Monday, 12 July 2010

MKDU KEWIRAAN

Nama : RIZA FIRLIANSAH ARDASY
Program : BM 2007
Narasumber : http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1979420-dampak-globalisasi/
Matakuliah : MKDU Kewiraan


GLOBALISASI ANTARA BISNIS DAN NASIONALISME
Globalisasi adalah proses antara indiviidu adalah proses antarindividu, antarkelompok, serta antarnegara yang saling berinteraksi, bergantung satu wsama lain, dan dapat saling mempengaruhi, yang dapat menghubungkan satu negara dengan negara-negara lainnya. Globalisasi ekonomi memiliki dampak positif maupun negatif. Munculnya globalisasi tentunya akan sangat mempengaruhi Indonesia, baik dari jehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Pengaruh negatif dari globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme

1. Globalisasi dapat meyakinkan masyarakat Indonesia, bahwa liberalisme dapat membawa dampak kemajuan maupun kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang

2. Dari globalisasi aspek ekonomi, ada kemungkinan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produkbarang –barang dari luar negeri yang akan dipasarkan di Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalism ..

3. Generasi hidup anak muda sekarang yang cenderung mengikuti gaya hidup (western)
• Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.
• Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.
hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap kelangsungan nasionalisme adalah perbaikan di berbagai bidang kehidupan seperti Moral, agama, pendidikan , ekonomi, sosial ,dan budaya. Terutama perbaikan di pemerintahan pusat yang menurut saya bila perbaikan itu dilakukan secara otomatis akan memperbaiki lingkungan di bawahnya. Dan tentu saja pengembalian jati diri bangsa Indonesia cinta tanah air dan jiwa patriotisme.

No comments:

Post a Comment