Monday, 19 July 2010

TVRI text..


oh ia inget gak dulu pernah ada di tv tertentu ada yang namanya Teletext?
kira-kira gw inget waktu itu pakai teletext waktu zaman SD tahunnya 1997-1998 gitu deh waktu punya tv toshiba. Dulu gw inget banget soalnya waktu orang tua gw pergi haji kan ada jadwal pulang jamaah haji ke tanah air.

Waktu itu ada dua tv yang punya teletext TVRI dan RCTI setelah itu baru ada Teletext TPI. Di teletext kita juga bisa kirim-kirim salam dengan sahabat pena kita di teletext kirim-kirim salam nya dikirim melalui FAX setelah itu nama dan pesan kita di pampang di page khusus rubik salam-salam. Selain itu di teletext ada page cerita humor,kirim karya berupa puisi atau cerpen, ada jadwal bioskop beserta sinopsis cerita filmnnya, ada zodiak, ada jadwal tv, jadwal dan skor bola. Oh ia yang paling sering buka teletext waktu itu adalah bokap gw dia ngeliat daftar harga kenaikan dan turunnya saham di bursa. Teletext dulu berguna berguna banget buat mengupdate informasi maklum zaman itu internet masih jarang karena masih mahal

Setelah teletext gak ada, bokap gw langganan teletext sendiri. beli dekordernya gitu! info pemasangan dan pembelian dekorder ini dapet infonya dari gw, jadi ceritanya ditumpukan majalah-majalah bisnis gw pernah liat yang dibelakangnya ada iklan pemasangan Teletext

jadi cara kerjanya dekordernya di sambungin antena Tv terus dekordernya di sambungin ke laptop isinya itu. oh ia isi teletextnya itu bukan teletext kayak di tv ada berita , cerita, jadwal film dll . tapi isinya itu UP DATE naik turunnya saham di bursa efek jakarta, per jam, menit , detik. Udah gitu kadang-kadang suka gak dapat signal menit detiknya sendet-sendet jam detiknya gak jalan lancar gitu alhasil harus muter-muter antenanya :)

(menulis tentang teletext, terinspirasi karena kemarenan nemu kotak hitam dirumah kayak modem tapi gw lupa apa ya?? kayaknya gw pernah liat ini pas gw engeh oh ia ini kan dekorder yang waktu dulu itu buat text saham-saham )


sumber foto: documen pribadi, web cam

No comments:

Post a Comment