Friday, 12 November 2010

mahalnya nge Print

Sebagai anak mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan tugas akhir design grafis membutuhkan banyak merogoh kocek lebih banyak. Hal ini adalah yang diaalami gw!!
Pengeluaran gw untuk nge print bulan-bulan kemarin itu banyak banget! sampai 500 ribu lebih! cuma buat nge print doang Males banget gk sih?



gw agak bingung deh sama SNAPY digital printing yang katanya dari amerika ini. Jadi ceritanya waktu itu malem-malem gw mau nge print jam setengah 7an gitu deh abis magrib nah nyokap gw saranin ke Subur aja. Dan ia sih di subur bagus dan murah lagi ada diskon buat mahasiswa yang nge printnya buat tugas ! coz itu kata temen gw si fitri yang suka nge print disana! nah bergegaslah gw kesana habis magrib kenapa habis magrib??karena tugas designnya baru gw selesaiin dan rapih-rapihin jamm setengah 6 sore! bergegaslah hujan-hujan gw ke Percetakan Subur yang di Santa sampai sana gw gondok banget sial tempatnya udah tutup padahal baru jam 7 malem mana ujan gerimis lagi gw kesana. Alhasil gw suruh si supir taksinya balik ke mampang dan gw berpikir saat itu mau nge print dimana lagi ya? apa di SNAPY? ha disitu kan mahal, kalao tau gitu nge printnya di SNAPY ngapain gw jauh-jauh ujan pula macet sia-sia dong kalo gw balik! kalo gw balik ke tebet berarti sia-sia juga gw muter-muter gak ada hasil cuma buang-bang ongkos taksi! akhirnya gw memutuskan untuk berhenti di snapy tendean.

Masuklah gw ke snapy untuk nge print sempet bt juga sih karena HD eksternal gw gk mau kebaca dikomputer operatornya akhirnya gw disuruh ke komputer atas ! untungnya saat di komputer atas bisa walaupun loading ngebaca HD eksternal gw agak lama karena dia nyolokin usbnya yang di keyboard dan itu gak ngebaca dan akhirnya langsung PC baru terbaca HD ekstenal gw! dan gw tanya sama masnya berapa nge print a3 color 18.000 sempet ngerasa mahal sih tapi untungnya cuma 3 lembar gw nge print a3 dan selebihnya a4 setelah selesai semua di print gw lupa kalau ada 1 tugas yang harus di print kalkir karena takut gak ada kertas kalkir gw udah prepare bawa kertas kalkir dari rumah dan ternyata nge print kalkir di snpay tendean gak bisa karena mesin printernya ada pemanasnya!
yah udah deh mas print printer biasa aja yang disitu "ucap gw ke mas-mas pelayan snapynya" dan ia berkata maaf mas printer biasa yang itu lagi rusak gak bisa buat print :( dan gw pun kecewa hahhaha :) setelah print gw selesaii semua dan gw langsung turun ke bawah menuju kasir! gw kira sampai 150 ribu kali yaa karena gw nge print waktu itu cukup banyak juga! dan ternyata totalnya gak sampe 100 ribu! :))

Art paper 150gr A3 500 4 lembar 2.000
art paper 150 gr A4 300 8 lembar 2.400
PRINT B/W A3 7.000 2 lembar 14.000
Print color A3 9.500 2 lembar 19.000
print color A4 Hvs 9.000 6 lembar 54.000

totalnya Rp. 91.400

Yang gw heran kenapa harga a3 dan a4 cuma beda 500 perak yah dari yang sebelumnya dibilang 18000?? dan ternyata gw liat bener di depan kalau dia lagi ada promo NGE PRINT tugas di SNAPY aja!!
nge print berwarna kini tak lagi mahal A3 color cuma 9500 ** syarat dan ketentuan berlaku (gw lupa syaratnya apaan)
tau gitu kalo a3 color 9500 coba gw nge printnya kayak cara mba-mba yang baik hati di high image otista cawang jadi dia ngakalin kalo ukuran a4 ada dua di gabungin aja ke ukuran A3 terus dipotong! karena biar jatohnya lebih murah.Misalnya kalau a4 6 lembar x 9000 = 54.000 jika menggunakan kertas a3 cuma membutuhkan 3 lembar = 3x 9500 = 28500

Setelah dari Snapy tendean gw bergegas pulang ke tebet, sebelum pulang gw ke snapy tebet dulu untuk nge print tugas gw yang harus memakai kertas kalkir, dan penjaganya bilang nge print satu color 10.000 loh (yah elah mba udah tau kali gw, dalam hati** )

setelah semua di print gw pun bergegas pulang untuk memotong-motong , menggunting, dan menempel itu semua ke papan board yang dilapis art cartoon, plastik bening A3 dan Linen hitam
sampai akhirnya jam 2 malam belum selesai juga dan gw memutuskan untuk tidu dan Melanjutkan besok pagi!

besok paginya pun gw masih kekurangan satu label warna logo dan malah yang kelebihan kotak warna CMYK :(
dan akhirnya gw balik ke tukang print lagi kali ini di sebelah snapy tebet namanya PT Rexintra Intan Cemerlang karena gw gak mau nge print di SNAPY cuma nge print label logo warna kotak kotak 10.000 dan di sana di PT Rexintra Intan Cemerlang cuma 7000 tapi setelah itu gw sebel taunya 10.000 jadi gw di pakaiin kertas a3 ia sih kotak logonya jadi dapet 2 tapi gw kan butuhnya cuma 1 kalaupun 2 juga masih cukup di 1 kertas A4. Tapi yah udahlah gw kapok nge print disitu lagi udah abang-abangnya sotoy, yang jaga komputernya juga gk profesional banget masa tinggal nge print aja file gw pake dikutak katik lagi orang itu udah ukurannya dan ribet deh gak pugu laguu ngelama-lamaain! gondok gilaaa! udah gitu tempat nge printnya jelek komputernya juga (masa PC nya gak pake casing tutupan) gak banget deh gw kapok nge print disitu tau gitu tadi gw nge printnya di snapy!!

setelah dari tempat print gw ke kamiko untuk beli karton linen hitam coz tugas gw mandes (manajemen design itu ribettttttttttttttttttt nya amit amit udah gitu dosennyagak asikkkkk) jadi tugas nya itu harus dibuat tempatnya ya elaahhh repot..! udah gitu dia perfectionis banget gak mau ada salah (.) titik , linennya miring nempelnya gak rapih.,potongan boardnya dll..
dan akhirnya siang itu gw ngumpulin juga tugas yang bikin BT dan gondok itu :))

Dan ini dia total rincian bon bon yang di gambar atas




dan total biaya print,alat dan bahan Rp. 453.900 + transport 87.000
jadi totalnya : Rp. 540. 900,00
cuma buat nge print dan tugas doang!! Mantapp

No comments:

Post a Comment