Thursday, 21 October 2010

Konsep dasar ilmu ekonomi

Istilah ekonomi berasal dari bahasa yunani kuno yaitu:
OIKONOMEIA suku kata ini terdiri dari dua kata yaitu
1. OIKOS yang berarti rumah tangga
2. NOMOS yang berarti peraturan
Dengan demikian artinya adalah mengatur rumah tangga. Rumah tangga disini adalah dalam pengertian luas, jadi bukan rumah tangga dalam arti sehari-hari.

Rumah tangga ini berarti setiap bentuk kerjasama manusia untuk mencapai kemakmuran atas dasar prinsip ekonomi misalnya: rumah tangga konsumsi, rumah tangga perusahaan, rumah tangga negara dll. Maka dapat disimpulkan Ilmu Ekonomi ialah :
"Ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dalam memenuhi kebutuhannya.

Ilmu pengetahuan ekonommi lahir pada abad ke-18, yaitu pada saat Adam Smith menuangkan dalam "INQUIRY INTO THE NATURE AND CAUSE OF WEALTH OF NATION" (Tahun 1776), membahas ekonomi secara sistematis dan bersifat menyeluruh yang dituangkan dalam teori-teori ekonomi. Sejak Adam Smit-lah baru masalah ekonomi diuraikan secara ilmu pengetahuan, sehingga ia dianggap sebagai Bapak Ilmu Ekonomi.

Tujuan kita belajar ilmu ekonomi adalah untuk memperoleh pengertian agar setiap tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhannya dapat mencapai kemakmuran. sedangkan tugas dari ilmu ekonomi yaitu untuk menerangkan peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang berhubungan dengan usaha manusia dalam memperoleh kemakmuran.

2 comments:

  1. juts blogwalking, ternyata sulit untuk mencari blog yang bertemakan ekonomi...
    http://ekonomgila.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. ya thx yah aku dah liat blog km jg :)

    ReplyDelete