan tersebut mempunyai Pajak yang dibayar akan penghasilannya juga besar. Dan si empunya PT Angin Ribut harus melaporkan laporan tahunannya atas penghasilan dan prestasinya yang dicapai. Semkain banyak jumlah Pendapatan makin besar pula pajak yang harus diwajibkan kepadanya.

Taruhlah seumpama ditotal-total pajaknya mencampai 100 Juta rupiah (duit semua itu yah gak di campur daun hehehe) kalau dipikir-pikir banyak gak sih perusahaan yang sedang berkembang harus keluar uang 100 juta hanya untuk membayar pajak?? Rasanya kan sayang. Maka dari itu ada pegawai-pegawai bawahan yang bekerja di kantor pajak yang kerjanya kongkalikong menyulap laporan-laporan keuangan dan lain-lainnya supaya pajaknya di minimalisir taruhlah separuhnya saja menjadi 50 juta. Pasti mau dong perusahan PT Angin Ribut dapat potongan pajak separuhnya!! Nah jika deal kesepakatan terjadi nanti si pegawai bawahan yang bekerja dipajak ini akan menyulap laporan-laporan dan lain sebagainya sehingga PT Angin Ribut hanya membayar pajak separuhnya yaitu 50juta dari yang seharusnya 100 juta.

Karena setiap pertolongan yang menguntungkan tidak ada yang gratis maka PT angin Ribut harus membayar kepada sang pegawai pajak itu kira-kia 3-5 juta untuk mendapatkan potongan pajaknya. Bayangkan 3-5 juta sang bawahan itu mendapatkan uang dari klien-kliennya dan per hari ia dapat menangani sampai 3 client sekaligus itu artinya 12-15 juta perhari bisa ia kantongi dari usaha proyeknya.

Dan sang pegawai itu sebulan, dua bulan setahun dikumpulkannya uang haram tersebut sampai pada akhirnya pada tahun-tahun ekonomi Indonesia sehabis krisis moneter kira-kira ditahun 2000. Ia sudah dapat membeli mobil Jaguar yang dikala tahun tersebut keluaran seri terbaru yang paling TOP! bahkan ia bisa membeli rumah yang cukup mewah disana-sini. Dan mempunyai istri sampai 3.

Namun kebahagiaan itu sirna ketika ia jatuh sakit. Selama sekian tahun ia mengumpulkan dan memakan uang haram itu terlalu banyak hingga akhirnya uang tersebut muntah oleh penyakit yang ia derita. Akhirnya ke 3 istri-istrinya minta diceraikan agar mendapatkan harta gono gini. Setelah itu nasibnya sekarang si pegawai bawahan tersebut sudah tidak mempunyai apa-apa lagi bahkan rumah tinggalnya sekarang hanya disebuah kontrakan kecil ukuran 1 kamar seorang diri dengan penyakit yang diderita dan ditinggal istri-istri dan anaknya.

Tidak akan berkah uang yang diperoleh dari hasil haram seperti itu. Istilahnya uang panas akan cepat habisnya dan tidak akan membawa manfaat apa-apa. cepat atau lambat pasti semua itu akan habis! bahkan lebih buruk kondisinya dari pada apa yang kita bayangkan! ingatlah kebahagiaan itu datangnya dari hati bukan dari banyaknya uang yang kita peroleh tetapi dari lapangnya hati kita dan mau menerima keadaan ini dengan iklash dan tetap berusaha. Janganlah kalian takut jatuh miskin dan merasa takut kurang tidak mencukupi kebutuhan Karena kita hanya mempunyai uang yang sedikit. Karena Tuhan sudah mengatur rezeki setiap manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Dan jika kita tetap berusaha pasti Tuhan akan memberikan jalan keluarnya dan memberikan rezeki dari tempat yang tidak kita duga-duga. Karena Tuhan tidak akan mengecewakan orang-orang yang mau berusaha di jalan yang benar!

2 comments: