Friday, 12 November 2010

Sidang Skripsi kenapa harus depresii??

Pada tanggal 29 yang lalu saya sudah disidang skripsi dan ujian kompre. Rasanya disidang itu aduh karena gw kan udah di sidang sebelumnya tanggal 19 di Interstudi kemarin jadi gw udah bisa menguasai diri deh dari deg-degan takut dsb.nya intinya gw sih bawa santai aja jangan dibawa stress lagi kayak kemarin toh ini kan cuma ujian emang kalau gak lulus kita di terkam atau di makan sama dosennya kan enggak? :)) karena menurut gw kegagalan itu adalah proses belajar. dimana dari kegagalan itu kita dapat suatu pengalaman yang membuat kita kuat dimasa yang akan datang. Orang yang berhasil orang yang lebih banyak gagal tapi dari ke gagalannya ia dapat mengatasinya menjadi pemenang dan Biasaaa lah JAgooaan dimana mana kan kalah dulu baru deh menang :)) hahaha:P

dan sehari sebelum sidang tanggal 28 gw kekampus sore-sorenya sekalian bayar pengulangan mata kuliah matematika Rp. 250.000 dan kebetulan yang disidang itu ada inge dan heru dan kk kelas k nining dan wahyu angkatan 2005! dan sesampainya di kampus temen gw si inge pun belum kebagian sidang dan masih dag dig dug karena dia dapet kebagiaan terakhir jam sore gitu (sama banget nasibnya kayak gw waktu sidang tugas akhir di interstudi dapet urutan terakhir). Dan heru dan yang lainnya termasuk gw sempet ngintip-ngintip di kaca pas inge lagi sidang dan inge katanya nangis !! :)) sampai di kasih minum sama dosennya gak tau deh gw mau ketawa, sedih apa simpati yang jelas gw juga takut sih soalnya gw besok juga sidang!

**inge anggraeni saat sidang


Dan setelah keluar dari ruang sidang inge pun nangis-nangis bersedih hati dan ceritaa ke gw aduh zaa gw gak lulus kali gak tau deh skripsi gw dibilang gak layaklah salah dll. jadinya gw udah jiper duluan za., terus tadi kompre gw tadinya disuruh tunda karena gak mungkin di uji sekarang tapi gw bilang coba aja dulu. Dan bapaknya bilang inge kamu jangan coba-coba kalau gak siap mending ditunda katanya gitu za tapi gw gak mau dan gw lanjut aja! yaa komprenya gw cuma bisa jawab dikit sih. Terus tadi ditanya apa aja nge skripsi lo? gw disuruh ngitung ini skripsi gw yang diitung-itungannya za katanya salah bukan make presentase tapi disuruh masukin angka ke rumusnya yang dibagian ini, dan katanya pak bagio gw skripsinya salah ih gilaa gw udah capek-capek ngerjain perjuangannya ke mustika ratu minta data, ngitung sendiri, ngerjaiin. ia juga sih nge emang nyesek banget yah apa lagi kita dulu sempet jalan ke perpus kuningan buat nyari bukunya karena lo sempet ganti judul jadi tentang laporan keuangan gitu!

dan akhirnya saat pengumuman dipanggil satu-satu dan akhirnya inge pun tertawa lega dia dinyatakan LULUS skripsinya hanya ada revisi tapi komprenya ngulang. dan yang dinyatakan lulus dua duanya skripsi dan kompre cuma ada 1paling ujung kanan si adrian


dan sejak sore itu melihat medan sidangnya orang-orang gw jadi sedikit lega dan menguasai situasi dan kondisi buat gw besok sidang! dan gw gak mau berfikir yang macem-macem gw bawa aja malemnya tidur nyenyak biar pagi-pagi fresh! dan yang paling penting pagi hari itu gw sidang yaitu gw mengawali mood gw dengan senang ,happy dan santaii untuk menghilangkan ketakutan gw. Gw orang pertama yang dikampus yang datang saat sidang lalu disusul gak lama kemudian datenglah si winda dia kebagiaan maju pertama dan gw kedua!

Tiba saatnya giliran gw maju deg-deg an sih cuma gw masih santai satu persatu gw kasih revisi dulu sebelumnya ke bapak pengujinya dan menjelaskan kenapa alasannya gw sedikit merevisi dan pada akhirnya gw membahas slide gw. Tentang skripsi sih kalau menurut gw gak terlalu di bahas dan di babat abis tapi lebih kepada pertanyaan kompre yang lama. Pertanyaan kompre dan jawaban gw membuat dosen pengujinya ketawa-ketawa karena jawaban gw yang ngaco hahah:)
dosen:pertanyaannya awalnya adalah tentang apa itu pasar?
riza: tempat bertemunya penjual dan pembeli pak
dosen: lalu bisa gak kalao jarak jauh gk ada penjualnya bertemu langsung disebut pasar?
riza: jawab bisa pak, sambil gw menjelaskan
dosen: lalu cara bayarnya pakai apa aja
riza: kredit pak, LC dll..pak
dosen: oh pakai LC wah hebat betul beli gitu aja pake LC :) ,, contohnya kredit terus apa lagi?
riza: ia pak bisa pakai visa, master card ,
dosen: wah wah ada visa, master card terus apa lagi?
dosen dosen : sambil tersenyum tertawa ,, wah kamu nyebutin merek lagi :))
dosen: ia contohnya uang giral uang kartal, tau?
riza: ia pak saya tahu, uang kartal : kertas logam, uang giral deposito, surat berharga, cek dll

