Monday, 20 December 2010

Pendidikan adalah Proses Belajar

Pendidikan adalah proses belajar, sesuatu yang penting bagi kehidupan setiap orang. Karena dengan pendidikan kita akan dapat mengetahui sesuatu dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, dari yang tidak terbiasa menjadi biasa. Itulah pendidikan mengapa dikatakan sangat penting. Pendidikan tidak hanya kita dapatkan di bangku sekolah saja karena sebenarnya pendidikan sesorang sudah dimulai sejak dini contohnya pada saat kita masih kecil atau balita kita sudah diajak berkomunikasi dengan Ibu kita dan anggota keluarga kita lainnya dilingkungan tempat kita tinggal, kita belajar berjalan sampai akhirnya kita dapat berjalan sendiri dan dapat berkomunikasi dengan orang sekitar kita dengan baik.

Menurut saya kira-kira rata-rata balita di tahun ketiga sudah dapat menunjukan kemampuan bahasanya dan berkomunikasi dengan baik dengan orang sekitarnya dan sudah mampu bermain berjalan bahkan berlari, sudah dapat membedakan warna, sudah dapat bernyanyi, menggambar sebuah coretan-coretan dan perkembangan-perkembangan lainnya. Dan semua itu dilakukan oleh sang balita tanpa mengeluh kalau belajar berjalan itu sulit dan sakit apabila terjatuh. Sang Balita juga tidak pernah merasa putus asa dengan proses belajar berjalannya walau terjatuh dan menangis Ia tidak akan pernah menyerah atau frustasi. dan berfikir untuk memutuskan berjalan dengan cara merangkak saja seumur hidupnya.

Dan setelah kita menjadi besar mengapa kita selalu saja mengeluh dengan hambatan-hambatan dan kesulitan-kesulitan yang kita alami? Mengapa kita tidak belajar dari sang adik balita yang tidak pernah menyerah atau putus asa untuk belajar berjalan dan mau belajar dan terus belajar tanpa henti. Kadang kita lupa dengan yang namanya sebuah proses dan terfokus kepada masalah dan bukan solusi dari masalah tersebut. Banyak orang-orang yang tidak suka dengan yang namanya sebuah proses belajar, maunya proses yang instant dan mudah. karena banyak orang yang terfokuskan dengan yang namanya MASALAH dan kesulitan-kesulitannya dalam proses pembelajaran dalam kehidupannya.

Yang perlu kita ingat bahwa sebenarnya kehidupan itu adalah proses pembelajaran tanpa henti , mau berusaha berjuang, dan mau menghadapi masalah-masalah yang menjadi penghalang menjadi hal layak dalam kehidupan. Hingga akhirnya kita mencapai sukses terhadap tujuan kita.

No comments:

Post a Comment