Tuesday, 14 December 2010

Kontribusi Teknologi Internet

Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi sangatlah begitu cepat berkembang disegala bidang mulai dari teknologi kedokteran, teknologi kendaraan bermotor, sampai teknologi informasi dan komunikasi. Semua begitu cepat berubah bahkan dalam hitungan menit detik orang-orang dapat mengetahui berbagai sumber informasi paling terkini. Jika zaman dulu orang harus pergi ke dukun atau paranormal untuk menanyakan dan mengetahui isi hati sang gadis yang disukainya. Sekarang kita dapat melihat status update dari account twitter atau facebook sang gadis untuk mengetahuinya. Dan mungkin suatu saat nanti paranormal atau tukang-tukang ramal sudah kalah pamor dengan mbah google dukun yang paling sakti di dunia maya. Karena cukup mengetik kata kunci yang kita butuhkan dan mengkliknya kita sudah dapat diantarkan kepada sumber informasi yang kita cari atau kita butuhkan dengan sangat praktis dan mudah.

Perkembangan informasi dan komunikasi dengan internet sekarang ini sudah dapat di akses secara mobile dimana saja dan kapan saja. Melalui ponsel dengan akses internetnya yang sudah tidak lagi mahal contohnya dengan layanan akses internet blackberry. Perkembangan teknologi khususnya dibidang internet saat ini sangat memberikan kontribusi yang sangat besar disegala bidang contohnya

1. Pendidikan
Contohnya yang saya rasakan waktu saya mau melanjutkan sekolah menengah atas dengan adanya teknologi internet kita dapat mendaftar dan memilih sekolah negeri dimana saja karena sistemnya sudah online dan kita tidak tergantung lagi dengan rayon mau daftar disekolah negeri mana saja bebas. Dengan internet juga memudahkan saya mencari segala informasi yang saya butuhkan untuk kepentingan tugas-tugas kuliah saya.

2. Promosi dan iklan
Dengan menggunakan facebook , twitter, blog saat ini sangat sering digunakan untuk mempromosikan produknya misalnya shoping online yang sangat marak di facebook dengan hanya menge tag foto produk kepada teman-teman kita sudah dapat berjualan tanpa harus membuka toko.

3. Entertaiment
Beberapa pekan lalu Indonesia di hebohkan oleh video keusilan duo mojang asal Bandung Shinta dan Jojo yang melipsinc lagu keong racun yang ia upload ke Youtube video aksi mereka berdua menjadi sangat populer di masyarakat sampai-sampai keong racun menjadikan world trend topic no.1 yang hangat dibicarakan di twitter. Dan hal itu juga menjadikan Shinta dan Jojo berhasil menjadi bintang iklan, video clip bahkan mereka berdua dijadikan penyanyi sungguhan oleh Charlie ST12 dengan dibuatkan single yang berjudul Tokek Belang.


4. Bursa kerja
Sekarang mencari kerja tidak lagi begitu susah karena sudah banyak web web penyelenggara bursa lowongan kerja dan hal itu memudahkan orang-orang mendapatkan info lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang mereka masing-masing dan pengiriman cv dan aplikasinya juga sangat mudah tinggal mengirimnya melalui email ke perusahaan yang kita inginkan.

Jika kamu bosan dengan internet atau bingung menggunakan internet untuk apa lagi ? dalam kehidupan sehari-hari selain mendengar music, nonton video, download lagu, chatting, facebook , twitter dan nge blog! dan yang itu itu saja. cobalah beberapa alternatif seperti membuka magazine online atau e-paper! disana anda bisa mendapatkan informasi lain dari koran tersebut misalnya saja epaper kompas yang saya sering lihat.

kalau anda tidak suka membaca cobalah menonton tv di internet bisa loh gak hanya tv indonesia bahkan tv tv seluruh dunia bisa kamu tonton. biasanya saya menggunakan mivo.tv tapi mivo tv hanya tv lokal indonesia dan Dw tv tidak begitu lengkap chanelnya. Coba silahkan anda mencoba web http://www.bizontv.com di web tersebut aplikasi web nya friendly user dan gak pake ribet harus download atau dibuka melalui winamp atau media player sejenisnya. Kita dapat langsung menonton tv dari webnya dengan kualitas yang menurut saya cukup baik, anda tinggal klik negara mana yang anda mau lalu akan muncul kotak katalog chanel-chanel yang tersedia di masing-masing negara!

Kalau anda masih malas menonton Tv cobalah bermain games online yang ringan-ringan seperti games-games di facebook, atau games online di web lainnya seru loh.
Kalau main games serasanya tidak menarik bagi anda coba anda menghubungi teman lama anda melalu skype yang berada jauh misalnya di luar negeri. Karena dengan berkomunikasi dengan teman lama anda bisa melepas kangen dan berbagi cerita dan juga kualitas suara dari skype cukup jernih anda juga bisa melakukan video call. Dan Semua itu bebas biaya dari pada anda menelepon menggunakan telepon biasa atau handphone yang bisa bengkak tagihannya!


Begitu banyak sekarang orang-orang yang sudah melek internet dan meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Sebaiknya pemerintah memperbaiki infrastruktur jaringan internet kedaerah-daerah yang jaringan internetnya masih minim. Dan memberikan fasilitas internet gratis dilokasi-lokasi tertentu seperti sekolah,balai desa, perpustakaan dan tempat-tempat publik lainnya dengan memberikan layanan pemakaian komputer dan jaringan wifi.

Selain itu untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia seharusnya pemerintah Indonesia mendukung program one laptop per child dengan membeli laptop tersebut dan memberikannya kepada siswa-siswi sekolah yang masih minim di daerah-daerah tertentu secara gratis namun untuk sekolah-sekolah yang tidak minim dan tergolong mampu tidak diberikan secara gratis. Sehingga dengan cara tersebut dapat memberikan subsidi silang untuk sekolah di daerah lainnya yang masih kurang.


Melonjaknya harga buku sekolah yang setiap tahun selalu berubah-ubah kurikulum, revisi ini itu dan sebagainya yang hal tersebut menyebabkan buku-buku sekolah di Indonesia tidak dapat dipakai kembali untuk tahun berikutnya, setiap tahun harus ganti buku. Menanggapi hal tersebut seharusnya pemerintah dengan pihak swasta mengembangkan buku pelajaran secara online yang dapat di download, mengembangkan website-website belajar dengan memberikan kumpulan latihan soal secara interaktif, video pembelajaran interaktif, dan lain-lain. Dengan begitu siswa-siswi sekolah di Indonesia yang sudah mempunyai laptop dari program one laptop perchild diharapkan dapat belajar dengan mandiri dan lebih kreatif tanpa harus tergantung pada guru atau tenaga pengajar. Lebih mengembangkan pengetahuan wawasannya hanya dengan laptopnya tanpa harus membeli buku yang mahal.




No comments:

Post a Comment