Tuesday, 18 May 2010

KesEniaN Merahiin ajaaaa

Tahukah kamu kalau sebenarnya menggambar itu mudah?? Ingat tidak waktu kita mulai belajar menggambar saat masih kecil sampai-sampai kita mencoret-coret tembok , lemari, lantai sampai-sampai orangtua kita kewalahan karena kita yang selalu mengotori dinding dengan karya-karya abstrak terbaik kita hehehe J. Pada saat itulah kita sudah mengeksplor bakat naluriah kita dan Pada saat dewasa entah mengapa banyak orang yang bilang menggambar itu sulit. Sebenarnya latihan kita untuk membuat tulisan, membuat coretan, membuat garis dan gambar-gambar sudahlah sangat lama dan saya yakin pasti semua orang bisa menggambar. Akan tetapi permasalahannya adalah bagus atau tidak gambar yang kita buat.


 

Secara pribadi saya adalah orang yang senang dengan seni dan menurut saya menggambar itu menyenangkan karena kita bisa menciptakan suatu goresan dan bentuk yang indah pada hasil akhirnya. Namun sayang bakat saya dalam menggambar kurang tereksplor lebih dalam dikarenakan pelajaran menggambar pada saat saya di bangku sekolah hanya ada satu minggu sekali. Dan pengetahuan tentang seni rupa seperti teknik-teknik menggambar kurang diberikan kepada murid kebanyakan guru hanya membebaskan muridnya terserah mau menggambar apa.


 

Seusai lulus smp saya jarang menggambar karena pelajaran menggambar yang terjadwal setiap satu minggu sekali sekarang tidak ada dikarenakan pelajaran kesenian di sekolah adalah seni musik. Pelajaran kesenian di selolah saya sangatkah menegangkan banyak siswa yang stress akibat tidak bisa bermain suling. Setiap hari rabu banyak absensi siswa yang tidak hadir bisa mencapai 5 orang. Bahkan saat kami dikelas XI pernah terjadi track record absensi terbanyak tidak masuk adalah kelas kami yaitu kelas XI ips 3. Sampai-sampai besoknya kita di interogasi satu-satu mengapa tidak masuk dan wali kelasnya menyuruh kami membawa surat keterangan dari dokter bagi yang tidak masuk dan bagi yang lebih dari dua kali tidak masuk diakhir-akhir bulan-bulan tersebut akan dipanggil orangtuanya. Hal tersebut dikarenakan wali kelas kami ditegur kepala sekolah karena kelas terparah dan terbanyak tidak masuk. Bayangkan saja yang dari 42 siswa yang masuk kurang lebih hanya sekitar 15 orang hampir separuh lebih yang tidak masuk.Guru bahasa inggris kami yang mengajar di hari rabu dan kamis selalu terheran-heran kalian kenapa sih setiap rabu kayaknya yang masuk sedikit pasti ada aja gitu yang gak masuk tapi kalo pelajaran ibu yang hari kamis banyakk yahh yang masuk sampe full begini tumben NIHIL absennya. Kalian kenapa sih nak pelajaran seni musik pada takut???emangnya di apaain?? Kayaknya perasaan pelajaran ibu deh yang lebih galak kalau kalian gak hafal vocab dan grammer saat tanya jawab. Bisa ibu hukum kalian suruh nulis vocab sampai 100x!!!

Dan akhirnya wali kelas kami menasehati kami dan memberikan solusi. Gini yah nak banyak kan yang gak suka sama pelajaran kesenian dan yang gak bisa main suling, yang takut dll. ??? Tenang ajalah pelajaran kesenian itu bukan pelajaran inti. Kalau pelajaran kesenian gak tuntas skbmnya yah biarin aja yang penting pelajaran IPSnya gak boleh merah. Jangan gara-gara pelajaran kesenian kalian jadi bolos, gak masuk, sakit, ijin!!ada ajalah alasan kalian jadi sering gak masuk. Sayang pelajaran yang lain kalau begitu!! Alhasil wali kelas kami memberi saran untuk membuat tabel di lembar kertas folio tulis nama, alasan dan unek-unek kalian tentang pelajaran kesenian, kendala dsb.nya tulis aja disitu dan tandatangan. Dan akhirnya setelah itu semua terlaksana entah mengapa guru kesenian kami menjadi agak sedikit beda yang tadinya kaku, jarang senyum dan saklek sok disiplin. Agak sedikit melunak tapi tetep aja sikapnya ngebeteeeiin sepanjang 2 jam pelajaran!

akhirnya pada saat-saat semester akhir dikasih kebebasan mau ngambil nilai silahkan, enggak juga gak apa-apa!! tapi di kasih nilai walau dikasih nilainya dibawah standart. Tapi setidaknya dulu gw mau tetep mencoba sampai akhir!! walau gak lancar ujian niup itu sulinggg sambil membaca not balok dan diiringi ketukan kaki. Setelah itu ambil nilai menyanyi diiringi gitar oleh teman


 

dan pada AKHIRNYA gw cuma dikasih nilai yang pas-pasan sama itu bapak gurunya setelah gw berlatih kerass hahaha :P

dan gw inget banget pas nerima raport nilai gw cm dikasih 63 sedangkan skbmnya (standart ketuntasan belajar minimal) mata pelajaran kesenian itu 65 !!bener kata Meigy suci novalia gak bisa yah udah gk usah ikut-ikut remedial lagii udah merahin ajaaaaaaaaaaaa....!!!!!!!!!!!!!!!


 

NB:

daftar-daftar lagu yang gw inget sering dinyanyiin dan yang dimainkan pake suling saat pelajaran kesenian:

  1. Doremi – the sound of music
  2. Asmara – Novia kolopaking
  3. Sepanjang jalan kenangan
  4. Lagu aceh bunga jempa
  5. Apuse
  6. Lagu Sangkuriang
  7. Mutiara yang hilang
  8. Semalam di CIANJUR
  9. Hymne guru
  10. Lagu-lagu ebit G Ad
  11. Tulat tulit bunyi seruling ,,(diadopsi dari lagu tuljaenak)
  12. Tul jaenak
  13. Camelia
  14. Suster maria
  15. Dan lagu lagu LAWAS lainnya..


 

+ wajib dibawa

fotokopian lagu & notnya + buku musik ,buku catatan dan tidak lupa membawa SULINGGGGGGGGGGGGgggggggggggggggggg +jangan lupa ketukan kakinya juga dimainnkan

No comments:

Post a Comment