terus pertanyaan tentang pajak, gambar kurva gw juga gak bisa kurva BEP :) pokoknya banyak lagi deh pertanyaannya dan setelah selesai keluar gw ketaawa lucu aja senyum sendiri hahaha:) dan temen-temen pada tanya ditanyaiin apa aja?? aduh yang gw pelajari yang keluar dikit padahal tadi pas latihan tanya jawab gw lancar bener ngasih tau ngejelasin ke temen-temen! gak lama istirahat sholat jumat dan makan sampai pada akhirnya giliran si Demak, catur! mereka juga banyak nge blank blank katanya lupa segala macem dan seeeteresss sendiri. Alah udah lah gak usah dibawa setres dan pusing gw hibur gw! asal skripsi lo bener , gak nyontek ngejiplak apa lagi beli atau nyuruh orang mah pasti lulus dan datanya dan semuanya oke! mah paling-paling cuma revisi kalau kompre yah paling ngulang kompre! dari pada ngulang skripsi capek banget perjuangannya dari awal sampai akhir sia sia kalau harus ngulang skripsi!


dan saat sidang selesai semua , tinggal menunggu detik-detik pengumuman lalu kita dipanggil kembali untuk briefing sebentar lalu dibacakan pengumumannya satu persatu masuk kembali ke ruangan sidang.
yang pertama dipanggil Winda = dinyatakan LULUS keduanya Skripsi dan kompre (sempet bt banget awalnya dia setelah keluar sidang karena banyak pertanyaan yang dibabat abis sama dosennya dan dia juga ada yang gak bisa jawab ,dijawab tapi gak yakin katanya ! dan skripsinya pun di cecer abis-abisan mungkin karena dia urutan pertama dan dosennya masih fresh buat nguji

yang kedua : gw., dan saat masuk ke dalam ditanya sama pak nurdin kira-kira kamu lulus gak? gw pun menjawab yah pak saya gak tau :( , yah kira-kira aja tadi gimana ? kamu udah konsultasi belom sama dilla ardasy (kk gw) , yaaa selamat kamu skripsinya dinyatakan lulus namun ada sedikit di revisi tapi komprenya gagal :)) dengan senang hati gw bersyukur karena gw udah takut banget feeling gw kalo gak lulus dua-duanya gimana dong? huh :(

demak, catur = sama seperti gw komprenya ngulang skripsinya lulus dan ada revisi

illah = lulus sidang dan kompre (menangis haruu saat keluar)

Akbar = gk lulus skripsi , komprenya lulus !! aduh gw kasian banget sama dia! udah dapet urutan paling akhir tadi mukanya udah ngantuk gak bisa tidur, muka-muka stress dan pas pengumuman tambah drop tapi santaii aja bar ucap pak yoda guru pembimbing kami yang datang saat kita sidang, nanti kita perbaiki lagi dan hitung lagi masih ada waktu lah tenang aja nanti akan saya bantu!! dan akbar pun diam dan tenang

lalu kami pun melapor kepada bu angel bagi yang mengulang kompre untuk mendaftar ujiannya besok hari sabtu! padahal jumat baru aja sidang besok langsung ujian aduh enggak deh bu! saya sabtu depannya aja lagi . besok ada berapa orang yang ngulang ujian kompre bu?
bu angel: yah kalo sama kalian jadi sekita 23! besok.. gimana?? mau besok atau minggu depannya aja juga gak papa dan jangan lupa bayarnya saat ujian sudah dibayar.

dan tibalah saat sabtu minggu depannya gw mengulang hari itu ada 12 siswa yang mengulang di daftar absen namun yang hadir hanya 10 orang! kami pun mengerjakan ujian tersebut dengan hikmat :)) dan Alhamdulillah dapat dijawab dengan lancar tapi gak taulah hasilnya nanti bagaimana. Mudah-mudahan mendapatkan hasil terbaik
AMIENN***



*sumber foto : facebook pak ugik , dengan sedikit pengeditan

3 comments:

  1. mulanya waktu saya maju saya juga begitu padahal belajarnya ngak serius hanya nyantai saja pantas saya jawabnya dikit ja kiranya lulus apa ngak ya ?

    ReplyDelete
  2. saya juga begitu kiranya lulus apa ngak ya ? coba teman teman kasih tau dong

    ReplyDelete
  3. yah kalau skripsinya itu benar, penelitiannya benar, objeknya benar, hasil itungannya benar! dan gk nyontek atau beli skripsi yang udah jadi

    pasti anda diluluskan..!!

    ReplyDelete